Sunday, August 14, 2016

Cerita Mengajukan Visa Kerja ke Amerika Serikat


Ketika pertama kali ditawari oleh teman untuk kerja di Amerika Serikat, saya sejujurnya tidak terlalu menanggapi serius, karena saya tahu, tidak mudah untuk mendapatkan ijin kerja di sana. Setahun lebih setelah pertama kali ditawarkan akhirnya, saya diminta untuk mengirimkan Resume terbaru dan Copy Ijazah dengan terjemahan Bahasa Inggris. Ketika mengirimkannya, itupun saya tidak terlalu begitu optimis, karena menurut teman kita harus ikut semacam lottery untuk bisa mendapatkan petisi visa kerja kategori H1B. Sebulan kemudian, saya mendapat kabar bahwa lottery saya tembus, dan perusahaan di sana meminta konfirmasi dan mengirimkan kontrak kerja sebelum mereka mulai mengurus petisi untuk mendapatkan visa H1B. Setelah petisi dimasukkan, kita akan mendapatkan nomor case petisi, yang bisa kita monitor statusnya melalu website:
https://egov.uscis.gov/casestatus/landing.do

Saya harus menunggu selama enam bulan, hingga status petisi H1B disetujui. Dokumen asli kemudian dikirimkan ke Indonesia, yang harus saya bawa ketika mengajukan permohonan visa di kedutaan AS di Jakarta. Dokumen asli H1B juga harus dibawa ke AS karena akan diminta untuk diperiksa oleh petugas imigrasi di Bandara.

Untuk mengurus visa amerika untuk semua kategori, kita harus daftar dan mengisi aplikasi online DS-160 di web ini https://ceac.state.gov/GenNIV/Default.aspx. Siapkan file foto terbaru dengan latar belakang putih. Bagi yang berjilbab, wajah harus kelihatan jelas, alis jangan tertutup dan jidat terlihat jelas.

Untuk pengajuan H1B data yang diperlukan seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor petisi H1B. Serta perlu juga alamat tempat tinggal di sana. Saya masukkan alamat teman yang juga akan menjadi rekan kerja saya disana. Pastikan semua data yang dimasukkan benar. Setiap halaman bisa kita simpan dan kita lanjutkan kemudian.

Setelah itu kita harus menjadwalkan wawancara di kedutaan AS. Kalau di Indonesia bisa di Jakarta atau Surabaya. Untuk jadwal wawancara kita harus daftar online di sini http://www.ustraveldocs.com/id/index.html?firstTime=No

Sebelum kita dapat memilih jadwal wawancara, kita harus membayar biaya visa. Nanti kita akan diberikan semacam Virtual Account number, dengan biaya visa yang harus dibayar, dalam mata uang rupiah. Bisa kita bayarkan melalui Standard Chartered atau CIMB Niaga. Butuh waktu sekitar 2 hari hingga pembayaran kita tervalidasi dan nomor virtual account diterima ketika akan menjadwalkan wawancara. Jika ada masalah dengan pembayaran, dan kita sudah bayar tapi tetap tidak bisa mendapatkan jadwal wawancara, bisa kirim email ke support@ustraveldocs.com

Jadwal wawancara setiap hari kerja, grup pertama pukul 7 pagi dan yang kedua pukul 9 pagi.

Kelengkapan yang wajib kita bawa ketika akan mengajukan visa adalah passport, petisi H1B yang asli, form DS-160, form jadwal wawancara dan bukti pembayaran. Kelengkapan lainnya buat persiapan jika diminta seperti buku nikah, jika membawa istri/suami serta kartu keluarga dan ijazah terakhir. Untuk kasus seperti istri saya dimana dia membuat visa setelah saya sudah di AS, maka dia perlu membawa berkas I-94 yang berupa bukti bahwa saya sudah masuk di AS dan di situ tertera pula batas waktu saya dibolehkan tinggal di AS.

Ketika antri untuk masuk, petugas keamanan di depan kedutaan akan memeriksa kelengkapan DS-160 dan kertas jadwal wawancara. Bawa berkas yang diperlukan saja. Jangan bawa tas atau botol air minum. Yang bisa dan harus dititipkan di pos keamanan hanya handphone dan dompet. Setelah melewati pos keamanan, kita harus ambil nomor antri lagi,  nanti ada petugas yang keliling mengecek kelengkapan, kemudian kita ke loket untuk memberikan semua kelengkapan berkas yang diperlukan dan diberi nomor grup untuk masuk ke ruang wawancara.

Memasuki ruang wawancara kita harus lebih dulu diambil sidik jari. Dan duduk menunggu grup kita dipanggil untuk diwawancarai. Semua pewawancara adalah warga AS yang lancar berbahasa indonesia, jadi jangan ragu-ragu tanya jawab dengan bahasa Indonesia.

Ruang interviewnya terbuka jadi kita bisa dengar tanya-jawab yg sebelum kita. Yang ditolak visanya rata-rata cewek. 
Ada yang dengan pede bilang akan ketemu pacarnya warga Kanada yang kerja di AS, visa langsung ditolak. 
Ada yang akan liburan menyebutkan akan tinggal di rumah teman, tapi ditanya alamat teman dia ga bisa kasih alamat jelas, ditolak. 
Ada juga  yang sempat ditanya sama petugas, "kamu pernah apply visa UK tapi ditolak ya?", dia jawab tidak. Setelah dikonfrontasi sama petugas, tidak berapa lama dia bilang iya. Petugas bilang kamu lupa atau pura-pura lupa? akhirnya visanya ditolak. Padahal dia membawa surat jaminan kantor bahwa dia akan kembali. Dia sempat tanya jika perlu melengkapi surat-surat lagi atau tidak, tapi petugas bergeming bilang visanya ditolak.
Ada seorang bapak  yang ditolak visanya karena surat undangan acara di AS nya sudah lewat 2 hari, petugas bilang buat apa bapak apply visa kalau acaranya sdh lewat? visanya ditolak.

Ada yang akan bekerja di sana sebagai pembantu rumah tangga, tetapi ketika ditanya apakah dia tahu berapa gaji yang akan diberikan dan bagaimana dia nanti akan mendapatkan gajinya, dia bilang tidak tahu. Kemudian agen yang mengurusinya memberikan bukti kontrak, dan petugas wawancara kemudian memeriksa sebentar, dan mengatakan gaji yang diberikan dikontraknya kurang dari gaji minimal di AS. Gaji minimal di AS berbeda-beda disetiap State, tetapi secara umum upah minimum adalah 9 USD per jam. Pengajuan visanya disuruh ulang, dengan membawa kelengkapan lainnya.

Ketika tiba giliran saya, saya ditanya sudah berapa lama kerja untuk perusahaan yang mengundang saya itu, saya bilang ini pertama kali saya akan kerja untuk mereka. Kemudian saya ditanya tentang pekerjaan apa yang akan saya lakukan di sana, di bidang apa. Kemudian di tanya sudah berapa lama kerja di bidang tersebut, saya jawab 10 tahun. Selanjutnya ditanya, terakhir kerja di mana. Setelah itu pewawancara langsung bilang, selamat ya, visa kamu disetujui. Kemudian diberi kertas putih yang berisi petunjuk tentang pengambilan Passport yang akan dikirimkan sesuai alamat yang diisikan ketika kita mengisi formulir jadwal wawancara. Bagi yang visanya ditolak akan diberi kertas pink dan bagi yang dianggap berkasnya kurang dan perlu dilengkapi dan harus menjadwalkan kembali untuk wawancara akan diberi kertas hijau.

Yang visanya disetujui rata-rata memang tujuannya jelas dan mungkin menurut catatan keimigrasian atau intelijen AS mereka bersih. Saya lihat ada pasangan suami istri yg ingin berlibur ke US, mereka wawancara bersamaan di satu petugas, dengan membawa bukti surat nikah. Mereka juga membawa serta passport anak mereka, anaknya tidak perlu hadir. Kalau tidak salah ada batasan jika anak di bawah umur 12 tahun boleh diwakilkan oleh orang tua.
Ada calon mahasiswa yang akan apply visa, ayahnya dibolehkan masuk menemani saat wawancara.


Ada juga yang apply visa cuma istrinya, suami statusnya sudah bekerja di AS, suaminya dibolehkan masuk menemani istrinya untuk wawancara. Tetapi dilain kesempatan ketika istri saya akan wawancara, saya tidak dibolehkan masuk oleh petugas keamanan. Tapi istri saya visanya disetujui. Dan katanya, pewawancara hanya bertanya jika suami sudah di sana ya? Mau menyusul ke sana juga? Dan mereka minta menunjukkan buku nikah yang asli.

Di antara semua kedutaan yang pernah saya masuki untuk mengajukan visa kerja, AS memang yang paling ketat. Tetapi selama kita melengkapi dan mengikuti semua ketentuan yang mereka tetapkan, saya yakin visa akan disetujui

                                   
Salam,
Takbir

50 comments:

Anonymous said...

kalau ada yg minat ingin apply pertama kali/re apply visa USA, please email saya, dengan memberi komentar juga di balasan ini..kali kita bisa bantu jasa konsultasi dan persiapannya, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan

Unknown said...

Saya ingin apply kerja ke US, boleh tau dr step awalnya gmn gak? Haruskah sudah punya kerjaan disana? Clarafelicea@gmail.com

Takbir said...

Harus sudah ada perusahaan yang akan menerima anda bekerja di USA. Perusahaan ini yang akan menyediakan sponsorship buat visa kerja anda nantinya.

Anonymous said...

Selamat malam, mau tanya, kalau suami sy kerja di kapal pesiar yg base nya di US, apakah bs jika sy mengajukan visa untuk tinggal di sana juga ya? Terima kasih untuk jawabannya

Unknown said...

Mas Takbir, saya sangat ingin kerja disana.. tapi kan harus sudah ada perusahaan yg menyediakan sponsorship. Mas takbir sendri mndpatkan sponsorhip perusahaan nyarinya gmn? Apa melamar secara individu atau sudah ada rekomendasi? Mohon bantuannya

Unknown said...

Mas Takbir, saya sangat ingin kerja disana.. tapi kan harus sudah ada perusahaan yg menyediakan sponsorship. Mas takbir sendri mndpatkan sponsorhip perusahaan nyarinya gmn? Apa melamar secara individu atau sudah ada rekomendasi? Mohon bantuannya

Takbir said...

Dapat tawaran dari teman yang pernah kerja bareng di Jepang

Unknown said...

maaf kalau boleh tau kerjanya di bagjan apa ya? apa ada persyaratan khusus?

Takbir said...

Bidang saya Telekomunikasi

Fradha Intan Arassah said...

Maaf pak mau tanya,, bapak kan mendapat tawaran kerja disana dari teman yaa,, bagaimana kalau kita melamar kerja sendiri,, apakah ada rekomendasi website untuk melamar kerja disanaa?? Bisakah dijelaskan??
Terima kasih

Takbir said...

Website pencari kerja yang populer di sini itu antara lain indeed.com dan monster.com

Novianti Maora said...

Dear Pak,

saya mau tny utk petisi visa H1B itu diurus oleh pihak perusahaan sebagai sponsor
dengan USCIS?

lebih baik berari klo kita sudah dapat pekerjaan disana selaku sponsor ya ?

proses mendapatkan visa H1B kira - kira bisa 1 tahun pak ?

terima kasih atas bantuannya .

Takbir said...

Petisi H1B diurus perusahaan sponsor melalui pengacara yang mereka tunjuk dengan USCIS.
Jadi paling bagus memang kalau sudah ada perusahaan yang ingin hire anda untuk kerja di US, sekaligus sebagai sponsor H1B.
Proses H1B maksimal 6 bulan. Begitu petisi anda masuk, anda akan diberi case number yang bisa dimonitor statusnya melalui web USCIS.

Takbir said...

Pertanyaan ini kelewat

Selamat malam, mau tanya, kalau suami sy kerja di kapal pesiar yg base nya di US, apakah bs jika sy mengajukan visa untuk tinggal di sana juga ya? Terima kasih untuk jawabannya

>> Kalau visa suami anda H1B, anda bisa mengajukan visa H4 (spouse/dependent)

Novianti Maora said...

Dear Pak Takbir,

Thank you for your prompt replies.

Pak saya mau tanya jg, bedanya kalo untuk Green Card gmn pak ?

bs untuk mencari pekerjaan jg disana?

Terima kasih banyak

SIOMAY XBUANA said...

Pak takbir
Usia masih 20 tahun . Pengalaman belum ada . Cuma ada orang yg mau ajak kerj di amerika . Tp sya harus buat pasport dulu . Bilangnya pasport untuk ke singapore . Abis itu saya ketemu orangnya . Kalo udah jadi paspotnya pak . Mhon pencerahannya pak

Takbir said...

Mba Novi,

Green card itu sudah permanent resident. Statusnya sudah hampir sama dengan penduduk. Bukan cuma bisa kerja tapi juga bisa buka usaha sendiri kalau mampu. Green card masa berlakunya 10 tahun.


Pak SIOMAY XBUANA,

Kalau bapak disuruh bayar biayanya, mending ga usah. Bisa jadi itu scam alias tipu-tipu.

Novianti Maora said...

Dear Pak Takbir ,

Ok noted pak .

pak sebelumnya saya liat untuk web job seeker yg paling dilihat disana
indeed.com dan monster.com ?

Terima kasih pak

Takbir said...

Ada diversity program yang dibuka setiap bulan oktober - november setiap tahunnya. Lottery untuk mendapatkan green card di US. Silakan apply di sini. Cukup siapkan foto terbaru latar belakang putih ukuran harus square antara 600x600 sampai 1200x1200 pixel (size maks 254 kb)

https://www.dvlottery.state.gov/(S(lpl2dxndpmav24rrx1ttmqrv))/default.aspx

Untuk DV-2019 tutup tanggal 22 November 2017.
Kalau terlewat, tunggu lagi tahun depan.

Novianti Maora said...

Dear Pak Takbir,

Terima kasih banyak utk informasinya, kemarin saya sudah apply utk DV-2019
Lottery green card US.saya mau tnya ya pak, kalo misalnya mendapatkan lottery visa ini
dimana diumumkan thn depan. apakah kita hrs mendapatkan pekerjaan pak sebelum proses selanjutnya yaitu interview ?

as long as waiting the result,apa tetap boleh untuk pencarian kerja di us
yaitu utk bs mendapatkan visa H1B petisi jg.

Terima kasih banyak yah pak


Regards
Maura

Unknown said...

Mas Takbir..tolong bantu no tlp nya..kbtln sya dpt kontrak 2 tahun di bechtel gp san fransisco..sya mau langsung tlp sja boleh kan

Takbir said...

Itu scammer, apalagi minta fee. Ada peringatan di web resminya Bechtel.
http://www.bechtel.com/campaign-pages/alert-hoax-fraudulent-job-offers/

Unknown said...

bang saya dapat email balasan atas lamaran yg saya ajukan selain dminta scan id card passport jg siapkan visanya isinya gini
".... you should take note that you shall be responsible for your visa processing charges of (300 USD) to the company representative immediately but the company shall provide free air ticket to you immediately your visa is ready and the visa processing charges shall be refunded back to you immediately you resume with us in UNITED.."
kira kira menurut abang gmn ini y btl ga? ts selanjutnya gmn? mohon info secepatnya yang bang

Takbir said...

Kalau visa processing fee yang dimaksud adalah yang kita bayarkan ke embassy sebelum ajukan jadwal wawancara, itu benar.
Tapi kalau fee nya di bayarkan ke mereka, saya merasa ragu. Kecuali di perusahaan itu sudah ada teman yang anda kenal betul, bahwa proses itu benar.

Unknown said...

thanks atas jawabannya bang.. Saya sih agak ragu juga soalnya info lowongan itu dptny digroup wa dan emailnya pake Yahoo.com kalo elit biasanya punya domain sendiri kan.. trs cepat lg responnya.

sy take no action ajalah bang kr pas hr ini jg dpt kerja nyebrang pulau aja walau gaji lebih kecil tp lebih meyakinkan soalnya blm pernah ke luar negeri jg.. sekali lagi tx y

Unknown said...

dear pak takbir, pak saya sudah coba buka web yg monster.com tapi itu cmn utk wilayah indonesia klu amerika ga ada pak

Unknown said...

oh ya mas takbir mau tanya lagi, kata tmn2 bule orang indonesia yg mau ngurus visa usa harus punya tabungan min. 60jt. benar atau tidak pak? makasih

Takbir said...

Mungkin yang ajukan visa turis diminta tunjukkan bukti tabungan.
Waktu saya ajukan visa, tidak diminta, tapi tetap saya bawa, sekiranya petugas kedutaan minta.

Anonymous said...

Assalammualaikum Pak Takbir. Saya melamar disalah satu hotel *5 di Hawai, dan saya diterima. Apa yg harus saya lakukan, dokumen apasaja yg saya perlukan. Saya blm pernah ke US atau tinggal disana, juga blm punya teman disana. Makasih Pak. in sya ALLAH anda sukses selalu

PAPAgaming said...

Hi.....saya Soni dari Jaksel,,mau tanyat sih,klo sampai minta sponsor untuk fomalitas saja apakah bisa?

Unknown said...

Halo pak, sesama orang Kaltim info dong bagaimana cara bisa bekerja di luar negeri seperti bapak. Saya berasal dari kota sebelah, Balikpapan. Saya sangat ingin merubah perekonomian keluarga saya, meskipun diumur saya yang baru 20. Tapi saya yakin saya punya tekad.

Unknown said...

Minta tolong mas saya ingin bekerja di AS kebetulan ada teman yg kerja disana mengajak saya bekerja...tp saya takut gk lulus visa kerja

Anonymous said...

Saya ada undangan krja dr USA.. Udah intrw dan tanda tangan kontrak. Ni lg bingung ngurus visa. Bantu donk gmn caranya

Anonymous said...

Kmn hrs dibayarkan untuk visa kerjanya H1B. Apa dikirim ke imigrasi langsung di US atau kmn.

Takbir said...

Bayar visa di CIMB Niaga dengan membawa nomor virtual account saat mendaftar untuk jadwal wawancara melalui situs web http://www.ustraveldocs.com/id/index.html?firstTime=No
Sekitar 2 hari setelah bayar visa, di situs web yang sama kita bisa memilih waktu jadwal wawancara yang tersedia. Bukti pembayaran dari bank perlu dibawa saat wawancara.

berto said...

undangannya dengan cara apa? mohon bantuan

Iwan said...

Bng saya mau tanya ..saya dapat panggilan kerja dari amerika untuk job electrical technician. Saya sudah mengisi job interview dan sudah mendapatkan tanda tangan kontrak beserta jobdesk nya. Dari pihak perushaan menyuruh saya menghubungi lawyer imigrasi AS untuk mengurus visa H1B dan di kasih surat rujukan bahwa saya telah di rekrut oleh perusahaan tersebut. Selanjut nya saya menghubungi lawyer imigrasi nya dan di kasih form visa H1b js-1 ..setelah saya isi form visa itu saya kirim ke perusahaan nya karena saya pikir perusahaan yang akan membayar proses visa nya .ternyata perusahaan menyuruh saya kirim form itu lawyer imigrasi yang pernah saya hubhngi dan harus membayar visa tersebut ke lawyer imigrasi AS. terus dari pihak perusahaan akan mengganti biaya visa itu setelah saya tiba di AS .menurut abang gimana apakah ini penipuan atau tidak. ? Mohon info nya bng

Takbir said...

@iwan, itu penipuan. H1B semua diurus dan dibayar oleh perusahaan ke lawyer yang mereka tunjuk.

Suharsih said...

selamat siang bung yg saya hormati...mohon bantu saya...saya ingin kerja sbg PRT di AS..dan sudah ada job/bos ..syarat & perlengkapan apa saja yg harus saya & bos persiapkan..terimakasih

Iwan said...

Ini bng salinan email terkhir dari perusahaan nya

Dear Iwan ,

Thanks so much for the updates regarding the process of your traveling document. Regarding expenses...Remember that we inform you that we shall take care of your transportation, Accommodation and also with your flight ticket. On the issue of flight ticket, it will be after when your visa and work permit document is out, because without the visa number we cannot book for your flight ticket. As soon as we confirm your visa and work permit document is ready, we shall need the visa number to book for your flight ticket.

And secondly. The reason why we would not agree in assisting you to pay for all your traveling expenses is because we are going as far as paying half of the processing fee to justifies how serious we are. We once assisted a job seeker to pay for all her processing fee from Germany to U.S, after paying all the processing charges and her traveling document was deliver to her...Just for her to start making arrangement to depart and arrive here in United States, she turned us down by saying she had another offer from U.K and that was the place she intended going. Her traveling papers were ready so due to the fact that she turned down the opportunity as well as futile our efforts and wasting our money because the money was no longer refundable as her papers were all ready and deliver to her home address, We thought of it that had it been we have asked her to pay half of the money, she wouldn't have turned down the job offered, because she will consider her money involved. This is accordance with our policy that applicant seeking to work with us must contribute to their traveling expenses as this will make the applicant not to change his or her mind after when the document is successfully deliver to their home address and he or she is willing to depart and arrive here before the date fix on the flight ticket expire.

Iwan said...

Dan ini email domain nya bng resmi atau tidak ? GulfSlopeenergyInc@engineer.com

Unknown said...

@Iwan, menurut saya itu scam. Jangan pernah mengirim uang dan data pribadi pada mereka.
Mereka pakai penjelasan panjang segala, makin mencurigakan.

Unknown said...

@Suharsih, maaf saya kurang tahu tentang kelengkapan dokumen untuk PRT.
Di satu wawancara Visa US saya pernah lihat ada yang mengajukan visa untuk pekerjaan sebagai PRT, dia diantar oleh entah calon majikan atau agennya. Pertanyaan yang diajukan pada si calon PRT itu, apakah dia tahu berapa gaji yang akan dibayarkan ke dia? bagaimana cara pembayarannya dan cara dia mengakses gajinya? akan tinggal di mana? karena dia tidak mampu memberi jawaban yang meyakinkan, Visanya ditolak.

Novita Widyanti Janwarin said...

Selamat malam, saya mau apply kerja sebagai perawat itu di ya?

Anonymous said...

Pak Takbir, sy diajak bekerja di amerika, tp sy bingung apa yg hrs di persiapkan. Apakah ada nomor kontak pak Takbir yg bisa sy hubungi untuk bisa sy bertanya lbh lanjut?

Takbir said...

Visa kerja ke Amerika sedang suspend hingga akhir tahun 2020. Baca di tautan berikut:
https://www.ustraveldocs.com/id_bi/index.html?firstTime=No

Unknown said...

Mas Takbir, saya berkeinginan untuk kerja di amerika, apakah saya boleh minta no kontaknya,ini email saya

Dina said...

Ada teman menawar kan kerja di perhotelan kbtln sy lulusan skkh perhotelan tpi dg biaya 45jt dn visa undangan, apa betul bisa,

Anonymous said...

Halo Pak Takbir, kebetulan sedang cari2 informasi tentang visa H1B ketemu blog bpk.
Suami saya akan ditugaskan bekerja di US selama 3 tahun dan saat ini sedang mengajukan visa H1B. Dokumen petisi dan dokumen lain sudah lengkap. Kami dapat jadwal interview 8 desember 2021 rabu besok. Karna suami akan tinggal disana cukup lama jadi saya dan anak2 ikut. Pertanyaan saya, untuk pasangan seperti saya (istri) pertanyaan apa yah yg biasa ditanyakan nanti? Seputar apa yaah? Dan ada tips khusus kah supaya kami sekeluarga bisa lolos visa H1B nya? Karena saya deg2an takut jawaban saya saat interview membuat suami gagal mendapatkan visa H1B nya.

Takbir said...

Maaf telat respon,
Mudah2an lolos semua.
Untuk suami yang penting sudah dapat surat petisi H1Bnya dan bisa menjelaskan pekerjaan dan perusahaannya nanti disana, insya Allah lancar.
Untuk keluarga dengan visa H4, bisa menunjukkan bukti dengan kartu keluarga dan buku nikah sudah cukup, tidak akan banyak ditanya2.