Thursday, September 15, 2011

Catatan Proses Pembuatan Visa Kunjungan Kerja: Rusia, Saudi, dan Jepang

Visa Rusia

Dokumen yang diperlukan:
1. Surat undangan dari kantor Imigrasi Rusia. Surat ini akan diurus oleh Perusahaan yang mengundang kita. Lama pengurusan kurang lebih 3 minggu, kemudian dikirim ke alamat kita di Indonesia, kurang lebih seminggu.
2. Foto dengan background putih ukuran 4x6 satu buah. Sediakan beberapa buah buat jaga-jaga jika diminta lebih dan juga ukuran 3x4.
3. Passport dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
4. Mengisi formulir di kedutaan. Bagian yang penting antara lain, kota tujuan dan rencana rute penerbangan menuju kota tujuan tersebut. Bukti reservasi tiket tidak diminta oleh pihak kedutaan.
5. Pembayaran $70 untuk single entry. Proses pembuatan sekitar seminggu atau 2 hari untuk visa express dengan biaya $150

Alamat kedutaan Rusia di Jakarta, Rasuna Said Kuningan, depan Rumah Sakit MMC (samping Pasar festival). Buka setiap hari kerja 09.00-13.00. Lengkapnya silakan kunjungi website: http://www.indonesia.mid.ru/cons_ind.html

Visa Saudi Arabia

Dokumen yang diperlukan:
1. Passport masa berlaku minimal 6 bulan.
2. Print out dari surat registrasi online. Kita akan didaftarkan diimigrasi saudi oleh perusahaan pengundang. Kemudian setelah jadi perusahaan cukup mengirimkan link website terkait bukti pendaftaran kita diimigrasi saudi. Kita print halaman web tersebut untuk disertakan dalam dokumen yang kita bawa ke kedutaan.
3. Fotocopy ijazah
4. Surat keterangan atau referensi kerja yang menunjukkan kita telah bekerja minimal 2 tahun di bidang yang sama dengan pekerjaan yang ditawarkan di saudi.
5. Surat kontrak kerja dari perusahaan di Saudi
6. Surat undangan dari perusahaan di Saudi
7. Print out dari surat sertifikasi perusaahaan lokal saudi yang menjadi pengundang atau sponsor.

Alamat kedutaan Saudi: Jl. M.T. Haryono Kav. 27, Cawang Atas, Jakarta Timur. Tepat dipemberhentian halte busway TransJakarta Koridor 9, Cawang Ciliwung. Kedutaan Saudi di Jakarta mempekerjakan urusan pembayaran dan registrasi data kita untuk visa pada sebuah kantor kecil yang berada di samping kedutaan diantara deretan kantor kecil dibawah jembatan penyeberangan. Untuk mengenalinya, anda cukup bertanya pada petugas keamanan Kedutaan dimana lokasi pendaftaran “Enjaz Online”. Di kantor ini kita cukup memperlihatkan bukti print out surat registrasi online dan passport kita. Pembayaran untuk visa single entry sekitar IDR 760.000. Pastikan anda datang sebelum jam 8 pagi karena, penerimaan berkas pengajuan visa hanya dibuka dari jam 08.00-08.30. Dan anda boleh memasukkan semua berkas setelah registrasi dan membayar di kantor “Enjaz Online”. Pemasukan berkas yang hanya dibuka selama 30 menit bisa kita mengerti karena jumlah pengajuan visa mencapai ribuan setiap harinya dari para agen TKI atau travel umroh. Tapi khusus untuk pengajuan visa perorangan disediakan loket dan antrian tersendiri. Jika semua berkas lengkap, visa bisa jadi keesokan harinya. Waktu pengambilan visa 16.00-16.30.

Visa Jepang

Dokumen yang perlu kita persiapkan:
1. Passport dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
2. Foto 6 bulan terakhir dengan background putih ukuran 4x6 satu buah.
3. Fotocopy KTP, untuk bukti domisili.
4. Bukti reservasi tiket pergi-pulang sesuai dengan masa waktu visa yang diminta (3 bulan atau 90 hari)
5. Mengisi formulir yang disediakan di kedutaan
Dokumen yang perlu disediakan oleh perusahaan pengundang (semuanya harus dokumen asli):
1. Surat Undangan Kerja dengan stempel dan tanda tangan asli dari perusahaan pengundang di Jepang.
2. Surat Itinerary lengkap mengenai kegiatan selama di Jepang.
3. Surat jaminan biaya perjalanan/akomodasi selama di Jepang dari perusahaan pengundang.
4. Surat keterangan bekerja.
5. Tokibo Tohon atau Surat Registrasi perusahaan pengundang di Jepang.

Alamat kedutaan jepang di jakarta: Jl. M.H. Thamrin No. 24. Depan Hotel Nikko, dekat Bunderan HI. Penyerahan dokumen 08.30-12.00 dan pengambilan 13.30-15.30. Pada saat pengajuan permohonan dan penyerahan dokumen, staff kedutaan akan memeriksa dengan teliti dan akan menanyai kita berkenaan kegiatan kita selama di Jepang. Selama semua dokumen lengkap dan asli, wawancara pasti lancar. Biaya visa IDR 300.000 dengan proses 4 hari kerja. Pembayaran dilakukan saat pengambilan visa dan hanya jika visa anda disetujui. Alamat website http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_3.html


Semoga informasinya membantu dan urusan visanya lancar.



Wassalam,
Takbir

No comments: