Sunday, April 8, 2012

Berburu Sakura


Mekarnya bunga sakura bukan cuma menjadi daya tarik bagi turis mancanegara tapi juga bagi warga Jepang. Waktunya yang singkat membuatnya menjadi semakin ditunggu-tunggu. Sakura mekar dari akhir maret hingga pertengahan april. Kalau bagi saya, bunga Sakura seperti saja dengan bunga-bunga yang lain, banyak bunga yang kelopaknya lebih indah dari Sakura. Cuma uniknya Sakura itu pohon, bukan seperti bunga-bunga yang lain yang batangnya kecil. Kadang saya dengar ada yang bilang bunga Sakura atau pohon Sakura, keduanya benar menurut saya.

Pohon Sakura saya lihat ada di mana-mana. Dari Taman kota, tepi jalan, tepi rel kereta, hingga halaman rumah. Tapi melihat sepohon doang kayaknya tidak cukup memuaskan. Makanya saya sengaja ke lokasi yang memang banyak pohon Sakuranya. Pagi-pagi benar saya sudah menuju ke Ueno Park, Tokyo. Dari Ueno Station keluarnya di Park Gate. Hari ini, 7 April 2012, bunga sakuranya sudah benar-benar rimbun. Berjalan di bawah naungan bunga Sakura menjadi pengalaman yang menyenangkan. Banyak warga Jepang, terutama kaum muda, mengadakan Hanami atau piknik bersama dibawah pohon Sakura yang sedang berbunga. Mereka bahkan menginap di Taman Ueno membawa bantal dan selimut karena memang udara masih dingin. Sekitar jam 8 pagi, petugas dengan pengeras suara membangunkan mereka, karena pengunjung taman mulai berdatangan dan Taman Ueno tiba-tiba menjadi sangat padat. Jika berencana ke Ueno untuk melihat Sakura, maka sangat disarankan datang pagi-pagi untuk menghindari padatnya pengunjung.

Sakura di Taman Ueno






Dari Ueno saya menuju ke Taman Shinjuku atau Shinjuku Gyoen. Dulunya taman untuk keluarga Kekaisaran Jepang, yang kemudian dibuka untuk umum pada 1949. Taman ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin, dari pukul 09.00-16.00, dengan biaya masuk 200 yen (anak kecil 50 yen, bayi gratis). Jumlah pohon Sakura di taman ini jauh lebih banyak dibandingkan di Ueno. Luasnya saja 58 hektar atau sekitar 78 kali luas lapangan bola. Pohon sakura disini lebih besar dan berumur tua. Selain jumlahnya, jenisnya juga lebih banyak. Dari brosurnya ada 12 jenis bunga Sakura. Seperti halnya di Ueno, banyak warga Jepang dan turis yang datang untuk berpiknik. Saat ini waktunya memang cocok, matahari cerah tidak terik dan udara sejuk.

Pohon Sakura di Taman Shinjuku


3 jenis Sakura yang bisa saya bedakan karena pohonnya berdekatan :)





Taman Shinjuku yang sangat luas


Pucuk bunga Sakura yang akan mekar kira-kira 1 atau 2 minggu lagi

Kelopak bunga Sakura yang mulai berguguran karena angin yang kadang cukup kencang




Wassalam,
Takbir

2 comments:

podjok.jogja said...

nice info :D,, jadi pengen ikut berburu sakura jugaa..

Anonymous said...

Bagus banget, thx for sharing... (cross my finger, mau kesana juga sama seseorang):)