Wednesday, July 23, 2008

Radovan Karadzic Akhirnya Tertangkap.....???

Akhirnya penjahat perang ini tertangkap juga,....


Mungkin cuma kebetulan, saya baru aja nonton Film "The Hunting Party" yang dibintangi oleh Richard Gere yang menyindir tentang susahnya UN dan NATO untuk menangkap Radovan Karadzic Pemimipin Serbia-Bosnia waktu itu tersangka utama pembantaian Muslim Bosnia dan Kristen Suku Croatia di Srebrenica pada tahun 1995. Di akhir Film itu disebutkan bahwa UN, NATO, dan Amerika terlalu ”sibuk” mencari Osama Bin Laden yang belum jelas dia bersalah atau tidak dibandingkan dengan Karadzic yang sudah jelas-jelas terbukti sebagai pembantai, dan kemungkinan besar berada di bawah perlindungan pemerintah Serbia.

Perlu diketahui bahwa daerah Balkan (Slavia Selatan atau Yugoslavia) didominasi oleh 3 suku utama: Croats, Bosniak, dan Serbs. Di abad pertengahan sebelum invasi Turki ke Balkan, Wilayah ini menjadi rebutan pengaruh antara kerajaan Romawi Barat (Roma) yang menganut Katolik dan kerajaan Romawi Timur (Konstantinopel)
yang menganut Kristen orthodoks. Katolik banyak dianut oleh suku Croats (sampai sekarang) dan suku Serbs menganut Kristen Orthodoks, sedangkan suku Bosnia waktu itu menganut aliran kepercayaan Kristen yang lain yang dianggap sesat oleh Roma maupun Konstantinopel. Dan ketiga suku ini saling bermusuhan satu sama lain. Setelah Turki berhasil menguasai Wilayah Balkan, para bangsawan Bosnia banyak yang pindah agama ke Islam diikuti oleh para penduduk Bosnia lainnya. Menurut sebagian sejarawan, hal ini disebabkan oleh Pemerintahan Turki mewajibkan membayar Jizyah atau pajak tambahan bagi pemeluk agama lain yang berada di dalam wilayah kekuasaan Turki, yang merupakan Kerajaan Islam, sebagai bentuk jaminan dari kerjaan Turki bagi kebebasan mereka untuk tetap melaksanakan ajaran agamanya masing-masing. Untuk menghindari pajak itulah para bangsawan Bosnia convert ke Islam, dan akhirnya menjadi kaki tangan kerajaan Turki di wilayah itu.

Ada korelasi yang kuat antara identitas etnic dengan agama yang dianut, dimana 95% etnis Bosnia adalah Muslim, 95% etnis Croatia adalah Katolik, dan 95% etnis Serbia adalah penganut kristen Orthodoks. Tensi antara ketiga kelompok ini selalu tinggi sehingga kadang menjadi pemicu terjadinya ketegangan diantara mereka.

Dari sedikit keterangan fakta Sejarah inilah, mungkin kita bisa mengetahui mengapa sampai terjadi pembantaian etnis di Srebrenica itu. Radovan Karadzic yang seorang dari etnis Serbia yang Kristen Orthodoks membantai penduduk Bosnia yang mayoritas muslim dan penduduk suku Croatia yang memeluk Kristen Katolik. Di antara ketiga suku ini memang sudah lama memendam sentimen antar suku yang bisa meledak kapan saja. Contohnya yang baru saja terjadi misalnya, ketika tim Croatia dikalahkan Oleh Tim Turki pada perempat final EURO 2008 kemarin, terjadi keributan di daerah Mostar (masuk ke Wilayah Bosnia tapi distribusi etnis Bosnia dan Croatia sama banyaknya) antara pendukung Croatia dan Bosnia yang tentu saja mendukung Tim Turki.

Wassalam,
Takbir

No comments: