Wednesday, October 10, 2012

Tips Traveling di Jepang - Menyusun Itinerary dan Menentukan Moda Transportasi

Sangat penting untuk menyusun rencana perjalanan atau itinerary yang jelas dan detail jika hendak melancong ke Jepang. Dengan itinerary yang lebih detail, kita bisa mengatur dan menekan biaya yang mesti dikeluarkan, karena Jepang termasuk negara dengan biaya akomodasi dan transportasi yang mahal. Mengatur agar bandara kedatangan dan pulangnya berbeda adalah salah satu cara tambahan untuk berhemat waktu dan biaya transportasi. Untuk akomodasi hostel saya kira bisa dianggarkan 2500 yen per malam. Sangat mungkin mendapatkan yang lebih murah dari itu jika anda bisa memesan jauh hari, tapi harga standar hostel di seluruh Jepang memang sekitar 2500 yen atau 300ribu rupiah.

Menentukan kapan waktu berkunjung ke Jepang, silakan baca postingan sebelumnya.

Akihabara Electric Town



Itinerary yang umum digunakan oleh turis luar negeri dan juga sering ditawarkan oleh travel agen adalah dengan tiba di Tokyo dan pulangnya lewat Kansai (Osaka) atau sebaliknya. Di Tokyo juga ada 2 bandara, Narita dan Haneda. Saya lebih merekomendasikan yang lewat Haneda karena relatif lebih dekat ke pusat kota Tokyo dan sedikit lebih murah biaya transportasi dari/ke bandaranya. Tujuan paling populer di Jepang biasanya adalah Tokyo, Kawaguchiko dengan Gunung Fuji-nya, Kyoto, Nara, Osaka, dan Kobe dengan kastil Himejinya.

Tokyo Tower
Stasiun JR Tokyo (Marunouchi central gate)
 
Itinerary yang sederhana kira-kira seperti berikut. Berkeliling kota Tokyo saja selama 2 hari. Lokasi yang ramai dikunjungi seperti Harajuku, Meiji Jingu, area pertokoan Shibuya dan Ginza, Electric Town Akihabara, Imperial Palace, Tokyo Tower, Asakusa, Odaiba dan yang lainnya. Berkeliling di Tokyo bisa dengan menggunakan 1-day pass untuk kereta JR seharga 730 yen. Sedangkan yang sedikit jauh di luar kota Tokyo seperti Yokohama (ongkos sekitar 500 yen sekali jalan) dan Kamakura (ongkos sekitar 800 yen sekali jalan) atau ke Nikko yang memiliki situs warisan budaya dunia (Nikko Pass untuk 2 hari seharga 3600 yen, beli di stasiun Tobu Asakusa).

Ke Gunung Fuji diluar musim pendakian (Juli-Agustus) hanya dibolehkan hingga ke Kawaguchiko 5th Station. Atau sebaiknya ke area Danau Kawaguchiko yang dekat dengan Gunung Fuji. Perjalanan dari Tokyo dengan kereta lokal sekitar 3 jam, dengan biaya sekitar 2500 sekali jalan. Kalau untuk sekedar  melihat-lihat pemandangan Gunung Fuji dari dekat, sehari cukup.

Dari Tokyo dengan bus malam Willer Express menuju ke Kyoto. Sekitar 7-8 jam perjalanan dengan biaya sekitar 5000~6000 Yen. Di Kyoto 2-3 hari sudah cukup untuk mengunjungi beberapa lokasi yang populer seperti Kinkaku-ji, Kyomizudera, Futarasan Jingu dan banyak lagi. Dari Kyoto juga bisa menuju Nara sekitar 45 menit dengan kereta lokal. Seharian di Nara kemudian malamnya pulang ke Kyoto.

Dari Kyoto ke Osaka hanya sekitar 30 menit dengan kereta lokal (540 yen sekali jalan). Dan dari Osaka ke Kobe juga sekitar 30 menit (350 yen sekali jalan). Mungkin bisa mengatur agar menginapnya di Osaka saja. Sehari berkeliling kota Osaka dan sehari lagi berkunjung ke Kastil Himeji di Kobe. Kemudian pulang melalui Bandara Kansai di Osaka. Itinerary di atas bisa diatur sebaliknya jika berencana tiba di Kansai dan pulangnya dari Tokyo.
 
Jika akan mengunjungi beberapa kota tujuan lain yang lebih jauh di luar jalur itineray di atas, maka mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli Japan Rail (JR) Pass. JR Pass disediakan khusus untuk turis dan hanya bisa dibeli vouchernya di luar Jepang. Silakan baca ketentuan mengenai JR pass di link ini. JR Pass berlaku untuk semua jaringan kereta JR di Jepang, termasuk kereta Shinkansen Hikari dan Kodama, serta beberapa jaringan JR bus dan kapal ferry. Kedua jenis Shinkansen ini sama saja dengan Nozomi, dengan sedikit lebih banyak stasiun berhentinya. Tetapi sudah cukup cepat untuk bisa menghemat waktu perjalanan. Dengan JR pass ini, strategi mengatur itinerarinya sedikit beda. Karena yang termurah saja sekitar  28.300 Yen atau sekitar 3.5 juta rupiah dan hanya valid untuk 7 hari. Manfaatkan masa valid 7 hari JR pass semaksimal mungkin.

Dengan JR pass anda bisa mengatur agar mengunjungi semua lokasi yang jauh terlebih dahulu, yang di jangkau oleh Shinkansen, pada 7 hari pertama. Misalnya hari pertama berkunjung ke Hiroshima dari Tokyo dan sore atau malamnya kembali ke Tokyo. Sebagai gambaran, bahwa tiket Shinkansen untuk Tokyo-Hiroshima itu sekitar 18000 yen. Pergi dan baliknya sudah 36000 yen. Di hari pertama saja JR pass anda sudah termanfaatkan dengan maksimal. Hari Kedua hingga hari ketujuh serasa naik Shinkansen gratis saja, bisa di gunakan untuk mengunjungi kota-kota jauh lainnya sesuai rencana itinerary anda tanpa perlu menginap, seperti Nagoya, Nagano, Niigata, Sapporo, Sendai, Fukuoka, Nagasaki, dan lainnya. Dengan cara seperti itu kita bisa menghemat waktu perjalanan dan tidak perlu pindah-pindah hostel, karena sore atau malamnya bisa balik lagi ke Tokyo, menghemat waktu berkeliling hanya untuk mencari penginapan jika mesti pindah-pindah hostel, dan tentunya hemat tenaga. Setelah hari ketujuh atau hari ke delapan baru menggunakan itinerary seperti yang di atas, keliling Tokyo, Yokohama, Kyoto, Osaka dan sekitarnya tanpa perlu menggunakan JR Pass.
Traveling hemat di Jepang menurut saya sangat cocok buat para pelancong yang sangat mobile alias gesit dan kuat berjalan kaki. Gaya traveling anda juga menentukan besar pengeluaran anda. Melihat sebanyak-banyaknya dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dengan biaya semurah-murahnya.

Pemandangan malam kota Tokyo dari Odaiba


Salam,
Takbir

400 comments:

1 – 200 of 400   Newer›   Newest»
dita said...

salam kenal mas
saya rencana ke jepang akhir mei 2014 karena ada sdr di kyoto jadi plg pergi melalui kansai (osaka) airport dan akomodasi nginep smua di kyoto,saya rencana di sna 9 hari inginnya jalan2 di jepang yg tanpa nginep di kota lain,itu nyusun itinerary nya gmn ya?saya bersama keluarga
terimakasih

Takbir said...

Salam mba Dita,

Keliling kota Kyoto mungkin bisa alokasikan 2-3 hari. 1 hari di Nara (45 menit dari Kyoto). 1 Hari di Osaka (30 menit dari kyoto). 1 Hari di Kobe (45 menit)/Himeji (1 jam setengah). Kobe-Himeji satu arah, bisa ke Himeji dulu, terus arah pulangnya mampir di Kobe. Semua kota tersebut bisa pulang pergi dengan kereta reguler. Siapin budget sekitar 500-600 Yen sekali jalan, kecuali Himeji yg lebih jauh mungkin butuh 800-900 one way.

Kota lain yg kalau mau pulang pergi juga bisa tapi perlu naik shinkansen. Beli tiket shinkansen sekali jalan ke Kyoto dari Tokyo sekitar 12000 yen.

Atau mbak juga bisa pertimbangkan beli Japan Rail Pass untuk 7 hari. sekitar 28000 yen. Jadi 7 hari bisa kunjungi kota yg agak jauh seperti Tokyo, Nagoya, dan Hiroshima. Kemudian hari berikutnya sekitaran kansai aja, seperti itinerary di atas.

Sang Perangkai said...

Salam mas ahmad. Terima kasih atas informasi menariknya.

saya mau coba bertanya mas, jadi Pertengahan mei ini saya dan istri pergi ke jepang. Kita sudah pesan hotel untuk 4 malam di daerah chuo ward di tokyo.. Nah biar lebih maksimal, kira2 rekomendasi itinerary yg paling bagus kemana yah sebaiknya? Apa hanya ngubek2 disekitaran tokyo saja, atau apa bisa saya jalan keluar dari tokyo (tapi masalahnya malam sudah harus kembali lagi ke hotel di tokyo).. terima kasih mas.. :)

Takbir said...

Saya cek, Chuo ward itu di wilayah Ginza ya.

Mungkin bisa diatur rencana jalannya begini

H+1 Pagi-pagi ke Stasiun Harajuku. Di belakang stasiun itu lokasi Meiji Jingu. Bisa liat Kuil Shinto orang Jepang, kalau beruntung biasanya ada yang ngadain acara pernikahan. Dari Harajuku bisa jalan kaki ke Shibuya. Kalau sabtu-minggu pagi biasanya banyak anak muda dengan cosplay. Dari Shibuya naik kereta lagi ke Stasiun Tokyo untuk menuju Imperial Palace. Di Stasiun Tokyo keluarnya di Marunouchi Gate, dari situ tinggal lurus jalan kaki. Bagian yang bisa dimasuki hanya Istana bagian timur ada di sebelah kanan kalau dari arah Stasiun. Kalau masih belum terlalu sore, bisa ke Asakusa. Tapi kalau sudah sore sebaiknya ke Odaiba saja. Di Odaiba banyak yang bisa dilihat termasuk Pemandangan kota Tokyo dari Odaiba. Kemudian pulang ke penginapan, sekalian keliling jalan malam di wilayah Ginza yang padat pertokoan.

H+2 Bisa ke Nikko, sekitar 3 jam naik kereta. Bisa pergi pulang dalam sehari. Bagaimana ke sana dan pulangnya baca di postingan ini
http://ahmadtakbir.blogspot.in/2011/11/warna-warni-musim-gugur-di-nikko-jepang.html

H+3 Bisa ke Kamakura dan Yokohama. Pagi-pagi ke Kamakura dulu. Dari Tokyo, turun di stasiun Kiita Kamakura
Bagaimana keliling di sananya baca di sini
http://ahmadtakbir.blogspot.in/2011/09/buddha-di-kamakura-jepang.html

Dari kamakura, pulang ke tokyo bisa singgah di Yokohama dulu. Berhenti di stasiun Sakuragicho.
Keliling di Yokohama baca di sini
http://ahmadtakbir.blogspot.in/2011/09/yokohama-jepang.html

H+4 Jalan-jalan santai beli oleh-oleh di Asakusa
http://ahmadtakbir.blogspot.in/2011/10/jalan-jalan-sore-di-asakusa-tokyo.html
kalo masih sempat bisa ke Akihabara, pusat penjualan barang2 elektronik di Tokyo.
Kalo masih sempat bisa ke Tokyo Tower.

Semoga membantu

Unknown said...

halo saya nency mau tanya kalo mau ke kawaguchi lake dari osaka naik apa? trs gimana nyusun itinerary klo dari kansai mau jalan2 ke osaka, kyoto, fuji sm tokyo to menginap di tokyo saja. jd paling lama di tokyo..
salam, terimakasih

Takbir said...

Mba Nency,

Ada Fujikyu bus untuk rute Osaka-Kawaguchiko, 8700 yen, 10-11 jam perjalanan.

Kansai itu wilayah Osaka, Kyoto, Kobe, Nara dan sekitarnya. Kansai di sini maksud mba Nency airportnya ya?
Kalau tiba di Kansai, bisa nginap di Osaka. Keliling Osaka bisa sehari full. Di Kyoto lebih banyak obyek menarik, tetapi kebanyakan kuil, yang unik satu sama lain. Butuh setidaknya 2 hari kalau mau lihat banyak.

Untuk ke Tokyo, mba bisa langsung ke Tokyo dari Osaka. Dari Tokyo bisa pergi ke Kawaguchiko paginya dan pulang sore hari. Naik kereta lokal dari Tokyo kira-kira butuh 3 jam nyampe ke Kawaguchiko.

Atau sesuai pertanyaan awal, dari Osaka ke Kawaguchiko dulu baru ke Tokyo juga bisa.

Unknown said...

Selamat siang mas,
Saya ingin menanyakan apakah saya perlu membeli JR Pass apabila saya ingin ke Tokyo dan Kyoto ?
Jadi saya berangkat dan pulang dari Tokyo Haneda, dan waktunya 7 hari di Jepang, kira2 baiknya bagaimana ya mas dalam penyusunan itinerarynya ?
Dan tujuan utama di tokyo saya ingin ke Disneysea,Sanrio,dan Doraemon..
Lalu di Kyoto saya ingin ke Fushimi Inari..
Terima kasih..

Takbir said...

Mba Fiona,

Tiga lokasi tujuan utama di Tokyo, semua belum pernah saya datangi. Tidak tertarik soalnya :) Tapi, saya cuma bisa kasih informasi kalau jarak ketiga lokasi berjauhan dan berlawanan arah. Sebaiknya sisihkan satu hari di Disneysea biar lebih puas. Hari kedua, bisa ke Doraemon museum dulu di Kawasaki kemudian ke Sanrio Theme park.

Harga JR Pass sekarang 29000 yen atau sekitar 3.3 juta kurs saat ini. Kalau beli shinkansen Tokyo-Kyoto, pulang pergi sekitar 27000 yen atau 3 juta. Karena waktunya cuma 7 hari, memang paling bagus naik shinkansen karena hemat waktu. Kalau hitungan diatas aga ketat sih, jadi bingung juga beli JR Pass apa tidak. Karena JR Pass itu akan sangat efektif jika mau mengunjungi banyak tempat yang saling berjauhan.

Supaya tidak perlu balik ke tokyo lagi, paling bagus cari tiket pulangnya via Osaka (Kansai). Jadi tidak perlu beli JR pass.

Kalau di Kyoto, main sight seeing yang harus dilihat menurut saya selain Fushimi Inari, Kinkaku Ji dan Kyomizu dera. Banyak lagi sebenarnya tapi tiga itu sudah cukup kalau tidak punya banyak waktu.

Unknown said...

Mas Takbir,

Iya mas, saya sudah terlanjur beli tiket pp Tokyo Haneda, huhuhu..
Kalau naik bus Willer ke Tokyo - Kyoto - Tokyo akan lebih hemat dibanding JR Pass ga ya mas ?
Terima kasih mas.. :)

Takbir said...

Beli tiket willer bus adalah pilihan terhemat menurut saya juga. Perjalanan jam 10 malam tiba jam 6 pagi di kyoto. Selain tiket lebih murah, juga bisa hemat uang akomodasi karena nginap di bus. Sebaiknya booking sekarang supaya masih bisa dapat yg harganya kisaran 5000-6000 yen. Tiket bus ini lumayan laris manis, cepat habis.

sigidbogor said...

selamat pagi, mas..

30 Juli 2014 besok, saya dan keluarga ke Osaka. Hanya 6 hari di Jepang. jadi rencananya hanya muter muter disekitar Osaka-nara-Kyoto saja.

Boleh minta tolong transportasi yang murah dari :
a. Kansai airport ke hotel Rihga Nakanoshima ?
b. dari Osaka ke Kyoto ataupun ke Nara ?

atas bantuannya, saya sampaikan terima kasih.

salam
sigid

Takbir said...

Hotel anda saya cek paling dekat dgn stasiun Higobashi. Dari kansai airport naik nankai line sampai stasiun namba, kemudian pindah subway ke stasiun higobashi
Gunakan situs jorudan.co.jp/english/ untuk lihat opsi keretanya

Untuk jalan-jalan osaka, kyoto, nara, silakan baca arsip blog bulan april 2013 di sini bit.ly/1qyZGZ7

kata uni said...

Salam kenal mas,
Sy rncn prgi ke Jepang bln Nov 2014 ini, berenam. Tiba di Nagoya sore dan rncn menginap 1 mlm dan paginya ke Tokyo dgn Shinkansen (rncn beli JR Pass). Kira2 ada rekomendasi tmpt menginap murmer di Nagoya mas? Tlg infonya.
Satu lg mas, sy jg butuh info tmpt menginap di Osaka, hotel/hostel/apt murmer yg pntg bersih dan kl bs tdk shared bathroom.
Tks banyak sebelumnya,
Salam

Takbir said...

Kalau mau yg kamar mandi dlm, harus pesan kamar hotel jgn hostel. Hostel semuanya shared bathroom. Kalau di nagoya coba cari di booking.com, cari yg lokasi dekat stasiun nagoya. Standar harga hostel 200-250 ribu, jd kalau dpt kamar seharga 500ribu dgn attached bathroom itu udah oke.

Kalau di osaka hostel lebih banyak dan lbh murah. Tapi kalau mau kamar mandi dalam sebaiknya coba book hotel saja. Yg penting lokasi dekat stasiun yang dilalui jalur osaka loop line, supaya mudah ke mana-mana

Takbir said...

Oiya kamar hotelnya yang bisa sekamar berdua atau lebih tentunya, biar patungannta lebih murah

Anonymous said...

Selamat pagi mas,

Perkenalkan saya icha, bulan september besok saya akan berkunjung ke Osaka dalam rangka student exchange selama 2 minggu. Saya hanya punya waktu Sabtu Minggu untuk berkeliling jepang. Kami rencana ingin mendaki gunung Fuji mas, apakah memungkinkan? Jika iya, berapa kisaran biaya yg harus kami persiapkan terutama utk transportasi osaka - fujiyama ?

Makasih banyak mas Takbir

Takbir said...

Mba Icha,

Paling murah dgn bus malam fujikyu, kalau beli one way 8700yen pp 15700yen. Nanti tiba di kawaguchiko, perlu naik bus lokal lg utk menuju 5th station tempat populer untuk mulai mendaki ke atas.
Silakan baca di sini utk osaka-fuji five lakes kawaguchiko
http://www.japan-guide.com/e/e6905.html

Ke Jepang bulan september, saya tidak tau apa masih dibolehkan apa tidak utk mendaki. Karena ijin pendakian Gunung Fuji hanya di bulan juli-agustus.

2 hari saya rasa cukup. Start sore hari, bisa tiba di puncak dinihari. Tergantung kondisi fisik saat mendaki, dan recovery setelah turun gunung.

Anonymous said...

Selamat mlam mas.perkenalkan sya shinta. saya dan teman rencana ke jepang november ini selama 13 hari (tidak termasuk hari perjalanan), sampai di Haneda dan balik dari kansai. rencana itin kami 2 hari sightseeing tokyo, 1hari disneysea, 1 hari hakone, 1 hari odaiba, 2 hari kyoto, 1 hari nara,1 hari iga ueno, 4 hari osaka. Yg ingin saya tanyakan apakah itinnya sudah pas? apakah 4 hari osaka terlalu lama? Kalau terlalu lama kira2 ke tmpat mana lagi ya yg bgus untuk dikunjungi? Tks

Takbir said...

2 hari tokyo sdh bisa termasuk odaiba. Odaiba setengah hari cukup, dan sebaiknya sore baru ke sana. Kecuali memang banyak tempat di Tokyo yang ingin kamu kunjungi.

November itu musim gugur, waktu yg tepat menikmati koyo atau daun yg berubah warna merah sebelum rontok. Kalau di area tokyo bisa jalan ke taman yoyogi, belakang stasiun harajuku. Atau sediakan 1 hari mengunjungi Nikko.

Iya, 4 hari terlalu lama utk osaka, mungkin bisa mengunjungi kobe yg cuma setengah jam kereta lokal dari osaka. Atau kalau kamu beli JR pass, bisa sehari pp ke Hiroshima.

Anonymous said...

wah terima kasih sudah dijawab pertanyaannya.
Untuk sightseeing tokyo hri kedua rencana ditmbh sama museum doraemon. Klo misalkan odaiba digabung dengan yokohama bagaimana mas? Jdi msing2 stengah hari.
untuk osaka, paling pas disana brapa hari ya? Kobe bsa jdi pilihn jga. Kalau nagoya bagaimana?

Takbir said...

Kalau dari Tokyo, Museum Doraemon lumayan jauh di Kawasaki, mungkin kalau berangkat pagi, kembali ke Tokyo sudah sore.

Boleh juga setengah hari di Yokohama, kemudian ke Odaiba. Saran saya dari Yokohama naik kereta lokal Keihin Tohoku-Negishi Line menuju stasiun Oimachi, dari situ sambung Rinkai Line Kereta bawah tanah/laut yang menuju ke Tokyo Teleport Town Odaiba. Dari Odaiba kembali ke Tokyo (stasiun Shimbashi) naik monorel Yurikamome line menyeberangi Rainbow Bridge. Biar punya pengalaman pulang dan pergi Odaibanya beda aja.

Osaka saya kira 2 hari sudah cukup. Tergantung banyak lokasi yang ingin kalian kunjungi. Nagoya juga bagus, sekitar 45 menit dengan shinkansen dari Osaka. Kalau dengan kereta lokal saya kurang tahu.

Anonymous said...

salam kenal mas,
saya rencana ke jepang awal november via jkt-osaka-jkt.
rencananya sampai di osaka pagi dan malam ke tokyo via bus willer. tempat naik bus willernya dimana ya mas.

kalau di tokyo saya mau ke hakone dan mt fuji bisa sekalian jalan nggak ya dalam 1 hari dan berapa kira2 biayanya.

saya juga mau ke osaka dan kyoto. gimana ya mas susun ittenarynya untuk 10 hari biar maksimal.

terima kasih

Takbir said...

Di gedung Umeda dekat stasiun Osaka
https://willerexpress.com/x/bus/dynamic/3/en/html/map/osaka/willer_terminal.html

Dari Hakone bisa lihat gunung Fuji tapi dari jauh. Kalau mau yg dekat ke kawaguchi-ko. Sepertinya susah kalau mau sehari. Kalau ke Hakone saya sarankan beli ini:
http://www.hakonenavi.jp/english/freepass/index.html

Itinerary 10 hari mungkin bisa begini:
H1 Osaka, Osaka castle, Universal Studio, malamnya ke Tokyo
H2 Tokyo
H3 Tokyo
H4 Hakone, malamnya ke Kyoto
H5 Kyoto
H6 Kyoto
H7 Osaka
H8 Kobe
H9 Nara
H10 Osaka, pulang

delly said...

Salam kenal mas takbir, saya ada rencana ke jepang november ini selama 8 hari. Masuk dan keluar jepang melalui nagoya. Saya dan suami rencana mau ke nagoya, kyoto, osaka, nara dan kobe, gimana susun itinerary nya biar maksimal ya mas? Sekalian info transportasi antar kota tsb yg murah...hehehe..soalnya kita gak ambil JR pas. Makasih seblmnya

Takbir said...

November itu musim koyo (daun berubah warna kuning dan merah sebelum rontok)

Nagoya cukup sehari full. Kalau tiba di nagoyanya pagi, bisa ga usah nginap. Titip koper aja di Stasiun kereta Nagoya. Kemudian keliling dgn bus Me-guru http://www.nagoya-info.jp/en/routebus/

Malamnya bisa langsung ke Osaka/Kyoto. Jadi paginya bisa langsung jalan keliling Osaka/Kyoto.

Dari Nagoya baiknya naik Shinkansen Nozomi aja ke Kyoto atau Shin Osaka. Harganya 3210 JPY, sama aja dgn harga tiket bus. Dan jadwal shinkansen Nagoya-Kyoto/Osaka sangat banyak ga perlu nunggu lama. Kereta lokal harganya juga ga murah, 2000-2600JPY untuk perjalanan lebih lama sekitar 2 jam lebih.

Untuk area Nara, Kyoto, Osaka dan Kobe bisa stay di Osaka saja atau di Kyoto saja, keliling tempat tersebut bisa naik kereta lokal, budget sekitar 500-600 JPY 1 kali jalan.
H1 - Nagoya
H2 - Kyoto
H3 - Kyoto
H4 - Osaka
H5 - Osaka
H6 - Nara
H7 - Kobe
H8 - Kyoto - Nagoya - Pulang

delly said...

Makasih banyak infonya mas, kebetulan saya cek di willer, ada promo flat price 1500 jpy utk tujuan nagoya osaka atau sebaliknya. Kalo shinkansen dari osaka ke kyoto adakah mas?brapa tarifnya?

Takbir said...

Shinkansen Osaka-Kyoto ada hampir setiap 10 menit, mungkin sekitar 1500 yen, waktu tempuh 15 menit. Tapi lebih baik naik lokal yg rapid aja, cuma 30 menit bayar 500-600 yen. Kereta mulai beroperasi dari jam 5 pagi hingga 12 malam.

Anonymous said...

Malam, saya ingin melakukan perjalanan untuk anak2. Kalau perjalanan 5 hari dengan tujuan disneysea, sanrio theme park, usj, dan shirakawa go apakah memungkinkan? Bagaimana sebaiknya pengaturan jalan2nya? Atau ada alternatif lainnya untuk perjalanan 5 hari? Yang menyenangkan untuk anak2 (jadi tidak hanya sekedar pemandangan saja). Terima kasih.

Takbir said...

Kalau yang cocok untuk anak-anak di sekitar Tokyo ada Disney, Sanrio, Doraemon Museum, ada Gundam Raksasa di Odaiba. Kalau Universal Studio Japan ada di Osaka, bisa saja dengan naik Shinkansen ke Osaka biar hemat waktu. Semua tempat itu belum saya kunjungi, kecuali Odaiba, karena memang tidak tertarik :)

Shirakawa-go mesti nyambung transportasi buat ke sana, kalau bawa anak2 sepertinya kurang leluasa, dan tidak begitu menarik buat anak kecil. Mungkin bisa coba ke Hakone, bisa naik kereta gantung dan kapal di danau sambil melihat gunung fuji di kejauhan.

Anonymous said...

Saya baca di komen di atas dalam sehari bisa ke museum doraemon dan sanrio. Jadi misalkan saya alokasikan hari pertama ke disneysea, hari kedua museum doraemon dan sanrio, hari ketiga ke osaka (bingung ada apa aja di osaka), hari ke 4 ke usj, apakah memungkinkan?

Takbir said...

Museum Doraemon dan Sanrio bisa sehari asalkan berangkatnya pagi. Kedua lokasi lumayan berjauhan.

Di Osaka ada Kaiyukan, Aquarium raksasa, saya kira menarik untuk anak2. Tiketnya 2300 JPY. Mungkin ada diskon untuk anak-anak. Lokasinya tidak jauh dari USJ. Bisa naik perahu kapal shuttle dari belakang Kaiyukan ke USJ.

Unknown said...

Halo mas Ahmad, mau tanya kalo naik willer dari kyoto dimana ya? Soalnya saya mau booking online tp tidak ada nama stasiun bus yg ada kyoto nya. Tq

Takbir said...

@Ong Delly

Willer ada yang dari/ke Kyoto, naiknya di belakang Stasiun Kyoto

Unknown said...

Kalo di web nya hanya ada wbt umeda, momoyamadai dan kousoku nagaokakyo. Saya hrs pilih yg mana ya mas?

Takbir said...

Namanya Kyoto-station no.1
Coba cek link ini
http://willerexpress.com/st/3/en/pc/bus/uketsuke/kyoto/kyoto-1.php

Jalur lengkapnya dari Osaka-Tokyo, mampir di Kyoto:
WBT Umeda⇒Momoyamadai⇒Kousoku Nagaokakyo⇒Kyoto station No.1=>Kawasaki station ⇒Shinjuku (arrival) , dan sebaliknya

Unknown said...

Mas Ahmad, saya mau naik willernya dari kyoto ke nagoya. Di link nya hanya ada umeda---momoyamadai---kousoku nagaokakyo---nagoya. Lebih dekat dari mana ya mas?

Takbir said...

Berarti paling dekat di Kousoku Nagaokakyo. Dari stasiun Kyoto naik kereta sekitar 25 menit ke stasiun Nishiyama-Tennozan. Pemberhentian bus ada disebelah stasiun. Kalau dari petanya
http://willerexpress.com/st/3/en/pc/bus/uketsuke/detail.php?k=nagaokakyo_east&key=1

Unknown said...

Ok mas, terima kasih banyak atas infonya :)

Mami 3 anak said...

Salam kenal mas,
Saya akan ke tokyo tgl 19-29 desember ini, berlima pas liburan anak2 sekolah. Saya masih belum menyusun rencana perjalanan. Yang pasti sih mau ajak anak2 main ke disneyland, disneysea, dan hello kitty land. Maklum anak2 masih kecil-kecil umur 5, 8 dan 9. Rencana kami mau main ski di lokasi yg dekat tokyo yg perjalanan 1,5 jam. Itu pas di hari natal. Tadinya saya tidak kepikiran untuk membeli JR Pass secara udah booking hotel untuk nginep di Tokyo aja, karena kita balik lagi ke Jakarta juga dari Tokyo, tapi setelah google dan dienger cerita dari temen2 yang suah pernah ke Jepang sayang katanya sudah jauh2 ke Jepang cuma main di Tokyo.
Boleh minta masukan kira2 itenerarynya gimana ya, supaya jalan2-nya maksimal, dan fun juga untuk anak2. Saya tidak berencana untuk ke Mt.Fuji, secara dulu pas kecil pernah kesana ngak berkesan apa2. hahaha.
Hotel tempat saya menginap nanti di Shinagawa. Jadi kira2 enaknya rute jalan2nnya gimana, biar tidak buang2 waktu dan anak2 tidak terlalu cape.
Terimakasih sebelumnya

Takbir said...

Salam mbak,

Saya selalu kesulitan jika ingin menyesuaikan itinerary bagi yang membawa anak kecil. Karena tempat yang cocok buat anak kecil seperti disney land tidak pernah saya datangi. Selain Hello kitty, mungkin bisa juga diatur ke Museum Doraemon di Kawasaki. Mereka juga mungkin suka ke Odaiba yang ada patung Gundam raksasa yang bergerak setiap 30 menit atau sejam sekali.

Kota terdekat yang mungkin bisa didatangi ke Yokohama atau Nikko. Kalau mau ke Kyoto atau Osaka, saya hanya berpikir berat diongkos untuk 5 orang, kecuali jika dana tidak masalah buat anda dan keluarga. Di Kyoto banyak kuil-kuil di Osaka ada Universal Studio dan Aquarium raksasa kaiyukan.

Lokasi tempat menginapnya sudah bagus, Shinagawa itu hub buat ke mana-mana.

Untuk acara main ski yang tedekat mungkin bisa di Karuizawa, sekitar 1.5 jam shinkansen dari stasiun Shinagawa atau Tokyo. Tiket 5500 yen per orang sekali jalan. Biar puas main saljunya mungkin bisa menginap saja di sana semalam. Bisa lihat-lihat resort ski di snowjapan.com
untuk di karuizawa
http://www.snowjapan.com/japan-ski-resorts/nagano/karuizawa/karuizawa-prince-hotel

Akhir desember sepertinya sudah lumayan tebal saljunya.

D said...

Hallo, infonya sangat menarik... saya jadi tertarik untuk bertanya kalo bus dari osaka-tokya biayanya kira-kira berapa ya? terus pesen & bayar tiket busnya bisa langsung ditempat atau tidak? terima kasih sebelumnya :)

Takbir said...

@D
Osaka-Tokyo harga tiket mulai dari 5300 Yen untuk one way

Beli online di
https://willerexpress.com/en/#

Tidak bisa beli on the spot. Di tempat naik busnya, cuma ada petugas yang memeriksa print out tiket anda.

Luvira said...

Salam kenal Mas,
Kalau dari Tokyo ke Osaka, naik kereta apa saja yah opsi nya?
Berapa lama waktu dan biaya yang di perlukan?

Takbir said...

@ Luvira
Naik Kereta Shinkansen Nozomi, Harga tiket sekitar 14000 Yen, waktu tempuh sekitar 2 jam 20 menit

Anonymous said...

Tokyo ke nagasaki berapa jam ya? Kalo naik shinkansen. Tolong dibalas. Makasih

Takbir said...

Dari Tokyo naik Shinkanshen (Nozomi) hingga Hakata, 5 jam 9 menit. Dari Hakata naik kereta lokal (Kamome) hingga Nagasaki 1 jam 53 menit. Total Ongkos 24560 + 1890 = 26450 JPY

Unknown said...

Salam kenal mas,
Saya berencana pergi ke jepang maret 2015 sekitar 2 minggu rencananya minggu pertama saya tinggal di apartement teman d daerah tokyo baru minggu kedua sekitar 3 hari dihamamatsu di tempat saudara saya baru pulang lg ketokyo karna saya pulang dr haneda,nah kemana aja saya harus pergi saya rencana sendiri kesana dan apakah saya harus membeli jr pas?makasih

Takbir said...

Kalau cuma keliling sekitar Tokyo dan Hamamatsu, tidak perlu beli JR pass.

Di Tokyo lumayan banyak lokasi buat jalan-jalan. Silakan baca di blog ini. Lagipula nanti kamu ada teman kan di sana, jadi ada yang bisa jadi guide selama di Tokyo.

Unknown said...

Salam kenal mas. Sy berencana brngkt ke jepang pd akhir maret 2015 selama seminggu. Sy tiba di tokyo haneda pagi hariny. Adapun jadwal sy sbb:

Hari 1: Perjanlanan Tokyo menuju Osaka: Osaka Castle, Osaka Aquarium, Sumiyoshi Taisha Shrine (tentatif), Dotonbori
Hari 2 - 3: Perjalanan Osaka menuju Kyoto: Kiyomizudera + Higashiyama , Arashiyama + Bamboo Groove, Fushimi Inari, Gion, Kinkauji
Nara (tentatif): Todaiji Temple
Hari 4: Hakone
Hari 5 - 7: Tokyo: akihabara + maid cafe, shinjuku + kabukicho + robot restaurant, shibuya, hanami spot, ghibli museum, harajuku, asasuka

Pertnyaan sy sbb:
1. Untuk transportasi perjalanan diatas, apakah cukup dgn JR pass atau perlu membeli paket transportasi lain?
2. Pada hari kedua ketika sy brngkt dr osaka menuju kyoto, apakah smpat sy mampir ke nara selama stengah hari dan melanjutkan perjalanan ke osaka dan menikmati smua wisata di kyoto selama dua hari?
3. Berapa lama perjalanan dr kyoto ke hakone? Apakah mmungkinkan jika hari keempat sy menghabiskan stengah hari dulu di kyoto untuk melihat wisata diatas yg blm dikunjungi dan stengah hari berikutny sy menikmati hari di hakone?
4. Berapa hari yg dibutuhkan untuk melihat semua wisata tokyo diatas?

Ditunggu balasanny mas. Trmksih bnyk

Unknown said...

Ralat pertanyaan no. 2. Melanjutkan perjalanan ke kyoto maksudny.

Takbir said...

@Arya,

1. Sebagian besar sudah dicover JR pass. Terutama jalur antar kotanya. Tokyo-Osaka, Osaka-Nara, Osaka-Kyoto, Kyoto-Hakone. Tapi untuk dalam kota harus perhatikan jalur itu punya JR apa bukan. Contoh di Osaka, nanti mungkin akan lebih cepat pakai subway daripada JR. Juga di Hakone jaringan busnya bukan punya JR. Tapi untuk itinerary anda ini, beli JR pass sudah sangat cocok.

2.Mungkin dari Osaka pagi2 ke Nara dulu. Nara bisa setengah hari. Dari stasiun Nara ke Todaiji Temple lumayan jauh jalan kakinya, mungkin sekitar 30 menit. Dari Nara bisa langsung ke Kyoto. Dari soore sampai malam sepertinya bisa ke Kiyomizu Dera+Higashiyama+Gion, sisanya selesaikan besoknya. Saya yakin sempat kok.

3.Coba cek access to Hakone from Kyoto di alamat web ini:
http://www.japan-guide.com/e/e5206.html
Sepertinya sulit jika setengah hari di Kyoto baru ke Hakone. Karena Hakone keliling juga butuh waktu

4. Saya lihat itinerary kamu 3 hari di Tokyo. Semua yg kamu sebutkan itu bisa dalam 3 hari.

Unknown said...

Trmksih bnyk mas atas bantuanny. Btw, sy liat ad bnyk sekali pilihan transportasi dalam kota (kansai free pass dll). Sy agak bingung untuk mmilih krna blm tau kondisi yg bkal dihadapi. Untuk itinery diatas sebaikny sy ambil paket transportasi ap2 aj y mas di msing2 kota trsbut, agar perjalanan lancar dan smua obyek wisata diatas dpat dilihat. Trmksih.

Takbir said...

@Arya

Kalau sudah beli JR pass, selama masih valid, tidak usah beli Kansai Pass. JR Pass bisa dipakai diseluruh jaringan kereta dan bus JR

Silakan download
Kansai JR West map
http://bit.ly/1AVdwcx
Tokyo JR East
http://bit.ly/1DCYvNy

Anonymous said...

Salam kenal. Sy berencana brngkt ke jepang akhir bulan ini. Adapun jadwal sy sbb:

H1 : sampai di kansai airport osaka malam hari, menginap di hotel dekat airport
H2 : ke central osaka, plan : namba, shinsaibashi, dotonburi > menginap di osaka
H3-H4 : di kyoto, plan : kinkaku-ji, ginkaku-ji, kiyomizu-dera, fushimi inari, arashiyama bamboo groove, gion, nishiki market > menginap 2 malam
H5-H8 : di tokyo, plan : akihabara, mt. fuji via kawaguchiko, shibuya, shinjuku, ginza, asakusa, disneysea

Mohon informasi mengenai:
1. Dengan rute di atas, lebih efektif menggunakan train ato bus untuk perjalanan di kota? dan untuk antar kotanya lebih baik menggunakan transportasi apa yg murah?

2. Untuk tiket transportasinya bisa di beli di tempat atau harus beli online? dan kira2 berapa biayanya mas?

Ditunggu balasanny mas. Trmksih bnyk

Takbir said...

Untuk tarnsport dalam kota di Osaka dan Tokyo paling efektif naik JR atau Subway. Kalau di Kyoto, tempat seperti kinkaku-ji, ginkaku-ji, kiyomizu-dera, lebih efektif naik Bus. Beli pass 500 yen valid untuk 1 hari. Fushimi Inari dan Arashiyama jg dicakup rutenya oleh bus tapi makan waktu di jalan. Butuh sekitar 40-50 menit. Sedangkan dengan naik kereta JR cuma 6-10 menit.

Untuk transport antar kota. Dari Itin anda dari Kyoto ke Tokyo, paling murah naik bus Willer Express. Harus pesan online di sini https://willerexpress.com/en/

Harganya kisaran 5000-6000 yen. Tapi harus jauh-jauh hari karena sering full.

beautiful life said...

Mas..saya christ.rencana mau ke osaka. Dari kansai ke weekly uehonmachi hotel baiknya naik apa ya? Trus, dg waktu yang sangat terbatas (karena saya ke osaka dlm rangka calls for paper, jadi waktu free hanya 2 hari), sebaiknya bagaimana itinerary saya Ya?nuwun.

Takbir said...

@Christ,

Dari Kansai Airport bisa naik kereta

Nankai-Limited Express Rapit Beta turun di Nankai-Namba/Osaka-Namba Station

Pilihan1
pindah kereta Kintetsu-Nara Line dan turun di Stasiun Uehommachi. Hotel kamu dekat dari stasiun Uehommachi

Pilihan2
pindah kereta subway Osaka City Subway-Sen-Nichimae Line dan berhenti di stasiun Tanimachikyuchome. keluar di exit no.3 (sesuai petunjuk di alamat website hotel)

Ongkos dari Kansai Airport ke Hotel di Uehommachi kira-kira 1500 yen. Jauh lebih murah jika naik taksi tentunya.

Untuk 2 hari kamu bisa sehari di Osaka (kunjungi Osaka Castle, Kaiyukan, Universal Studio, etc) dan sehari di Kyoto. Yang menurut saya harus dikunjungi jika ke Kyoto itu Kinkaku-ji, Fushimi Inari dan Kyomizudera. Dan banyak tempat lainnya. Bisa kamu baca di blog ini.

Anonymous said...

salam kenal pak takbir,
perkenalkan sy Cecil, sy bersama 10 org teman sekampus bersama dua orang dosen di kampus sy jurusan teknik industri dari yogyakarta.. berencana mengunjungi Jepang dalam rangka untuk kunjungan Industri... kita berencana ingin mengunjungi kota Nagoya, yang katanya di sana ada pabrik Toyota yg dapat di kunjungi dan beberapa pabrik lainnya, dan berencana mengunjungi beberapa universitas dsana... Selain itu kita juga mau mengunjungi beberapa objek wisata... Kami berencana untuk stay dsna selama 7 hari.. Rencana tgl 14 bulan Agustus berangkat dari Yogyakarta ke Osaka.... Tetapi masih bingung sebaiknya apa langsung ambil pesawat dri Yogyakarta ke Nagoya, atau ke Osaka lalu melanjutkan perjalan di sana ke Nagoya. Sebelumnya, kami belum pernah mengunjungi Jepang,.. Mohon bantuan sarannya kira" itinerary yang baik nya untuk ke Nagoya dan klo ada saran pabrik dan universitas serta tempat wisata yg bisa di kunjungii, dan kira" recomended penginapan yang baik... terima kasih...

Takbir said...

@Cecil,

Mungkin bisa atur itinerarynya berangkatnya Yogyakarta-Kuala Lumpur-Nagoya (Air Asia)

Pulangnya baru lewat Osaka.

Kalau untuk penginapan bisa cari yang dekat dengan Stasiun JR Nagoya. Dari situ gampang ke mana-mana.

Untuk keliling kota Nagoya ada bus turis, Me-guru bayar bus pass 500 untuk 1 hari. Museum Toyota juga dilalui bus ini.

Untuk Industri di Nagoya selain Toyota, mungkin coba cari tau pabrik kereta Shinkansen. Saya selalu takjub dengan industri kereta api di jepang.

Untuk itinerary Jalan-jalan di Nagoya, bisa selesai dalam sehari. Silakan baca di blog ini
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/06/nagoya-kota-tempat-lahirnya-toyota.html

Bisa juga ke Shirakawa-Go perjalanan sekitar 2 jam dari Nagoya ke Takayama, dan dari Takayama sekitar 45 menit. Kalau berangkatnya pagi-pagi mungkin bisa pp
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/06/takayama-dan-shirakawa-go.html

Kalau kegiatan selesai di Nagoya bisa menuju ke Osaka atau Kyoto yang lebih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Dari Nagoya ke Kyoto sekitar 30 menit dengan Shinkansen

Anonymous said...

Wah... Trima kasih bnyak buat info dan saran nya, pak Takbir.. Artikelnya bagus, bermanfaat, dan cukup membantu menambah wawasan tentang Jepang.. Semoga dengan ini kami lebih mudah mengatur itinenary kami ke Jepang bln Agustus nanti, amin... Skali lagi trima kasi ya pak..

Anonymous said...

Halo pak Takbir, sy Cecil yg kmrin nanya.. Sy mau nanya lagi... Lokasi pabrik Shinkansen yg bisa di kunjungi dmn ya ?
Trus pabrik toyota apa beda lokasi ya ama museum toyota di nagoya ?
Trus apa bener ya pak klo kunjungan ke pabrik toyota gratiss ? Makasi ya pak...

Takbir said...

Pabrik Toyota ada di kota yang namanya Toyota juga. Sekitar 1 jam dari Nagoya. Bagaimana menuju ke sana saya tidak tahu karena belum pernah. Mungkin bisa ditanyakan saat berkunjung ke Museum Toyota.

Museum Automobile Toyota tidak jauh dari Stasiun Nagoya. Di lalui oleh bus turis Me-guru.

Biaya masuk museum 1000 yen, tapi kalau Pelajar mungkin bisa dapat potongan harga. Silakan cek di sini
http://www.toyota.co.jp/Museum/english/visit/admission/

Mengenai kunjungan ke pabrik Toyota gratis atau tidak saya kurang tahu. Sebaiknya juga persiapkan surat keterangan dari kampus yang menjelaskan kunjungan anda (dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang lebih bagus lagi).

Untuk pabrik Shinkansen lokasi tepatnya saya juga tidak tahu.

Unknown said...

Salam , saya lia
Tolong bantuan infonya,
Saya ada rencana ke jepang
Mendadak ada perubahan plan
Rute mana yang lebih hemat dan efektif antara : tokyo - fuji ( gotemba) - univesal studio - tokyo dengan tokyo - universal studio - fuji gotemba. - tokyo ? Apakah perlu memakai jr pAss? Mohon bantuan nasihatnya dan rute stasiun mana upyang harus diambil.
Thanks dan look forward to your reply

Takbir said...

@Mba Lia,

Rute yang disebutkan menurut saya sama saja.

JRpass 7 hari: 29000 Yen
Kalau naik ketengan, Shinkansen Tokyo-Osaka one way itu sekarang sekitar 14450 Yen. Jadi untuk pp sudah hampir 29000 yen. Jadi tidak rugi beli JR Pass.

Dari tokyo atau osaka menuju Gotemba naik shinkansen Kodama, yang berhenti di stasiun Mishima. Shinkansen Nozomi tidak berhenti di Mishima. Shinkansen Hikari beberapa ada yang berhenti. Tanya ke petugas penjaga gate masuk shinkansen supaya tidak salah naik kereta. Dari stasiun Mishima pindah kereta JR Tokaido Line menuju stasiun Numazu. Pindah lagi naik JR Gotemba Line hingga stasiun Gotemba. Semua jalur diatas sudah di cover oleh JR Pass.

JR sepertinya lebih menguntungkan karena bisa anda pakai keliling Osaka dan Tokyo juga.

Unknown said...

Salam mas Takbir,
Saya Reva, rencananya tggl 10 sd 17 maret nanti mau ke jepang dgn itinerary tiket sampai di narita tggl 11 jam 8 pagi dan balik dari narita juga jam 9 malam tgģ 17 nya, boleh minta sharing itinerary yg efektif nya mas? Rencananya begitu sampe narita kami lgs menuju kyoto nginep selama 3 hari...selama disana kami ingin mengunjungi osaka dan nara juga...setelah itu tggl 14 maretnya kami menuju ke tokyo dan menginap selama 3 hari juga. Kira2 tempat mana saja yg wajib kami kunjungi selama 3 hari menginap disana. Terima kasih banyak sebelumnya ya mas.

Salam ...Reva

Takbir said...

Salam Reva,

Kamu beli JR pass ya? Kalau iya, dari Narita sebaiknya langsung ke stasiun terdekat shin-Yokohama untuk naik Shinkansen ke Kyoto. Ada bus atau kereta dari Narita.

Mungkin itinerarinya 2 hari Kyoto: Kinkakuji, Fushimi-Inari, Arashiyama, Kyomizudera, Gion
1 hari di Osaka: 5 top spot Osaka, Kastil Osaka, Aquarium Raksasa Kaiyukan, Universal Studio Japan (perlu sehari sendiri kalau mau masuk wahananya karena tiket juga mahal), Gedung Umeda dan Menara Tsutenkaku (bagusnya malam).
1 Hari di Nara, keliling sekitar Todaiji temple kompleks.
Nanti nginapnya di Kyoto saja tidak perlu pindah-pindah ke Osaka dan Nara ganti penginapan. Kereta api beroperasi hingga pukul 12 malam.

Kalau Tokyo, 3 hari 2 malam sepertinya cukup. Spot yang bisa di kunjungi: Imperial Castle (Tokyo Station), Asakusa, Shibuya-Harajuku-Meiji Shrine, Ginza, Odaiba, Akihabara

Tanggal 10-17 maret saya belum yakin ada Sakura. Tapi bisa coba kunjungi Taman Ueno di sana banyak pohon Sakura

Unknown said...

Malam Mas Takbir, Sy sherly,rencana tgl 17 april kejepang,sampai bandara narita ke esokan tgl 18 jam 8 pagi , plg tgl 26 jam 11 siang,tlg bantu itinerarynya dr bandara,tempat wisata yg hrs sy kunjungi,jg hotel unk tinggal,transportasi,apa perlu JR pass..tlg bantuannya mas...sebelumnya trima kasih banyak.

Takbir said...

Hai Sherly,

Bulan april kemungkinan besar lihat bunga sakura bermekaran. Spot nya kalau di tokyo di taman Ueno dan taman Shinjuku. Serta taman-taman lain yang banyak di tiap kota.

Untuk hotel saya tidak bisa rekomendasi, silakan cari sendiri di booking.com atau agoda.com
Untuk tempat2 yang bagus juga itu bergantung dari minat masing2 jadi susah buat saya. Silakan tentukan sendiri tempat yang ingin kamu tuju, mungkin saya bisa bantu mengatur jadwalnya agar efektif dan maksimal memanfaatkan waktu selama di sana.

Unknown said...

Halo mas takbir,salam kenal saya irvan. Saya rencana tgl 21 april 2015 - 1 mei 2015 ke jepang. Tgl 21 april jam 11 pagi sampai di jepang dan tgl 1 mei jam 12 siang plg dari jepang. Pergi dan pulang melalui narita tokyo. Saya beli JR pass 7 hari. Saya ingin berkunjung ke tokyo,osaka,kyoto,hakone,nara,dan sekitarnya yang bagus apa ya ? Bagaimana itenary yg harus saya susun dan tmpt2 apa saja yang harus sy kunjungi biar maksimal di jepang. Mohon masukan nya mas.. terima kasih sebelumnya.

Unknown said...

Halo mas takbir,salam kenal saya irvan. Saya rencana tgl 21 april 2015 - 1 mei 2015 ke jepang. Tgl 21 april jam 11 pagi sampai di jepang dan tgl 1 mei jam 12 siang plg dari jepang. Pergi dan pulang melalui narita tokyo. Saya beli JR pass 7 hari. Saya ingin berkunjung ke tokyo,osaka,kyoto,hakone,nara,dan sekitarnya yang bagus apa ya ? Bagaimana itenary yg harus saya susun dan tmpt2 apa saja yang harus sy kunjungi biar maksimal di jepang. Mohon masukan nya mas.. terima kasih sebelumnya.

Takbir said...

Halo Irvan,

Saya hitung kamu punya 11 hari di Jepang.
Supaya Maksimal manfaatkan waktu dan JR Pass nya mungkin bisa atur itin berikut:

21-Apr: Tiba pukul 11 pagi, mungkin keluar bandara jam 13. Tukar voucher JR pass di Bandara. Kemudian langsung ke Stasiun Shin Yokohama, naik Shinkansen ke Hiroshima. Yokohama-Hiroshima itu 4 jam dgn shinkansen. Nginap di Hiroshima. Tempat saya dulu nginap di K'House Backpacker (2700 yen). Minta peta kota di hostel ini.
22-Apr: jam 8 pagi ke Miyajima Island (JR pass berlaku untuk kereta dan Ferry). Mungkin selesai jam 12 siang. Dekat pelabuhan Ferry ada stasiun Tram yang (JR pass tdk berlaku) menuju ke arah stasiun Hiroshima, turun di stasiun Genbaku Dome. Tepat depan monumen bom Atom Hiroshima. Bisa keliling di situ sampai sore. Kemudian kembali ke hostel, ambil barang dan naik shinkansen ke Kyoto/Osaka (sekitar 2 jam naik shinkansen dari Hiroshima). tergantung mau nginap di mana.
23-25 Apr: Keliling Kyoto (Kinkakuji, Arashiyama, Kyomizudera, Fushimi Inari, Sanjusangendo, Higashiyama, Gion)
26 Apr: Keliling Osaka (Universal Studio, Aquarium Kaiyukan, Osaka Castle)
27 Apr: Keliling Nara (Todaiji temple kompleks). Sorenya bisa langsung ke Tokyo. Tggl 27 terakhir valid JR passnya.
28 Apr: Keliling Tokyo (Imperial Palace, Shibuya, Akihabara, Harajuku, Meiji Shrine, Ginza, )
29 Apr: Hakone
30 Apr: Keliling Tokyo (Asakusa, Odaiba, etc)
31 Apr: Bisa jalan2 ke Yokohama (Kamakura) atau ke Nikko. Tapi kalau sudah keliling Kyoto nanti jadi bakal bosan lihat kuil melulu
1 Mei : Pulang

metta said...

Halo Mas Takbir,

saya plan mau foto mas 2 hari di Tokyo dan Osaka di tempat2 sbb:

fushimi inari, nanzenji temple,kinkakuji, shimogamo dan gion, philosopher path, nara, Osaka Castle,shinsekai, namba.

Bisa tolong di banyu susun itinerary nya mas biar efektif dalam 2 hari ke cover smua berikut dengan transport nya?

apa perlu saya membeli JR PASS mas?

Terimakasih



metta said...

oya mas saya menginap di Hotel Dormy Inn KYOTOEKIMAE

Ninin said...

Salam kenal, Mas Takbir,
Terima kasih untuk blog dan sharing info Japan-nya.
Saya dengan keluarga (saya suami dan 2 anak 7 & 10 tahun) berencana ke Jepang, 13-24 Mei ini dengan rute Jakarta-Tokyo-Jakarta.
Rencananya kami akan membeli JR Pass yang 7 hari, karena pengen ke Osaka/Tokyo/Nara dan memanfaatkan sebanyak mungkin rute2 JR. Ogah rugi. hehe...
Di Tokyo, kami rencananya mau ke Disneyland dan Alpen Route, selanjutnya ke Osaka/Kyoto/Nara dan menginap 2 malam. Kemudian kembali ke Tokyo. Mungkin Mas Takbir ada ide:
1. Sebaiknya bagaimana ya itinerary yang paling efektif dan efisien?
2. Kapan sebaiknya kami mulai mengaktifkan JR Pass?
3. Sebaiknya menginap di Osaka atau Tokyo?
4. Apakah ke ALpen Route bisa menggunakan JR Pass? Ke Disneyland?
5. Lokasi2 mana lagi yang sebaiknya kami kunjungi di Tokyo dengan menggunakan JR Pass?

Terima kasih banyak sebelumnya atas jawabannya!

metta said...

Halo mas Takbir,

saya ada beberapa pertanyaan lagi:

1. Dari Kansai airport ke Hotel Dormy Inn Kyoto Ekimae bagaimana rute nya dan sebaiknya naik apa?

2. Karna flight pulang saya jam 10 pgi dr Kansai, Baiknya menginap di Osaka atau daerah sekitar airport?

3.Kalau dari Osaka kira2 ke Kansai airport berapa lama dan keburu ga ya untuk catch early flight?






Takbir said...

Halo Metta,

Dari Kansai airport ke Kyoto ada kereta langsung yaitu Haruka, waktu tempuh sekitar 1 setengah jam, ongkosnya sekitar 3700 yen. Kalau mau lebih murah naik JR tapi ganti-ganti kereta. Kansai Airport - Kansaikukoline (Stasiun Hineno) - Hanwa line (Stasiun Tennoji) - Osaka Loop line (stasiun Osaka) - Tokaido Sanyo Line ke Stasiun Osaka. Hotel kamu sepertinya depan stasiun Osaka.

Keliling Kyoto sesuai tempat yang kamu sebutkan. Pagi2 mulai dari Fushimi Inari dulu. Karena pagi masih tidak ramai. Deretan tori di sana itu jalannnya sempit, jadi kalau kamu mau foto2 sebaiknya pagi memang ketika masih kurang orang. Dari Stasiun Osaka kamu naik kereta lokal JR Nara line di track 8 atau 9 atau 10. Cuma 6 menit naik kereta. Dari situ kamu balik lagi ke stasiun Kyoto. Selanjutnya ke Kinkaku ji naik bus. Terminal bus depan stasiun. Beli 1 day pass aja sama supirnya. 500 yen. Dari Kinkaku ji, ke Shimogamo, terus ke Nanzenji. Philosopher path itu hanya jalan biasa sepanjang kali kecil dari Ginkaku ji ke arah bawah ke Nanzenji temple. Dan agak jauh dari jalur utama bus. Kalau kamu punya banyak waktu bisa kamu coba, tapi kalau waktu mepet sebaiknya skip saja. Selanjutnya ke Gion sore harinya. Jadwal kamu ini menurut saya sudah padat, kemungkinan selesai sampai malam.

Paginya baru ke Osaka. Dari Stasiun Osaka, naik JR Osaka Loop line ke Stasiun Osakajokoen, kemudian jalan kaki ke Osaka Castle. Daris situ baru silakan pilih mau ke Shinsekai atau Namba dulu. Saya kira jadwal anda di Osaka lebih lega ga perlu terburu2.

Untuk Osaka dan Kyoto saja, tidak perlu beli JR Pass. Untuk tujuan kamu, saya perkirakan maksimal cuma perlu 8-10ribu yen saja untuk ongkos selama di sana.

Kamu juga bisa tetap menginap di Hotel Dormy Inn KyotoEkiMae itu, dari stasiun Kyoto ada yang langsung ke Kansai airport, yaitu Haruka. berangkat pagi mulai dari jam 5:45, 6:20, 7:15 dengan waktu tempuh 1 setengah jam.

Atau kalau menginap di Osaka juga paling sekitar 1 jam sampai ke Bandara. Kereta api di sana mulai beroperasi sekitar jam 5 pagi.

Takbir said...

Salam Mba Ninin,

13-24 Mei berarti punya sekitar 10 hari di Jepang.

3 Hari pertama mungkin bisa selesaikan semua destinasi yang ingin anda kunjungi di Tokyo. Disneyland mungkin perlu dialokasikan 1 hari sendiri, karena rugi kalau cuma datang tidak cobain wahana yang ada sebanyak mungkin. Dari Tokyo stasiun naik kereta Keiyo line cuma 220 Yen ke Maihama Stasiun depan Tokyo Disney land.

JR pass mungkin di aktifkan mulai tanggal 17-18. atau di hari anda merencanakan ke Alpen Route. Jalur Tokyo ke Alpen Route di cover seluruhnya oleh JR pass. Untuk menuju ke sana bisa via Toyama atau via Shinano-Omachi. Jalur dari Toyama-Shinano Omachi atau sebaliknya ini yang melalui Alpen Route. Untuk lebih detail baca di sini: http://www.japan-guide.com/e/e7551.html

1 Hari ke Alpen Route, kemudian esoknya menuju Kyoto atau Osaka. Nginap di salah satu kota ini. Bisa alokasikan 2 hari di Kyoto, 1 hari di Osaka, dan 1 hari di Nara. Mungkin sempat juga 1 hari di Hiroshima. Naik shinkansen Osaka-Hiroshima sekitar 2 jam. Jalur antar kota tersebut di cover JR pass.

Perlu lebih teliti hitung dan perhatikan masa valid JR pass. Agar mencakup semua kota tujuan yang jauh hingga kembali ke Tokyo.

Anonymous said...

Hi mas Takbir, salam kenal..nama saya Fio, saya ada beberapa pertanyaan,
1. Untuk penukaran JR Pass, apakah ada di bandara Narita? Dimana saya bisa mendapatkan peta petunjuknya.
2. boleh minta saran itinerary nya, saya rencana 7 hari di Jepang PP Narita, dan sudah book hari kedua nginep di Osaka, dan rencana 3 hari dihabiskan di Osaka Kyoto nara, lalu 3 hari lagi kembali ke Tokyo, yg saya bingung karena sampai di narita sore jam 5 sore, apa lebih baik menginap di Tokyo dulu atau langsung Osaka ya? Dan kira2 rute tempat wisata yg cocok bagaimana..mohon dibantu.

metta said...

Halo Mas Takbir,

Terima kasih atas bantuan nya.

nanya lagi ya mas :)

Osaka castle kebetulan tutup pda hari ke 2 foto. jd plan hari pertama sbb:
Fushimi Inari lalu ke Osaka. Hari ke 2 baru di sekitar Kyoto.

Pertanyaan, kalau misal hari pertama saya ingin ke Nara juga apa memungkinkan? sebaiknya sebelum/ sesudah fushimi inari?

Lalu, Setelah foto saya ada 2 hari free di Osaka sebelum ke kansai (nginap di hearton shinsaibashi), kalau ingin ke kobe gimana mas? dan apa ada tmpt rekomendasi lainnya?

Saya ada baca Kansai Thru pass mengcover Haruka & all kyoto osaka areas. Apa lebih baik membeli ini mas?
aPA Kansai Thru pass mengcover JR NARA/ JR OSAKA LOOP juga?


Terima kasih sebelumnya ya mas :)

Anonymous said...

Selamat sore Kak Ahmad,

Saya Thalia.

Rencana saya ke Jepang 13-24 April 2015 ini. Saya hanya akan mengunjungi Kyoto-Osaka-Tokyo. Nah, saya sampai di Haneda jam 07.10 am, saya ingin langsung ke Kyoto, saya masih ragu apakah perlu membeli JR Pass karena saya masih kurang paham rute yang dicover oleh kartu ini di mana Kyoto dan Osaka tarif bus pass nya cukup terjangkau takut mubadzir.

Yang jadi masalah, kalau saya naik bus williexpress, keberangkatan yang mungkin saya kejar 10.30 am, namun saya tidak paham rute Haneda ke Shinjuku station, apakah bisa dibantu mas?

Lalu kemungkinan sampai pukul 18.30an dan waktu check in saya maksimal 21.30, aoakah jadwal bus tersebut biasanya on time ya kak? saya takut akan ngaret. Saya menginap di tour club hostel di jalan 362 Momijicho, Higashinakasuji, Shomensagaru, Shimogyo-ku, Kyoto, Japan, apakah dekat dengan Station Kyoto?


Terima kasih sebelumnya.

Takbir said...

@Fio, salam kenal juga

Penukaran JR Pass bisa di Narita di kantor JR yang ada dipintu masuk stasiun kereta di bandara. Terminal kedatangan ada di lantai 1,
sedangkan stasiun kereta ada di basement. Begitu keluar dari tempat ambil bagasi, silakan cari meja informasi untuk tanya kalau kuatir tersesat.
Tapi papan petunjuk menuju stasiun itu jelas kok.

Tiba jam 5 sore ya. kalau penginapannya bisa confirm di Osaka, dan mereka bisa terima check in jam 9-10 malam, mungkin sebaiknya langsung ke Osaka saja.
Dari Narita, kamu bisa naik Narita Express (JR Pass valid) ke stasiun Tokyo atau Shinagawa (sekitar 1 jam). Kemudian naik shinkansen ke Osaka (sekitar 2 jam).


Untuk itineray. Kamu bisa nginap saja di Osaka, dan mengunjungi Kyoto dan Nara dari sana. Kyoto menurut saya perlu 2 hari dan Osaka cukup sehari dan Nara sehari.
Nanti balik ke Tokyo cukup 2 hari full bisa kunjungi tempat-tempat utama di sana.
Osaka: Osaka castle, Kaiyukan, Universal studio, Umeda building, Namba, Shinsekai
Kyoto: Kinkaku Ji, Kiyomizudera, Arashiyama, Nanzenji temple, Sanjusangendo, banyak lagi, silakan baca di blog ini.
Nara: keliling komplek Todaiji Temple
Tokyo: Harajuku, Meiji shrine, Shibuya, Ginza, Akihabara, Odaiba, Asakusa, Imperial Palace, Sky Tree.


-------------------------------------


@Metta,

Kalau begitu hari pertama pagi jam 7-8 ke Fushimi Inari sebelum terlalu ramai pengunjung. Setelah itu ke Osaka castle. Jika misalnya bisa selesai di Osaka castle jam 12
mungkin bisa ke Nara. Osaka-Nara sekitar 45 menit. Naik JR pilih yang rapid, kalau yang lokal bisa lebih lama karena berhenti disetiap stasiun. Tapi paling juga cuma lebih lambat 15 menit. Dari Nara bisa langsung balik ke Kyoto.

Kalau ke Kobe bisa ikuti itinerary saya di sini:
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-himeji-dan-kobe.html

Kansai Thru pass itu punya swasta. Tidak valid untuk JR line (termasuk JR nara dan Osaka Loop line)

Yang cover semua jalur mba metta (Kansai Airport, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe, Himeji) itu namanya JR west Kansai Pass. Silakan baca di link berikut. Kalau dihitung-hitung
memang sebaiknya beli yang ini.
https://www.westjr.co.jp/global/en/travel-information/pass/kansai/

Download peta JR kansai area ke smartphone/tablet biar lebih nyaman
https://www.westjr.co.jp/global/en/travel-information/routemap/pdf/map_kansai.pdf

-------------------------------------

@Thalia,


JR Pass paling murah (valid 7 hari) itu 29110 Yen.
Harga tiket Willerexpress Tokyo-Kyoto paling murah bisa dapat 5000-6000 yen. Jadi total sekitar 12000 yen.
Di kyoto 500 yen perhari untuk 1 day pass bus dalam kota.
Kyoto Osaka cuma 500-600 yen sekali jalan. Kalau memang cuma Osaka-Kyoto-Tokyo, tanpa beli JR pass bisa lebih hemat.


Dari Haneda, naik Tokyo Monorail (490 yen) hingga ke stasiun Hamamatsucho. Kemudian ganti kereta naik JR Yamanote Line ke Shinjuku (200 yen).
Total perkiraan waktu dari Haneda ke Shinjuku paling cepat 50 menit.

Bus willerexpress itu on time. Setelah kamu beli tiket nanti dikasih petunjuk peta dimana naik bisnya. Naik bisnya bukan di terminal gitu, cuma ditepi jalan ada sign nya
nanti ada petugas (pake blero pink) yang cek bukti pembelian tiket kamu. Nanti biasanya 15 menit sebelum keberangkatan baru pada muncul calon penumpang yang lain, jadi jangan kaget ga lihat calon penumpang yang lain jika kamu datang lebih awal.

Alamat ini 362 Momijicho, Higashinakasuji, Shomensagaru, Shimogyo-ku, Kyoto, Japan, kalau dari peta mungkin sekitar 20 menit jalan kaki dari stasiun Kyoto.
Willer express nanti drop kamu di stasiun Kyoto, tapi di pintu belakang. Kamu masuk stasiun aja dan tembus ke pintu depan. Depan stasiun kyoto itu ada Kyoto tower.

Kamu bisa copy alamat di atas dan paste ke google kemudian klik maps, nanti ditunjukkan alamat itu ke Tour club hostel dan peta nya dari stasiun kyoto bisa kamu capture dan print.

Anonymous said...

Hi Mas Takbir, Saya Fio..thanks for your respond :).. saya blh tanya lagi ya hehe..

1. mau confirm aja, kalau sudah ada JR Pass, apakah kita sepenuhnya bebas untuk menggunakan train,bus dll yg ada tulisan JR nya? baik itu di tokyo, osaka ataupun kyoto atau ada batasannya?
2. Saya ingin mengunjungi GIFU..dr yg saya cek di hyperdia, rutenya adalah dari shin osaka menggunakan shinkansen hikari menuju nagoya, lalu pindah menggunakan JR Tokaido line new rapid train menuju Gifu, apa kah kereta yg kedua juga dicover JR Pass.
3. Menurut mas Takbir, lebih bagus Gifu atau Shirakawa go Takayama?

Makasih ya mas.. :))

Takbir said...

@Fio,

Dengan JR pass bebas naik transportasi milik JR. Batasannya silakan baca di sini:
http://www.japanrailpass.net/en/about_jrp.html

Perlu diingat aja, Bus dalam kota biasanya dimiliki oleh pemda setempat jadi tidak berlaku JR Pass.

JR Tokaido line new rapid dari Nagoya ke Gifu di cover oleh JR Pass

Saya belum pernah ke Gifu jadi tidak bisa bandingin dengan Shirakawa Go. Shirakawa unik karena lokasi dan bangunannya.

astri said...

Halo mas Takbir,
salam kenal..

Kalau boleh meminta pendapat, toko kopi mana yang paling otentik di Tokyo dan wajib dikunjungi ketika kita hanya memiliki waktu yang terbatas di sana? Mungkin budaya kopi sendiri memang bukan otentik berkembang di Jepang, tetapi saya hanya penasaran saja. Terima kasih atas masukannya.

Have a nice day! :J

Fandy said...

Salam Mas Takbir,

saya berencana mengunjungi Jepang Juni ini (tiba di Haneda tgl 22 jam 9 pagi, dan kembali ke Jakarta dari Haneda tgl 4 juli jam 11.45 pagi, jadi efektif sekitar 12 hari), bersama istri dan 2 anak (8 dan 10 tahun). Saya berencana mengunjungi Osaka, Kyoto, Nara dan Hiroshima (juga Miyajima Island, menarik nggak ya?), termasuk Disneyland, Universal Studio, Hello Kitty, Doraemon. Bisa minta bantuannya untuk susunan itinery yang pas? Saya berencana membeli JR Pass, karena anak saya penasaran dengan shinkansen.

Terima kasih banyak atas pencerahannya.

Fandy

Takbir said...

@Astri,

Di Jepang Kopi sepertinya termasuk barang baru yang masuk dibandingkan teh yang sudah mengakar di kebudayaan Jepang. Saya juga kurang tahu tentang kopi otentik mereka. Warung kopi yang populer ya Starbucks dan beberapa jaringan franchise lokal yang sajiannya juga tidak jauh beda dengan starbucks.
Kebiasaan mereka minum kopi atau teh itu tanpa gula. Saya pernah bikin kopi di kantor terus pake gula 3 sachet dibilangin teman lokal, kamu mau bikin jus ya?
Di toko dan vending machine juga saya belum pernah temuin kopi dan teh yang manis, kecuali yang sudah dicampur dengan susu.

@Fandy,

Kalau jadi beli JR Pass, mungkin begitu tiba di Haneda, bisa langsung meluncur ke Osaka. Cari hotel di Osaka saja. Dari situ bisa ke Kota yang lain yang dekat seperti Kyoto dan Nara. Mungkin bisa juga ke Himeji. Kastil terbesar di Jepang ada di sana Himeji Castle, dan menurut jadwal, pemugarannya selesai bulan mei 2015.
Dari Osaka, 2 jam naik shinkansen ke Hiroshima. Baiknya langsung ke Miyajima Island. Di Hiroshima stasiun, begitu keluar platform shinkansen terus pindah ke track#1 untuk menuju stasiun Miyajima, kemudian nyebrang ferry. Pulangnya jangan naik JR lagi tapi naik Tram. Di depan pelabuhan menuju Miyajima Island itu ada stasiunnya. Tram tidak termasuk dalam JR Pass, bayarnya mungkin sekitar 250 Yen per orang. Naik tram berhenti di monumen Bom Atom. Jalan2 keliling di situ. Ada museumnya cuma 50 Yen.

Kembali ke Stasiun Hiroshima juga naik tram itu, tinggal 4-5 stasiun lagi dari monumen bom atom.

Pastikan hari ke-7 sudah kembali ke Tokyo, jadi masih bisa pakai JR pass nya naik shinkansen ke Tokyo. Sisa 4-5 hari sudah cukup lega untuk menyelesaikan itinerary anda di Tokyo sebelum pulang.

Fandy said...

Thanks Mas Takbir atas infonya.
Fandy

Anonymous said...

Malam mas, saya budi ingin menanyakan bagaimana cara yg efisien jika dari Odaiba ingin ke daerah shinjuku, Harajuku, ginza dan Shibuya dan menggunakan kereta apa saja mengingat banyaknya kereta api di Jepang terima kasih

Takbir said...

Dari Odaiba naik Yurikamome line ke Shimbashi, kemudian naik JR Yamanote Line ke Shinjuku. Shibuya dan Harajuku juga dilalui oleh Yamanote Line. Kalau ke Ginza dari Shibuya lebih baik naik Subway Tokyo-Metro Ginza Line.

Download peta JR area Tokyo dan sekitarnya di sini
https://www.jreast.co.jp/e/info/map_a4ol.pdf

Anonymous said...

Terima kasih mas takbir

Fandy said...

Mas Takbir,

tanya lagi ya. Kalau dari Haneda Tokyo naik shinkansen ke Osaka, apakah diperbolehkan membawa koper-koper ke dalam shinkansen?

Dari airport Haneda, apakah ada rute langsung shinkansen ke Osaka?

Thanks atas infonya.

Fandy

Takbir said...

Pak Fandy,

Dari Haneda harus pindah dulu ke stasiun terdekat yang dilalui Shinkansen. Bisa ke stasiun Shin-Yokohama atau Shinagawa di Tokyo.

Dari Haneda sebaiknya naik bus (840 Yen) menuju stasiun JR Shin-Yokohama, untuk kemudian naik Shinkansen menuju Osaka. Loket tiket busnya begitu keluar dari tempat pengambilan bagasi. Tukar Voucher JR pass anda bisa di Haneda atau di Stasiun JR Shin-Yokohama.

Tentu saja koper bisa dibawa masuk ke Shinkansen. Tempat duduknya lega kok.

Unknown said...

Salam kenal Mas Takbir,

Saya akan ke Jepang 19-28 Sept(8 malam) ini, rute nya sampai di Osaka dan pulang melalui Tokyo.

Rencananya di Osaka saya mau ke Nara,Kobe dan Kyoto. Kira2 susunan yang searah gimana ya mas kalo mau ketiga kota tsb?biar ga bolak balik. hehehe.

Says prefer enginap tetap di Osaka atau alternatif lain menginap di Kyoto naik willer bus langsung ke Tokyo

Rencana di Osaka dan sekitarnya 3 malam.

Terima kasih mas sebelumnya..

Lorent

Takbir said...

@Lorent,

Untuk kunjungan Osaka, Kobe, Kyoto dan Nara, sebaiknya menginapnya di Osaka saja. Osaka berada di tengah-tengah. Selain itu di Osaka Akomodasi juga lebih banyak dan sedikit lebih murah.

Mungkin butuh setidaknya 1 hari untuk explore Osaka, 1 hari untuk Kobe, 1 hari untuk Nara dan 2 hari untuk Kyoto. Dari Osaka juga bisa naik Willer express ke Tokyo

YOS said...

Selamat Malam Mas Takbir,
kami sekeluarga (Istri&2anak) berencana ke Tokyo-Osaka-Jakarta, sy dengar jika rute seperti itu tdk perlu membeli JR train dr jakarta, krn akan lebih mahal, disarankan utk beli tiket shinkanse dt tokyo ke Osaka sekali jln saja jd lebih murah dan selama di tokyo dan Osaka bisa membeli tiket yg dlm kota saja, apa betul lbh hemat? Utk beli tiket dlm kota yg bagus apa ya ? Trm ksh

Takbir said...

Salam Pak Yos,

Dengan tiba di Tokyo dan pulang lewat Osaka, memang sebaiknya beli tiket shinkansen sekali jalan saja, lebih hemat.

Untuk keliling Tokyo bisa beli 1 day pass, 750 yen.
http://www.jreast.co.jp/e/pass/tokunai_pass.html

Keliling dalam kota, beli tiket sekali jalan juga ga terlalu mahal. Sebaiknya beli kartu suica, selain untuk naik kereta dan bis, juga untuk belanja di 7eleven, family mart, etc. Biar ga repot dengan uang recehan.

my kitchen said...

Halo pak Takbir..salam kenal...bulan MAret tahun depan sy mau berencana ke jepang selama 6 hari dengan keluarga. saya dtg dan pulang lewat KIX. berencana menginap di apartemen di osaka. apakah ada rekomendasi apartemen di dekat KIX yang murah tapi nyaman? hari 1-3 kami berencana menghabiskan waktu di osaka, kyoto, kobe. hari ke 4 dan 5 (jika memungkinkan) ingin ke kawaguciko. unt perjalanan dari osaka-kawaguciko sebaiknya naik apa ya pak?dan sebaiknya kami bermalam di kota mana? hari ke 5 kami berencana pulang ke osaka karena hari ke 6 pulang ke indonesia lewat osaka.Terima kasih

Agus Lisna said...

asslm, Pak Takbir. Salam Kenal, saya Lisna.. :)
Pak Takbir, saya mohon pencerahan untuk perjalanan saya dan kawan2 yang rencananya bulan Maret tahun depan (InshaaAllah) . Kebetulan sudah beli tiket Jakarta-Haneda PP.
Kami 7 hari di Jepang, dan daerah yang ingin kami kunjungi adalah Kyoto, Nara, dan sisanya di Tokyo karena kembali ke Jakarta melalui HND.
Sekiranya saya mohon bantuan dan kesediaan bapak untuk memberikan gambaran ke mana saja dan moda transportasi apasaja yang memungkinkan kami untuk datang ke daerah-daerah bagus di sana tanpa kekurangan waktu.
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih untuk pencerahan dari Pak Takbir :)

Unknown said...

Selamat malam pak Ahmad Takbir, bulan november nanti saya mau ke Jpg selama 6 hari, saya landing di bandara Narita, kira2 ke Ginza Tokyo saya sebaiknya naik transportasi apa? Saya di Tokyo 3 hari , saya juga mau ke gunung Fuji tetapi tidak tahu sebaiknya menginap di Tokyo apa di sekitar gunung Fuji? , transportasi apa yg harus saya gunakan selama di Tokyo? dari Tokyo hari ke 4 saya akan pergi ke Osaka dan Hiroshima, sebaiknya saya menggunakan transportasi apa?(saya ingin mencoba sinkansen) Apakah saya perlu membeli jr pass juga? Saya balik melalui Osaka ke Narita hari ke 6 bisa di buatkan itenarynya , trima kasih , wassalam

Takbir said...

Salam Pak,

Hanya masukan saja, jalan2 ke Jepang cuma 6 hari sepertinya rugi menurut saya. Bukan hanya kurang bisa menikmati banyak tempat, tapi juga secara biaya. Saran juga, kalau tiba di KIX sebaiknya pulangnya atur lewat Haneda atau Narita Tokyo jadi ga bolak balik.

Untuk akomodasi di Osaka sebaiknya cari di tengah kota Osaka saja yang dekat dengan jalur kereta JR Osaka Loop-line. Supaya gampang ke mana-mana termasuk ke Airportnya. Silakan search di booking.com atau agoda untuk akomodasinya. Dulu saya nginap di Hostel yg sepertinya kurang cocok untuk keluarga.

Untuk ke Kawaguchiko, mengingat waktu anda yang mepet, paling bagus naik Shinkansen. Karena dengan bus dari Osaka butuh 8-10 jam. Dengan Shinkansen juga tidak ada yang langsung, dari Osaka naik Shinaknsen ke stasiun Shin-Yokohama (2 jam), pindah naik kereta lokal JR Yokohama line hingga ke stasiun terakhir Hachioji. Pindah lagi naik JR Chuo Line sampai ke stasiun terakhir Otsuki. Pindah lagi naik kereta Fujikyu line hingga Kawaguchiko. Untuk akomodasi di kawaguchiko bisa cek di K house backpacker https://kshouse.jp/fuji-e/index.html

@ Agus Lisna,
Salam kenal juga. Untuk waktu 7 hari bisa diatur mungkin 2 hari kyoto, 1 hari osaka, 1 hari Nara, 1 hari Hiroshima, dan 2 hari Tokyo. Untuk itu sebaiknya beli JR pass yg 7 hari. Untuk objek wisata atau tempat yang ingin dikunjungi di tiap kota silakan bikin listnya dulu. Bisa baca dari blog ini nanti saya bantu susun itinerary nya.

Takbir said...

@Ria,

Ini maksudnya dari Bandara Narita ke Ginza ya? Kalau iya, ada 2 pilihan: naik Narita Ekspress ke Stasiun Tokyo, kemudian pindah naik subway Tokyo-Metro Marunouchi line langsung ke Ginza (total ongkos sekitar 3000 yen, waktu tempuh 1 jam). Atau naik kereta lokal Keisei Line Limited express hingga ke stasiun Ueno, kemudian pindah subway Tokyo-Metro Ginza line langsung ke Ginza (total ongkos 1200 yen, waktu tempuh 1 setengah jam). Keliling Tokyo bisa naik kereta JR atau subway (Metro). Sebaiknya beli kartu Suica biar ga repot beli tiketnya.

Bulan november ke Fuji paling bisa cuma ke Kawaguchi 5th stasion. Kalau cuma ingin melihat gunung Fuji bisa ke Kawaguchiko atau Hakone. Bisa dilakukan sehari tanpa harus menginap. Silakan baca postingan saya untuk Hakone
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/02/melihat-gunung-fuji-dari-hakone.html
Kawaguchiko
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/10/danau-kawaguchiko.html

Kalau memang ada rencana ke Hiroshima dan Osaka, kemudian kembali lagi ke Tokyo untuk pulangnya, sebaiknya memang beli JR pass. Karena harga tiket shinkansen dari Tokyo ke Hiroshima untuk 1 way saja sudah 18000 Yen.

jengzlin said...

Selamat malam Mas Takbir

Saya berencana ke Jepang tanggal 29/7 - 8/8

Itin yang sudah saya buat adalah sbb:

30/7 - 31/ 7 disneyland dan disneysea

1/8 tsukiji market, Shinjuku, harajuku, shibuya, akihabara

2/8 ghibli museum, puroland, ginza

3/8 nagano - jigokudani monkey park

4/8 kyoto, taro tas, Nagoya - shirotori park, Nagoya castle, Nagoya tv tower, oasis 21 - back to Kyoto

5/8 kyoto imperial palace, nishiki market, fushimi inari, kiyomizu dera, yasaka shrine, gion

6/8 kinkakuji - arashiyama, jam 3 ke Osaka, bermain di sekitar namba dan dotonbori

7/8 usj

8/8 osaka castle, sumiyoshi taisha, shitennoji, shinsekai, back to Osaka station, ke kansai airport

 

Pertanyaan saya adalah sbb:

1. dari itin tersebut diatas apakah ada tempat2 yang mending saya skip dan ada rekomendasi tempat wisata lain? Rekomen juga apakah bbrp tempat sebaiknya saya kunjungi di pagi, siang atau malam?

2. bisa minta ide untuk di nagano donk, ngecek2 di trip advisor sepertinya ga banyak yang bs dilakukan

3. saya rencana beli JR pass, mendingan yang 7 hari atau 14 hari ya, apakah smua kota yang saya kunjungi diatas dicover oleh JR pass, atau di kota masing-masing harus beli day pass gitu lagi yah?

4. ada gak yap promo tiket untuk Disneyland, dan usj? Tiketnya lumayan mahal

5. ghibli museum tiket apakah cm bisa dibeli di Lawson? Soalnya teman saya beberapa suka kehabisan tiket

Maaf agak panjang ya Mas, hehe terima kasih sebelumnya atas informasi dan bantuannya.

Takbir said...

Salam,

Itinerary kamu jelas dan lebih mudah tentunya saya untuk kasih info tambahan.

1. Yang bisa di skip mungkin ke Nagano. Karena ke sana cocok pas winter, kamu datang juli-agustus pas puncak musim panas di sana, jadinya bakal cuma lihat monyet biasa :)
Jadwal kamu tanggal 1 agustus, pas hari sabtu mungkin di susun ke Tsujkiji market subuh untuk lihat lelang ikan tuna dan cobain makan sushi segar di sana. Kemudian pagi ke Harajuku yang ramai dengan cosplay dan jalan kaki hingga ke Shibuya. Dari Shibuya ke Akihabara. Kemudian ke Shinjuku dan Ginza. Akihabara, Shinjuku dan Ginza bisa di atur terserah kapan waktunya sore atau malam.

2. Nagano skip aja. kecuali kalau jadwal kamu pas winter. Sebagai gantinya mungkin bisa jadwalkan ke Hiroshima sehari. Geser jadwal ke Kyoto sehari lebih awal.

3. Beli yang 7 hari, minta diaktifkan mulai tanggal 1 atau 2 agustus saja.

4. Ini kurang tau, soalnya ga pernah masuk. Ga minat soalnya :)

5. Saya belum pernah ke Ghibli. Tapi coba saja begitu tiba di Jepang bisa langsung ke Lawson. Minta tolong saja ke petugasnya untuk dibelikan lewat mesinnya, karena sepertinya tidak ada yg dalam bahasa Inggris.

jengzlin said...

Mas Takbir
Makasih banget atas sarannya :)
yang di nagano kita dah terlanjur book hotelnya jadi ga bs lagi di cancel. Soalnya bakal kena fee super mahal ;(
Saya berencana untuk cancel ke nagoya dan berkunjung ke hiroshima aja di tanggal 5. Krn sptnya Hiroshima lebih menarik dibanding nagoya. Gimana pendapatnya mas?
Terima kasih sebelumnya.

Takbir said...

Iya menurut saya Hiroshima lebih bagus kalau disuruh milih salah satu. Lagipula di Osaka nanti, bisa lihat Osaka Castle yang lebih luas dari Nagoya castle.
Di Hiroshima, monumen bom atomnya itu yang unik. Sebaiknya langsung ke Miyajima Island dulu. JR Pass berlaku juga untuk ferry JR yang menyeberang ke sana. Setelah itu baru ke monumen bom atom. Coba naik tram agar bisa lihat lebih banyak dalam kota Hiroshima. Ini tidak di cover oleh JR pass, mungkin bayar sekitar 270 yen dari pelabuhan Miyajima ke monumen bom atom.

http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/hiroshima-kota-target-utama-bom-atom.html

jengzlin said...

Wah bgitu ya. Makasih pencerahannya mas Takbir. Arigatou!

Agus Lisna said...

Asslm Pak Takbir, terimakasih atas jawaban bapak tempo hari :)
karena saya akan melakukan perjalanan ala backpacker, saya minta pencerahan dari bapak angkutan yg murah untuk berkeliling di sana. rencana :
hari 1 : tiba di haneda tengah malam, jadi ingin ke asakusa terlebih dahulu untuk berkunjung ke masjid asakusa. sore ke Kyoto. saya minta saran bapak untuk naik bis ke kyoto :)

hari 2 : tiba di kyoto, kami ingin berkunjung ke Fushimi Inari Taisha,Arashiyama, Gion, lalu sambil berkeliling mencari masjid di kyoto (mohon rekomendasi dari bapak) , kira-kira sampai hari ke-3 di Kyoto dan mencari penginapan di sekitar masjid, berkunjung ke Toei Kyoto Studio.

hari 4 : Nara, mungkin cuma 1 hari tanpa bermalam . kira-kira cukup kah Pak? atau ada tempat lain yang masih bisa di kunjungi? lalu kembali lagi ke Tokyo

hari 6-7 : kami hanya berkeliling di Tokyo sampai kembali ke Haneda.

Terimakasih banyak untuk konsultasi gratisnya ya Pak Takbir :)

Takbir said...

Salam Mas Agus,

Untuk bus ke Kyoto, bisa pesan online di http://willerexpress.com/ kalau pesan jauh-jauh hari bisa dapat murah. Nanti tinggal print bukti pembeliannya dan tunggu di titik penjemputan pada waktu yang ditentukan. Kalau di Tokyo, titik penjemputannya dekat Stasiun Shinjuku.

Untuk menuju ke mesjid di Kyoto, waktu itu saya naik bus no.17 dari Stasiun Kyoto dan berhenti di halte Koujinguchi. Dari lampu merah dekat halte bus, menyeberang jalan kemudian berjalan melawan arah arus kendaraan, menyeberangi lampu merah, kemudian belok kanan di belokan yang pertama, sebuah jalan kecil, dan lokasi mesjidnya sekitar 20 meter di sebelah kiri. Di situ akan ketemu banyak orang Indonesia yang rata-rata adalah pelajar.
Saya tulis di blog juga:
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-kyoto.html

Untuk hostel di Kyoto, saya rekomendasikan ini saja http://kshouse.jp/kyoto-e/

Sehari di Nara itu sudah cukup banget. Mungkin sehari bisa alokasikan ke Osaka juga. Bisa tetap menginap di Kyoto saja, jarak Kyoto-Osaka hanya sekitar 45 menit dengan kereta lokal.

Agus Lisna said...

yuhuu Pak Takbir, terimakasih banyak untuk segala pencerahan dari bapak.
karena saya belum pernah ke Jepang sebelumnya, jadi tak terbayang keadaan di sana.
untuk berkeliling dengan kereta di tokyo baiknya kami menggunakan pasmo/suica atau kippu ya, pak?
oh ya, masih cukupkah waktu kami untuk ke danau kawaguchi? terimakasih sebelum dan sesudahnya ya Pak, maafkan kami karena banyak bertanya ^^, kalau bapak di Jakarta, bolehkah kami sekali-sekali bertemu untuk minta banyak petunjuk :D
hehe .. makasih yaa Pak :D

Takbir said...

Saya pakai Suica, bisa dipakai semua transportasi di Tokyo dan diluar Tokyo seperti Kyoto, Osaka, dll. Bisa juga untuk pembayaran di minimarket.

Kalau mau ke Danau Kawaguchi perlu alokasikan sehari sendiri, karena perjalanan sekitar 2.5 jam dari Tokyo (Shinjuku).

Iya ga apa-apa tanya-tanya, memang blog ini untuk kasih gambaran buat orang lain jika ingin traveling di Jepang.

Cindy said...

Dear mas Takbir,

Salam kenal sebelumnya, trima kasih atas blog yang informatif sekali, saya ingin menanyakan untuk itin, karena saya masih sangat bingung heheheh, saya berencana ke jepang tgl 28sept - 04 oct, penerbangan pp jkt haneda jkt, tiba di haneda sekitar pukul 11 malam hari dan balik ke jkt tgl 4 oct jam 11 malam, rencananya saya ingin lanjut ke osaka tgl 29 sept penerbangan jam 7 pagi, sampai di osaka jam 9 pagi dan saya berencana ke tokyo naik bis tgl 1 malam dari osaka, yang ingin saya tanyakan begini mas:

1. apakah lebih hemat menggunakan pesawat untuk pp haneda - osaka - haneda?saya cek pp sekitar 1,5jt

2. saya ingin mengunjungi tokyo,gn. fuji,osaka , nara, kyoto, jika saya ingin pulangnya naik bis ke tokyo itu lebih dekat dari osaka atau kyoto ya?dan apa lebih baik ke gunung fuji dulu baru ke kota tokyonya?

3. Jika boleh tolong diberi bantuan itinnya mas dan tempat2 yang memang wajib dikunjungi berhubung waktunya yang ketat heheheh

Terima kasih banyak mas, God Bless

Fandy said...

HI Mas Takbir,

follow jawaban Mas Takbir 28 April 2014, mana lebih cepat dan murah utk perjalanan dari Haneda airport ke Osaka (Shin=Osaka):
(a) naik bus ke Shin Yokohama, terus ke Osaka, atau (b) naik kereta ke Shinagawa terus ke Osaka?

Lebih hemat dan praktis mana ya kalau travelling di Tokyo, pakai one day pass atau pakai suica aja?

Thanks ya

Takbir said...

Dear Cindy,

1. Kalau dpt harga segitu 1.5 juta rupiah untuk pp haneda-osaka, itu murah dan lbh hemat dibanding kereta.

2. Kalau jd ambil pesawat pp, kamu pasti ke tokyo dulu baru ke gunung fuji. Atau bisa lgsg dari haneda. Naik bus ke tokyo lbh dekat dari kyoto dibanding osaka.

3. Kamu bisa atur waktunya, bgtu tiba di osaka bisa keliling osaka sehari. Beberap tmpat yg menarik bisa baca di sini
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-osaka.html?m=1
Kyoto: kinkakuji, fushimi inari, kyomizudera, arashiyama
Nara: keliling sekitar komplek kuil todaiji
Tokyo: akihabara, harajuku, shibuya, odaiba, asakusa, meiji shrine, etc

Takbir said...

Salam mas Fandi,

Lebih cepat dan murah dari haneda ke shinagawa. Tapi nanti melewati shinyokohama juga menuju ke osaka.

Sebagai acuannya, tiket utk jarak paling dekat itu 140 yen. Kalau cuma dalam kota tokyo, sekalj jalan bisa 200-300 yen utk jarak yg lumayan jauh. One day pass 750 yen, tapi berlaku untuk JR saja, tidak untuk subway (Metro)

Agus Lisna said...

Aslm Pak Takbir,
Alhamdulillah terimakasih banyak atas segala pencerahan dari bapak, dan terimakasih untuk blog yg sangat bermaanfaat bagi kami ini ^^,
Well Pak Takbir, jika ingin ke Kawaguchi lake lebih dekat dari Nara atau dari Tokyo, kah?
Kami ingin naik bus saja, apa bisa menggunakan Suica card atau menyiapkan yen ?
Terimakasih banyak Pak Takbir.
wslkm ^^,

Takbir said...

Salam mas Agus Lisna,

Kalau mau ke Kawaguchi lake tentu lebih dekat dari Tokyo di banding dari Nara. Sekitar 2.5 jam dari tokyo.

Kalau naik bus bisa beli langsung di kantor keio bus di dekat stasiun shinjuku (west exit) tapi resiko bisa kehabisan tiket. Coba beli on line saja di sini http://highway-buses.jp/fuji/
Bus ke fuji sepertinya harus pakai yen ga bisa dengan suica.
Kalau misalnya ga dapat tiket bus, bisa naik kereta lokal dari shinjuku. Naik kereta Chuo line hingga stasiun terakhir Otsuki. Kemudian pindah Fujikyoku line hingga kawaguchiko. Naik chuo line pakai suica, tapi fujikyoku mesti beli tiket. Waktu ke sana saya malah bayarnya begitu tiba dan keluar stasiun kawaguchiko

winda said...

Hallo pak Takdir,

Salam kenal sebelumnya, saya winda. saya dan 6 temannya saya ada rencana ke jpn februari tahun depan selama 7 hari 6 mlm, pulang pergi melalui Narita airport. Rencana itinerary kasar-nya :
day 1 : tokyo >> disneyland & disneysea (kalau waktunya memungkinkan)
day 2 : mitaka >> studio ghibli
day 3 : tokyo ke kyoto >> Arashiyama, Fushimi inari-taisha, Ginkaku-Ji
day 4 : nara di pagi hari lalu ke osaka >> universal studio
day 5 : Tobu World Square, Yunishigawa Onsen Hot Spring
day 6 : tokyo >> shibuya, sinjuku, harajuku dan skitarnya
day 7 : flight ke jkt pagi (dari narita).

Kemungkinan akan kami akan beli JR Pass. yang ingin saya tanyakan adalah :
1. kalau kami beli JR Pass apakah kami harus menginap di kyoto / osaka? atau tmpt wisata yang akan saya kunjungi bisa di akses pulang pergi ?
2. sebaiknya kami mencari penginapan di tokyo di daerah mana? yg mudah transportasinya
3. ada saran tempat tradisional / kuil yang bisa di sisipkan waktunya?
4. minta bantuannya untuk koreksi iterary-nya, apa sudah efisien waktunya

Terima kasih yaa mas sebelumnya

Takbir said...

Hallo Winda,

1. Kalau lihat itinerary kamu yang tdk terlalu padat, dengan JR pass kamu bisa rencanakan untuk tetap stay di Tokyo saja. Jadi pagi pergi ke Kyoto/Osaka, malamnya pulang. Perhatikan saja bahwa Shinkansen terkahir dari Osaka/Kyoto ke Tokyo sekitar jam 11 malam.

2. Cari penginapan yang akses ke stasiun Shinagawa dan stasiun Tokyo dekat. Dua stasiun ini tempat naik Shinkansen. Setidaknya cari yang aksesnya dekat dengan Yamanote Line. Stasiun Tokyo dan Shinagawa dilalui JR Yamanote Line.

3. Kuil Tradisional akan sangat banyak kamu lihat ketika berkunjung ke Nara dan Kyoto.

4. Itinerary kamu sudah bagus dan tidak padat. Bisa kamu tambahkan misalnya.
day 3: Kinkakuji (Kuil emas), Kyomizu dera
day 6: Meiji Jingu (Shrine kaisar Meiji) yang ada di belakang stasiun Harajuku. Kamu juga bisa tambahkan ke Akihabara, Ginza, Jangan lupa ke Asakusa. Sepertinya turis yang ke Tokyo masih kurang lengkap kalau tidak ke Asakusa.

Untuk day 5 Tobu world square sepertinya JR pass tidak berlaku. Untuk menuju ke sana mesti naik kereta Tobu milik swasta. Kalau tidak salah sekitar 3600 yen pp.

Fandy said...

Mas Taufik,
Ada banyak train pass yang tersedia spt Tokunai Pass, Tokyo Metro Open Ticket, Tokyo Subway Ticket, Tokyo Free Kippu dll.

Yang mana dari pass di atas yang lebih ekonomis daripada beli tiket train per trip?
Thanks ya

Takbir said...

Mas Fandy,

One day pass di Tokyo yang saya maksud itu yang punya JR, linknya berikut ini:
http://www.jreast.co.jp/e/pass/tokunai_pass.html

Hanya valid untuk JR di area Tokyo. Tidak termasuk subway Tokyo Metro yang beda operator

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

salam mas takbir
saya lia
saya berencana ke jepang penerbangan pada tanggal 12 - 19 januari pp medan-haneda
saya ke jepang karena ingin liat salju , monumen bersejarah di jepang , ingin liat tokyo dome (karena efek jpop) , juga ingin liat gunung fuji dan keliling jepang seperti osaka , hokaido dll
namun saya bingung buat itenary saya
dan saya bingung memesan hotel lebih baik dekat stasiun apa biar terhubung dengan kota/ wisata tujuan saya
saya berencana membeli jr pass apakah sudah sesuai ?
tolong bantuannya mas .
maaf banyak bertanya
terimakasih banyak

Takbir said...

Salam mba Lia,

Waktu anda sebenarnya terlalu singkat untuk bisa melihat banyak hal.
Januari memang sudah musim dingin, tapi tidak berarti bisa lihat salju di semua tempat di jepang. Tokyo kadang turun salju tapi tidak tebal, kadang turun sebentar tidak begitu lama sudah cair. Kecuali tujuan anda ke Hokkaido di utara, di sana saljunya tebal hingga bulan april. Jadi kalau mau lihat salju yang dekat dari Tokyo harus ke tempat tertetntu seperti ski resort. Ada beberapa tempat yang jadi tujuan utama bagi yang senang bermain ski, yang paling terkenal menurut saya ada di Nagano. Tapi kalau cuma sekedar lihat salju yang tebal bisa juga ke Karuizawa. Saya ada tulisan tentang Karuizawa
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/01/salju-karuizawa.html

Contoh Itinerary bisa anda atur seperti berikut (jalurnya di cover JR Pass):
day-1: Keliling Tokyo, Shibuya, Harajuku, Akihabara, Asakusa, Odaiba, Meiji Jingu
day-2: ke Karuizawa atau Nagano. Sore atau malamnya balik ke Tokyo
day-3: Pagi-pagi Ke Osaka dgn Shinkansen. Keliling Osaka. Menginap di Osaka (http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-osaka.html)
day-4: Keliling Kyoto (http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-kyoto.html)
day-5: Dari Osaka ke Hiroshima. Ke Pulau Miyajima kemudian ke monumen bom atom Hiroshima. Sorenya balik ke Osaka (http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/hiroshima-kota-target-utama-bom-atom.html)
day-6: dari Osaka ke Nara. Keliling komplek kuil todaiji (http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-nara.html). Sore malamnya kembali ke Tokyo

Kalau misalnya anda ingin ke Hokkaido sebaiknya beli tiket pesawat pp saja, karena dengan kereta shinkansen pun akan memakan waktu lebih dari 10 jam untuk sampai di sana. Nanti silakan sesuaikan dgn contoh itinerary di atas.

Pink Baby said...

Assalamu'alaikum mas takbir, sy selly walaupun msh tahun depan rencananya akhir juli sy ke jepang pp jkt-narita-jkt, cuma 4 hri dan hanya jalan2 ke Tokyo aja, kl hotel skitar Nihonbashi berapa jam jaraknya dari Narita? Bs tlog itinerary kemana aja kl di Tokyo dan sebaiknya sy naik kereta atau bus? Apa harus membeli langsung tiket atau harus pesen dimana? Maaf bnyk tnya, trima kasih bnyk sebelumnya,wassalam

Takbir said...

Waalaikum salam Selly,

Dari Narita ke Nihombashi sekitar 1 jam.
4 Hari sudah cukup lama kalau cuma di Tokyo bisa atur itinerary seperti berikut,
H1: Ke Stasiun Harajuku, jalan ke Meiji Shrine di belakang Harajuku Stasiun, jalan menuju Shibuya. Kemudian naik subway Metro Ginza Line ke Asakusa, Sore atau malamnya naik Ginza Line ke Ginza. Landmark nya Ginza itu jam Wako.
H2: Ke Tokyo Station, keluar di Marunouchi Exit dan kemudian jalan menuju ke Imperial Palace. Kemudian jalan ke electronic distrik Akihabara. Sore atau malamnya ke Odaiba
H3: kalau kamu tertarik dgn Disney, alokasikan sehari khusus ke Disneyland dan Disney Sea.
H4: Bisa coba agak jauhan ke Yokohama.
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2011/09/yokohama-jepang.html
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/01/kota-pelabuhan-yokohama.html

Untuk keliling semua dengan kereta api sebaiknya beli saja kartu suica di kantor JR. Harganya 2000 Yen isi awalnya 1500 yen. Kamu isi balance tambahan di mesin yang disediakan di stasiun, kalau tidak mengerti caranya jangan ragu minta tolong ke orang lokal atau petugas yang ada di situ. Saya kira tambahan balance 5000 yen sudah cukup untuk mengcover selama kamu di sana.

Selly said...

Alhamdulillah, trima ksh mas pnjelasannya, ga begitu tertarik sm Disneyland :) ada yg lain gantinya ga ya, tp hari ke 4 wktunya pulng mngkin ga bisa kmna2 lgi, Soalnya jam 10pagi pswt pulangnya,subuh apa jam 6pagi ke Narita keuber ya kl naik Nex, Dr Narita - nihombashi pp naik Nex itu turun dan naiknya di stasiun tokyo apa ada station nihombashi sdri? Punya list tempat makanan halal dan masjid terdekat ga mas?sm tempat yg.bisa photo pakai kimono gitu :) Jazakallah khairan katsir mas Takbir

Takbir said...

Kalau begitu H3 saja jalan ke Yokohama

Bisa dengan naik kereta lokal juga ke Narita, lebih murah.

Dari Nihombashi naik Toei-subway Asakusa Line hingga ke stasiun Oshiage, kemudian pindah naik kereta Keisei Line hingga ke stasiun Keisei-Takasago, Naik keisei line rapid limited express hingga ke Narita Airport. Butuh sekitar 90 menit, 1140 Yen. Mungkin dengan Narita express sekitar 1 jam saja tapi lebih mahal sekitar 3000 yen.

Masjid terbesar setau saya ada di Yoyogi-Uehara. Masjid berarsitektur Turki karena memang dibangun oleh komunitas Turki. Kalau mau ke sana naik Odakyu Line dari stasiun Shinjuku.
Saya pernah ke sana sekali, saya tulis di sini:
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2011/10/tokyo-jepang.html

Kalau menemukan restoran makanan halal memang susah. Saya tidak punya listnya. Biasanya saya sudah makan duluan sebelum keliling. Ada satu restoran India/Pakistan yang halal di Akihabara, sekitar 500 meter dari Stasiun. di Chuo Dori. Agak susah saya menunjukkan letaknya. Kalau memang terdesak untuk makan, bisa makan nasi kepal (Onigiri) yang ada di setiap minimarket.

Unknown said...

terimakasih banyak atas bantuan mas takbir dalam pembuatan itin saya
sangat membantu sekali

Anonymous said...

Hallo mas, terima kasih atas blognya yang sangat membantu, dan feedback yang begitu lancar dan sabar atas setiap pertanyaan dari para pembaca.

Perkenalkan nama Saya Chaiyenne
Saya sekeluarga rencana ke Jepang tgl 13-23 Juli 2015 (5 org = aya/ibu, 2 anak usia 12 thn dan 15 thn, oma 67 thn) dari Singapore ke Narita pp.
Pertanyaan saya :
*) Kira2 bagaimana itinerary yg cocok untuk kami jika kami ingin melihat/mengunjungi item2 ini :
1. festival firework di tokyo (sesuai info tgl 18, 21 dan 25 juli, tapi yg terbesar tgl 25 juli tdk bisa krn hrs balik ke singapore lagi).
2. Patung Hachiko
3. Pusat belanja murah dan bagus (fashion dan oleh2)
4. Pusat elektronik/teknologi
5. Gunung Fuji
6. Universal Studio
7. Festival musim panas di kyoto
8. Rumah OSHIN
9. temple/kuil (hanya yg besar dan top aja)
10. Hiroshima dll
11. Atraksi yang top di Tokyo

**) dengan rincian seperti di atas, menurut mas sebaiknya itinerary kami seperti apa, mengingat dalam rombongan terdapat 3 generasi (anak remaja, orang tua, Oma), perlukah membeli JR Pass untuk 5 orang ? di daerah mana sebaiknya kami menginap (tokyo, kyoto atau daerah lain?)

Ohya, sebagai info tambahan :
- pesawat singapore-Narita tiba malam hari jam 21.50.
- Jadwal balik Singapore dari Narita jam 11 pagi.
- kami tidak terlalu suka kuil/temple, tapi kalau satu atau dua yg besar2 aja tidak apa2.
- anak2 hobi yg berbau elektronik/teknologi (komputer, hp, gadget lainnya)
- ingin ke tempat belanja / departemen store yg murah tapi bagus/unik
- Ingin mengoptimalkan JR pass (apakah perlu beli JR pass?)

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya ya mas

Takbir said...

Halo mba Chaiyenne

Mudah-mudahan contoh itinerary di bawah ini membantu, Kalau memang ingin ke Osaka dan Hiroshima memang sebaiknya beli JR pass.

13 Juli - Tiba di Narita, menginap di Tokyo

14 Juli - Menuju ke Osaka dengan Shinkansen. Keliling Osaka.

15 Juli - Osaka. Universal Studio

16 Juli - Kyoto. Mengunjungi temple yang menurut saya menjadi ikon Kyoto: Kinkakuji, Fushimi Inari, Kyomizudera

17 Juli - Kyoto, Gion Matsuri, Kalau di web japan-guide (http://www.japan-guide.com/e/e3942.html) jalurnya di sepanjang jalan Karasuma Dori, Jalan lurus horisontal dari stasiun Kyoto

18 Juli - Dari Osaka, pagi-pagi ke Hiroshima, Sore/malamnya pulang ke Osaka atau langsung ke Tokyo

19 Juli - Tokyo, keliling ke Imperial Palace (naik JR ke tokyo Stasiun dan keluar di Marunouchi exit), kemudian ke pusat electronic Akihabara. Keluar dari stasiun melalui electronic town exit, di situ akan banyak toko-toko electronic hingga mainan di sepanjang jalan. Di exit yang lain bisa ke toko Yodobashi. Ada banyak barang2 electronic dan mainan hingga souvenirs.

20 Juli - Tokyo, pagi2 menuju Kawaguchiko lake untuk melihat Gunung Fuji lebih dekat. View yang paling bagus ada di seberang danau berlawanan arah dari Stasiun Kawaguchiko.
Titik terdekat dari Gunung Fuji, bisa ke Kawaguchiko 5th stasiun, titik start bagi yang ingin mendaki gunung fuji. Ada bus dari stasiun Kawaguchiko ke sana.

21 Juli - Paginya ke Stasiun Shibuya. Untuk menuju ke Patung Hachiko, ikuti saja petunjuk pintu keluar yang tulisannya Hachiko Exit. Dari patung Hachiko itu dekat dengan persimpangan jalan Shibuya yang sangat ramai dan seringkali kita lihat di televisi untuk menggambarkan kota Tokyo yang sibuk. Di sekitar situ banyak toko-toko pakaian dan distronya pusat fashion remaja2 jepang. Sorenya siap untuk Tokyo fireworks di Shibamata Station naik Keisei Line atau Kanamachi Station naik JR Line. Mulainya jam 19:20. Usahakan sudah cari tempat sekitar jam 17:00 karena akan sangat ramai oleh orang lokal

22 Juli - Tokyo, ke Asakusa sekalian beli souvenir, Dari Asakusa naik Tokyo Water Bus menuju pulau buatan Odaiba. Di situ ada Gundam Raksasa.
http://www.japan-guide.com/e/e3042.html

23 Juli - Pulang melalui Narita


Rumah Oshin, sepertinya tidak worthed untuk dikunjungi, karena lokasinya jauh di Yamagata, sebelah utara dari Tokyo, dan dari berita yang saya baca, rumah Oshin sekarang sudah bobrok tidak dirawat lagi, karena lokasinya juga jauh dari kota.

Takbir said...

Oiya kalau ingin foto berpakaian kimono sepertinya di asakusa bisa. Saya pernah lihat banyak turis asing yg berpakaian kimono dan yukata untuk difoto

Anonymous said...

Hallo mas
terima kasih banyak atas reply nya yg sangat komplit dan cepat.
mengingat tanggal keberangkatan yg kurang dari 2 minggu lagi, itinearary dari mas sangat membantu sekali.

Terima kasih sekali lagi dan semoga mas makin sukses karena mau berbagi...

Salam
chaiyenne

Unknown said...

Salam mas Takbir..

Blog yang sangat membantu sekali mas..super! Sangat membantu saya memberikan gambaran kota tempat dan rute..Rencana saya akan ke jepang masuk dan keluar via haneda tanggal 1 November - 10 November. Sampai d haneda tanggal 1Nov pukul 08.50 dan pulang tanggal 10Nov pukul 11.45.

Itin yg saya prefer kurang lebih sama dgn yg mas jawab utk Irvan,Ninin,Fandy,Winda&Chaiyenne..

Yg ingin saya tanyakan..

1) Rencana saya akan membeli JR Pass biar lebih maksimal jalan2nya. Akan tetapi, tidak semua tempat d cover oleh JR Pass, menurut mas..apakah better saya beli Suica? Mengingat JR Pass hanya berlaku 7 hari sementara sisa 3harinya dibutuhkan utk perjalanan lainnya. Atau mungkin perlu beli Kanto pass utk 3 hari? Mohon pencerahannya ya mas mana yg lebih efisien.

2) Saran mas Takbir..apakah hari pertama begitu mendaratdo haneda saya langsung ke osaka stay disana beberapa hari lalu sisa hari ke tokyo atau..cukup d tokyo dan ke tempat lainnya pp dgn shinkansen?
Boleh saran jg mas utk d tokyo daerah yg nyaman dmn? Nyaman dalam arti gampang kemana2nya. Dan dr yg saya baca, Shinagawa paling gampang kemana2.

3) Kobe dan Nara kira2 perlu atau tidak ya dikunjungi..jika harus milih,prefer yang mana mas?

Dan juga klo mas Takbir ada saran utk itin saya boleh tolong dibuatin mas..utk kota hampir sama Osaka Kyoto Kobe/Nara dan Tokyo..tp setelah baca2 tertarik jg dgn Hiroshima..cuman biar lebih bisa memaksimalkan waktu, mohon info tempat2 yg berdekatan dan searah..biar lebih efisien waktunya.

Terima kasih mas Takbir

Salam,
Raskhy

Takbir said...

Salam mas Raskhy,

1. Sebaiknya beli suica juga. Kartu perdana beli di kantor JR yang ada di stasiun, hanya 2000 dengan balance awal 1500. Nanti isi ulang di mesin-mesin yang ada di stasiun. Suica bukan cuma untuk bayar transportasi tapi juga bisa digunakan di minimarket, jadi ga repot dengan uang receh.

2. Kalau kamu bisa bangun dan berangkat lebih pagi setiap hari maka tinggal di tokyo saja cukup. Gambaran waktu perjalanannya Tokyo-Osaka 2.5 jam, Tokyo-Kyoto 2 jam, Tokyo-Hiroshima 4 jam. Tapi menurut saya sih, sebaiknya 7 hari pertama nginap di Osaka saja.
Kalau misalnya rencana cuma stay di Tokyo, maka betul itu lokasi dekat Shinagawa akan sangat bagus, karena bisa langsung naik shinkansen, dan Shinagawa juga dilalui jalur Yamanote Line.

3. Kobe itu kota pelabuhan dan bangunannya lebih modern. Kalau Nara itu kota tradisional, pusat turisnya disekitaran kuil Todaiji. Di Nara juga yg bikin beda banyaknya binatang rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas.

Kalau misalnya nginapnya di Osaka, pagi hari bisa ke Nara dulu kemudian tengah hari ke Kobe. Keduanya berlawanan arah kalau dari Osaka

Ini contoh itin kasarnya aja ya. Detail tempatnya mungkin bisa ditentukan sendiri
H1 - Tiba di Haneda pagi langsung ke Osaka. Check in Hostel, istirahat sebentar, keliling Osaka sampai malam.
H2 - Osaka/Kyoto
H3 - Kyoto
H4 - Hiroshima
H5 - Nara/Kobe
H6 - Nagoya
H7 - Osaka/Kyoto kemudian sore/malam ke Tokyo
H8-H10 Tokyo dan sekitarnya

Mas Rashky datangnya di bulan november, itu masuk musim gugur dan yang menarik di musim gugur menurut saya adalah koyo alias daun yg berubaha warna jadi merah dan kuning sebelum gugur. Spot yang bagus untuk koyo di Kyoto itu di Kyomizudera dan Arashiyama. Kalau di Tokyo silakan datang saja ke Yoyogi park atau keluar kota ke Nikko.

Unknown said...

Salam mas Takbir,

Terima kasih atas sarannya..dengan tujuan kota2 tersebut JR Passnya jadi bisa digunakan dengan maksimal..

Ohya mas, tapi untuk keliling2 Osaka ngk bisa digunakan JR Passnya ya? Jika tidak bisa, better beli pertujuan aja mas atau ada saran?

Terima kasih mas Takbir.


Salam,
Raskhy

Takbir said...

Salam mas Rashky,

Keliling Osaka bisa pakai JR pass. Jalur Osaka loop line punya JR. Memang ada juga jalur kereta swasta dan subway metro yang tidak di cover JR Pass. Kalau memang harus naik itu, gunakan suica saja.

Unknown said...

Salam kenal mas Takbir

saya rencana mau ke jepang februari tahundepan, rencana di sana selama 10 hari include perjalanan, yang saya tanyakan adalah
1. Untuk JR pass itu bisa digunakan di area apa saja ya...
2. bisa bantu buat itenarary nya mas, rencana kota yang akan dikunjungi adalah tokyo, kyoto, osaka, kawaguchi, hirosima, dan untuk kobe, nagoya, nara itu deket - dekat osaka aja kan mas
3. oh iya mas untuk 8 hari cukup nggak ya semua itu di jelajahi.

Terima kasih
Aco

Unknown said...

Salam mas Takbir,

Terima kasih sekali atas respond nya..
Happy Eid Mubarak Mas!


Salam,
Raskhy

Takbir said...

Salam mas Aco,

1. Untuk JR pass berlaku di semua wilayah Jepang yang dilayani oleh JR. Bukan hanya kereta tetapi juga bus dan ferry yang dioperasikan oleh JR. Gambaran petanya sudah saya sertakan di blog ini. Kalau mau baca lebih jelasnya silakan browsing di sini http://www.japanrailpass.net/en/about_jrp.html

2. Nara itu dari Osaka sekitar 45 menit dengan kereta lokal JR.

Saya sarankan tibanya di Osaka dan pulangnya lewat Tokyo. Itinerary bisa seperti berikut:
H1-2 tiba di Osaka dan keliling Osaka. Menginap di Osaka
H3-Kyoto
H4-Pagi ke Nara, siangnya ke Kobe. Sore hingga malam keliling Kobe Harborland saja
H5-Nagoya
H6-Hiroshima dan Miyajima. Kembali ke Osaka malamnya atau bisa langsung ke Tokyo.

Untuk H1-6 menginapnya tetap di Osaka saja.

H7-Tokyo. Menginap di Tokyo
H8-Kawaguchiko
H9-Keliling Tokyo
H10-Pulang via Tokyo

dewi said...

pak takbir, sy nyari info shalat ied adha di tokyo. siapa tau bapak punya infonya. ada renc mau naik willer bus tgl 24 sep 15 dari osaka tokyo tiba jam 6pagi, langsung mau ke meguro (SRIT) untuk shalat ied. shalat iednya jam berapa? Keburu gak ya? Trus renc kami 3 hari di tokyo, hari pertama disney sea, hari kedua lake kawaguchiko,hari ketiga dalam kota tokyo. Kanto pass apakah jenis kartu yang tepat untuk semuanya? terimakasih ya.

Takbir said...

Mbak Dewi,

Dulu saya ikut sholat ied di SRIT mulai jam 7.30. Waktu itu saking banyaknya orang indonesia yang datang, sholatnya iednya dua kali. Begitu tiba di stasiun Meguro, nanti akan terlihat antrian orang Indonesia yang menunggu bus.

Saya cek Kanto Pass harganya 8400. Saya pikir untuk 3 hari yang anda rencanakan bisa lebih murah dari itu biaya transportnya. Untuk ke Kawaguchiko, bisa naik kereta lokal JR Chuo Line dari Shinjuku ke Otsuki (sekitar 1300 yen), kemudian pindah kereta Fujikyoku line ke Kawaguchiko (sekitar 1100 yen). Bisa bayar sekali jalan atau sebaiknya beli kartu isi ulang Suica saja.

Ida said...

Salam kenal Mas Takbir...
Tgl 12-19 Agustus ini saya ber3 akan ke Jepang datang dan pulang via Kansai Airport. Kami dpt pengunaapan di apartemen di daerah Minamishimizu Amagasaki Hyogo...stasiun terdekat JR Inadera. Rencananya kami xuma ke sekitaran Kansai...Osaka,Kyoto,Nara,Kobe.
Mohon sarannya untuk transportasi selama disana biar irit...atau perlukah kami beli JRP ?.Makasih....

Takbir said...

Salam mba Ida,

Mungkin bisa beli Kansai Pass yang punya JR, harganya 6500 Yen jika beli di stasiun begitu tiba. Silakan cek di link ini
https://www.westjr.co.jp/global/en/travel-information/pass/kansai/
Karena valid cuma 4 hari, sebaiknya dipakai untuk bepergian ke tempat yang agak jauhan dulu. Misalnya H1 ke Nara, H2 ke Himeji dan Kobe, H3,4 ke Kyoto. Untuk Osaka pakai tiket sekali jalan saja atau supaya lebih nyaman beli kartu Suica saja.

Saya ada trip khusus Kansai, mungkin berguna juga jadi acuan itinerary-nya
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013_04_01_archive.html

Ida said...

Makasih Mas Takbir...sy smp Kansai jam 9 pagi...untuk ke stasiun inadera pake apa yaa...trs beli Kansai Pass nya di stasiun apa....Mohon petunjuk...hehehehe...makasih

Takbir said...

Salam mba Ida,

Begitu tiba di Kansai Airport, langsung ke Kantor JR yg ada di airport, beli Kansai Pass dan Suica (kalau mau) di situ.

Dari Airport dgn kansai pass naik JR Kansaikuko Line hingga stasiun Hineno, kemudian pindah naik JR Hanwa Line hingga stasiun Tennoji. Kemudian pindah naik JR Osaka-Loop line hingga stasiun Osaka. Terakhir pindah naik JR Fukuchiyama Line hingga stasiun Inadera.

Kalau pakai pass, nanti masuk peron stasiun tdk lewat auto gate, tapi perlihatkan pass anda pada petugas gate.

Denissa said...

Salam kenal mas Takbir,

Saya bertiga sama teman-teman berencana untuk ke jepang tgl 30 maret - 9 april 2016 mas. Kami mendarat di Tokyo 30 maret pukul 07:35 pagi waktu setempat. Pulangnya kami dari Osaka tgl 9 april jam 09:55 pagi. Dengan total 10 hari (30 maret - 8 april) untuk jalan-jalan di jepang, kami rencananya untuk pergi ke Tokyo, Nikko, Hakone, Kyoto, Nara, Hiroshima, dan Osaka. Ditambah lagi yang kami wajibkan adalah museum Doraemon, liat gunung Fuji dari spot yang oke, dan nyobain nginep di ryokan di Hakone. Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Bagaimana ya mas itinerarynya yang pas?
2. Nyobain Ryokan enaknya dimana ya mas?
3. Dimana ya mas liat gunung fuji ya bagus?
4. Perlu ga ya mas beli JR Pass? atau ga perlu melainkan pake yang jenis lain? ada yang bilang kalo dateng dari tokyo, pulang dari osaka itu ga usah beli JR pass karena yg dipake ga sebanyak itu JR line. tapi ada juga yang bilang beli aja. jadi lieur gitu sayanya haha.
Tapi perlu diketahui kami bertiga ga ada yg bisa bahasa jepang jadi punya resiko nyasar gitu sebenernya mas (mana tahu jadi bahan pertimbangan apakah perlu JR Pass)

Oh iya makasih banyak lho mas sebelumnya atas bantuannya. Blognya membantu banget! cool! :)

Unknown said...

Halo mas, seneng sekali bisa ketemu blog ini.
Saya rencananya mau ke jepang oktober ini bertiga teman dengan rute tokyo-fuji-tokyo, dan kami belum sepakat mengenai pass yang akan kami pakai. Apakah kanto pass atau hakone? sebetulnya saya pribadi pengen sekali naik shinkansen, worthed gak? Tapi katanya kali ke fuji bagusan lewat hakone. Jadi sebaiknya pilih mana ya? Terima kasih bantuannya :-)

Takbir said...

Salam kenal Denissa,

Kira-kira bisa atur itinerary sbb:

30-Mar: Tiba di Tokyo, Check in hostel/hotel. Langsung ke Museum Doraemon di Kawasaki. Sorenya keliling Tokyo bisa ke Shibuya, Shinjuku atau Akihabara

31-Mar: ke Nikko. sebaiknya beli Nikko pass. Untuk detailnya silakan baca tips nya di postingan saya ini http://ahmadtakbir.blogspot.com/2011/11/warna-warni-musim-gugur-di-nikko-jepang.html

1-Apr: Ke Hakone. Sebaiknya beli Hakone pass, silakan baca postingan saya di sini http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/02/melihat-gunung-fuji-dari-hakone.html

2-Apr: Tokyo, beberapa tempat menarik seperti Imperial Palace, Asakusa, Odaiba, etc

3-Apr: Hiroshima. Berangkat pagi karena dari tokyo 4 jam dgn shinkansen. Begitu tiba di stasiun Hioshima, keluar dari shinkansen kemudian pindah ke track#1, naik kereta lokal ke Miyajima. JR Pass berlaku utk shinkansen, kereta lokal JR dan ferry menyeberang ke Miyajima Setelah dari Miyajima baru naik tram ke tengah kota Hiroshima ke monumen bom atom.

Sore/malamnya naik shinkansen ke Osaka. Menginap di Osaka

4-Apr: Keliling Osaka
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-osaka.html

5-6 Apr: Kyoto
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/04/kansai-trip-kyoto.html

7-Apr: Nara dan Kobe

8-Apr: Nagoya
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/06/nagoya-kota-tempat-lahirnya-toyota.html


9-Apr: Pulang via Osaka

Nyobain Ryokan enaknya dimana ya mas?
>> Saya juga belum pernah, jadi tidak bisa rekomen.

Dimana ya mas liat gunung fuji ya bagus?
>> Kalau mau lihat dari jarak dekat bisa ke Kawaguchiko. Kalau di Hakone agak jauh, kelebihannya kalao ke Hakone wahana transportasinya lebih bervariasi.

Perlu ga ya mas beli JR Pass? atau ga perlu melainkan pake yang jenis lain? ada yang bilang kalo dateng dari tokyo, pulang dari osaka itu ga usah beli JR pass karena yg dipake ga sebanyak itu JR line. tapi ada juga yang bilang beli aja. jadi lieur gitu sayanya haha.
>> Kalau kamu mau ke Hiroshima, sebaiknya beli JR Pass. Kalau Hiroshima tdk termasuk, lebih murah tanpa JR Pass.

Jangan khawatir tidak bisa bahasa Jepang, karena saya juga tidak bisa :)

Takbir said...

Halo juga EscapeForFun

Seperti jawaban di pertanyaan sebelumnya.

Kalau mau melihat gunung fuji ada dua pilihan, bisa ke Kawaguchiko atau Hakone.
Di Kawaguchiko lebih dekat dengan gunung fuji.
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/10/danau-kawaguchiko.html

Di Hakone lebih jauh, jadi lihat gunung Fuji juga lebih kecil. Tapi di Hakone lebih menyenangkan karena wahana transportasi lebih bervariasi.
http://ahmadtakbir.blogspot.com/2013/02/melihat-gunung-fuji-dari-hakone.html

Untuk ke Hakone, sebaikny beli Hakone Free Pass
http://www.odakyu.jp/english/deels/freepass/hakone/

Shinkansen ga ada yang langsung atau dekat dengan gunung fuji. Perlu nyambung lagi dari stasiun terdekat untuk menuju kawaguchiko atau hakone

Traveler said...

Assalamualaikum Mas Takbir, sy Alit. Rencana mau ke jepang tgl 27/11 sampe 7/12 jkt-narita-jkt. Itin sy mau ke tokyo-hakone-osaka-kyoto-nara-nagoya. Tiba di narita pkl 15.55, dan kembali dr narita pkl 18.50. Pertanyaan sy:
1. Dr narita ke Tokyo lbh hemat Dan efisien naik apa ya?
2. Jika sy pertimbangkan beli JR Pass Dan waktu perjalanan td, lbh baik sy keliling Tokyo di awal atau di akhir perjalanan?
3. Tempat wajib yg dikunjungi di kota2 TD apa aja ya mas? Sy mau liat salju, onsen, main di Fuji q highland. Itinnya yg pas gimana ya mas.
Makasih, Wassalamualaikum.

Unknown said...

Terima kasih atas bantiannya ya...

Takbir said...

Waalaikum salam mas Alit,

Dari Narita ke Tokyo ini saya asumsikan ke stasiun JR Tokyo ya. Maka yang paling murah bisa naik kereta lokal JR Sobu(Rapid)-Yokosuka Line. Sekitar 1.5 jam ongkosnya 1320 yen

Kalau beli JR pass sebaiknya keliling tokyo belakangan, karena balik ke Jakarta lagi via Narita Tokyo

Salju di bulan november dan awal desember itu belum ada. Yang bisa anda saksikan mungkin koyo atau daun berwarna di musim gugur.
Kalau onsen saya belum pernah juga, tapi tanyakan saja ke penginapan anda, mereka pasti tau yang terdekat dari penginapan.
Kalau ke FujiQ highland itu lebih dekat dari kawaguchiko. Jadi kalau mau ke Hakone juga berarti harus spare sehari Hakone dan Sehari FujiQ. Antrian di FujiQ untuk setiap wahana terutama roller coaster nya sangat panjang.

Kalau beberapa tempat menarik disetiap kota, silakan baca2 catatan saya di blog ini saja ya. Nanti kalau ada yang detail2 silakan tanya lagi.

Salam

Unknown said...

Salam Pak Takbir..

saya Sarah, rencana thun depan berangkat 3 orang ke Tokyo , berangkat dari Kul-Haneda-kul di tangal 2 apr dan balik 10 April.rencana saya mau pergi ke toyama ,tateyama alphine route, dan osaka , gunung fuji dan terakhir di tokyo.yang saya ingin tanyakan bagaimana menyusun itin yang pas, trus tranportasi yang murah ke toyama harus naik apa serta waktu perjalanan berapa lama.

Takbir said...

Salam mba Sarah,

Untuk akses ke/dari alpine route tateyama, bisa baca di sini juga:
http://www.japan-guide.com/e/e7551.html

Dari Stasiun Shinjuku Tokyo, naik JR Azusa Limited express ke Stasiun Matsumoto, kemudian pindah naik JR Oita Line ke stasiun Shinano-Omachi. One way sekitar 7500 Yen. Waktu tempuh, sekitar 2,5 jam.

Dari Toyama ke Osaka, naik JR Hokuri Shinkansen hingga stasiun Kanazawa, kemudian pindah naik JR Thunderbird limited express hingga Osaka. One way sekitar 9000 yen. Waktu tempuh, sekitar 3 jam.

Kalau ke Gunung Fuji di bulan april, di luar musim pendakian, paling dekat hanya bisa di kawaguchiko 5th stasion. Kalau hanya untuk lihat saja, paling dekat dari kawaguchiko lake atau dari Hakone yang lebih jauh.

Unknown said...

Makasih Pak takbir informasinya.
sekarang masalah saya adalah jadwal saya udah berubah , rencana tiba di osaka dan pulang dari osaka lagi ke kl nya. saya bingung mw itin kek gimana dalam masa yg singkat.
tiba di osaka 25 April (22.35Pm)pulang 02/5 (23.35) dalam masa 7 hari itu , gimana harus susun itin ketempat yg menarik , termasuk ke tateyama dan tokyo.dan kalo tiba tengah malam gitu baiknya saya tidur di airport ato truss book hotel.saya ingin liburan singkat ini banyak tempat yg bisa dikunjungi.
terimakasih bantuanya pak .takbir.

salam

Unknown said...

malam pak takbir

saya revisi lagi saya berangakat dari KL -KIX(kansai) -KL,sebelumnya saya bilang osaka.
dari airport kansai ini ketempat mana yg harus saya tuju terlebih dahulu?

salam

Christy said...

Halo salam kenal pak Takbir,

Sya mau ke jpg bln dpn pake temporary visa , sya akn tggl dgn kka sya d oarai. Tpi sya rncananya mau jln" k kota lain spti hakone-aichi-yamanashi-gifu-toyama-osaka-kyoto-nara.. Saya blm mmbuat itinerary.. Krn sya ingin brkunjung pas lagi momiji mungkin d tgh atau akhir november. Tmpt yg sgt ingin di kunjungi: shirakawa-fuji q-lake kawaguchiko-kalo di kyoto ad byk tmpat .. Slain itu saya bingung mau plih tmpt yg bgus utk dkunjungi .. (Kcuali tokyo)

1. Apkh bisa mngunjungi kota" itu pake JR pass utk 7 hri?
2. Brp budget yg hrus dsediakan utk tranportasi yg tdk trmsuk jr pass? Mislny klo mau k shirakawa
3. Lebih baik menginap di kyoto atau osaka?
4. Kalo mau ke shirakawa go bisa dlm sehari dri kyoto/osaka?
5. Apakah bisa mngaktifkan jr pass 2 bln setelah mmbelinya?
6. Kalo ingin k fuji q tdk mggnakan jr pass , berapa biaya trnsportasinya?
7.Mohon saran utk tempat" slain yg saya sbutkan td yg bgus utk dikunjungi dan bisa dmnfaatkan wktu sbaik mungkin? Atau ad kota lain lagi yg recomended utk di kunjungi ..
*Oh ia kalo di saitobaru itu spotnya bgus utk autumn atau hanya saat spring saja ?

Trmksh sblmnya :)

Takbir said...

@ Sarah,

Menginap saja di Airport. Aktifkan JR passnya di kantor JR yang ada di bandara. Bandara Kansai itu dekat dari kota Osaka.
Paginya dari bandara ke stasiun Osaka. Terus naik JR thunderbird ke Kanazawa. Pindah JR Hokuri Shinkansen ke Toyama.
Lewat jalur alpine route hingga ke Shinano-Omachi.
Dari Shinano-Omachi naik JR Oita-line ke stasiun Matsumoto, pindah naik JR Azusa Limited express ke Stasiun Shinjuku Tokyo. menginap di Tokyo.
Mungkin 1-2 hari di Tokyo. 1 Hari ke Gunung Fuji, silakan pilih, danau kawaguchiko atau hakone.

Kemudian ke Osaka/Kyoto.

Takbir said...

@ Christy

1. Apkh bisa mngunjungi kota" itu pake JR pass utk 7 hri? (hakone-aichi-yamanashi-gifu-toyama-osaka-kyoto-nara)
>> Bisa, bergantung berapa lama waktu yang dihabiskan disetiap tempat tentunya.

2. Brp budget yg hrus dsediakan utk tranportasi yg tdk trmsuk jr pass? Mislny klo mau k shirakawa
>> JR pass berlaku hingga Takayama. Dari Takayama ke Shirakawa-go hanya ada bus. Dulu saya beli tiket pp Takayama-Shirakawa sekitar 4300 Yen. Beli di Terminal bus samping Stasiun JR Takayama.

3. Lebih baik menginap di kyoto atau osaka?
>> Osaka lokasinya ditengah2 diantara kota yang lain seperti Kyoto, Kobe, Nara.

4. Kalo mau ke shirakawa go bisa dlm sehari dri kyoto/osaka?
>> Perkiraan waktunya kira2 begini, Osaka ke Nagoya naik shinkansen (45 menit). Dari Nagoya naik JR Hida Limited Express hingga Takayama (sekitar 2.5 jam). Dari Takayama ke Shirakawa naik bus (30 menit).

5. Apakah bisa mngaktifkan jr pass 2 bln setelah mmbelinya?
>> Sepertinya bisa. Silakan konfirmasi lagi saat akan membeli.

6. Kalo ingin k fuji q tdk mggnakan jr pass , berapa biaya trnsportasinya?
>> Dari Tokyo Stasiun Shinjuku naik JR Chuo line hingga Otsuki (JR Pass berlaku hingga Otsuki). kemudian pindah naik Fujikyoku Line hingga Fujikyu Highland, ongkosnya 1080 yen. Kalau tidak pakai JR pass, total ongkos 2400 yen sekali jalan.

7.Mohon saran utk tempat" slain yg saya sbutkan td yg bgus utk dikunjungi dan bisa dmnfaatkan wktu sbaik mungkin? Atau ad kota lain lagi yg recomended utk di kunjungi ..
>> Mungkin masukkan jg Hiroshima. Kalau november nikmati koyo bisa ke Nikko juga.
Silakan browsing di blog ini, saya tulis banyak tentang jepang.
http://ahmadtakbir.blogspot.com/search/label/Jepang

*Oh ia kalo di saitobaru itu spotnya bgus utk autumn atau hanya saat spring saja ?
>> Saya belum pernah ke situ jadi kurang tahu.

Traveler said...

Wah Mas Takbir terima kasih sarannya. Kebetulan itin sy hampir selesai. Mau Tanya lagi:
1. Kira2 kalau rute sy Osaka-Miyajima-Kobe-Osaka, dalam 1 hari cukup nggak ya?
2. Transport lokal di Hiroshima untuk ke Tugu Bom Atom tdk di cover JR Pass ya?
3. Biaya naik ropeway di Miyajima brp ya mas?
4. Mana yg lebih efektif dan efisien dr sisi waktu dan biaya ke fujiQ, dgn JR Pass atau dengan Toku Q pack yg sudah include biaya masuk fujiQ dan bis dr shinjuku?
5. Mas boleh minta email, sy mau liatin itin sy ngaco apa nggak 😸.

Mohon pencerahanya ya Mas Takbir Dan maaf klo Pertanyaan saya njelimet.

pencarioase said...

Wah, bermanfaat banget mas takbir itenarynya. Saya rencana akan bulan madu tanggal 27 oktober sampai 4 november. Kita berangkat dari kul sampai di haneda ham 22:30, dan pulang dari kansai ke kul tgl 4 november jam 11 pagi.
Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
1. Tolong rekomendasikan itenary yang pas menurut mas takbir dgn waktu kita yg 7 hari, dan tmpt apa saja yang harus kita kunjungi?
2. Kita rencana mau ke tokyo, kyoto dan osaka. Tapi, kita juga pengen ke kota2 jauh dari tokyo . Kira2 moda transportasi apa yang paling pas utk kita di 7 hari kita di jepang? Apakah pake jr pass atau ga?
3. Tempat apa ya mas yang wajib didatangi di jepang? Tolong rekomendasinya mas?
4. Minta rekomendasi donk mas tempat onsen yang recommend dan ada di kota mana itu?

Trims mas takbir sebelumnya

Takbir said...

@Traveller

1. Kira2 kalau rute sy Osaka-Miyajima-Kobe-Osaka, dalam 1 hari cukup nggak ya?
>> Untuk menuju Miyajima dari Osaka mungkin butuh sekitar 3 Jam. Osaka ke Hiroshima dengan Shinkansen 2 Jam, Kemudian naik JR Lokal ke stasiun Miyajima 40 menit, kemudian menyeberang ke pulau Miyajima 10 menit (diluar waktu tunggu kereta dan ferry). Kalaupun mau singgah di Kobe, itu sudah kemaleman. Sebaiknya habiskan waktu sehari di Miyajima+Hiroshima aja

2. Transport lokal di Hiroshima untuk ke Tugu Bom Atom tdk di cover JR Pass ya?
>> Yang ada cuma tram. JR Pass tidak berlaku.

3. Biaya naik ropeway di Miyajima brp ya mas?
>> Kalau dari webnya 1800 yen
http://miyajima-ropeway.info/en/ropeway-fares-and-hours/index.html

4. Mana yg lebih efektif dan efisien dr sisi waktu dan biaya ke fujiQ, dgn JR Pass atau dengan Toku Q pack yg sudah include biaya masuk fujiQ dan bis dr shinjuku?
>> Sepertinya lebih efektif beli TokuQ pass. Hitung2annya lebih murah. Dan waktu tempuh lebih cepat dengan bus dibanding dengan kereta.

email: ahmad.takbir@gmail.com

Takbir said...

@pencarioase

Mungkin bisa alokasikan waktunya sehari keliling Tokyo, beberapa tempat yang menarik seperti di Asakusa, Akihabara, Harajuku dan Shibuya, Meiji Shrine

1 hari ke hakone. Sebaiknya beli free pass yang berangkat dari stasiun shinjuku, Tokyo
http://www.odakyu.jp/english/deels/freepass/hakone/

Tidak usah beli JR Pass, beli shinkansen 1 way Tokyo-Osaka saja, sekitar 14000 yen.

5 top spot Osaka, Kastil Osaka, Aquarium Raksasa Kaiyukan, Universal Studio Japan, Gedung Umeda dan Menara Tsutenkaku.
http://ahmadtakbir.blogspot.co.id/2013/04/kansai-trip-osaka.html

Kyoto bisa kunjungi Kinkaku-Ji, Kyomizudera, Fushimi Inari, etc

Kalau onsen ada di beberapa tempat, kalau dari Tokyo ada Kusatsu Hotspring
http://www.japan-guide.com/e/e7402.html
Bisa tanya juga ke hotel/hostel tempat menginap untuk tanya yang jaraknya lebih dekat
Saya tidak bisa rekomendasikan onsen, soalnya saya belum pernah

Unknown said...

terima kasih pk.Takbir

jangan bosan ya dengan pertanyaan2 saya,:)
Pak.Takbir dari stasiun osaka ke toyama berapa jam, apabisa malamnya truss langsug ke tokyo? dari dari toyama ke tokyo berapa jam?
selama 7 hari disana apa JR pass bisa mengcover biaya transport semua, osaka-toyama-tokyo-kyoto ,kobe( tempat2wisata)

salam
sarah

Takbir said...

Salam Sarah,

Osaka ke Toyama sekitar 3 jam

Toyama ---- Alpine Route ---- Shinano-Omachi

Untuk ke Tokyo ga perlu kembali ke Toyama, tapi dari Shinano-Omachi ke Tokyo sekitar 2.5 jam
Silakan baca petunjuknya di link berikut http://www.japan-guide.com/e/e7551.html

JR Pass pada dasarnya mengcover semua jalur utama antar kota yang anda tuju. Tapi untuk tempat wisata di kota tujuan mesti anda per detail lagi ke mana saja anda mau kunjungi.

Chaycya O Simanjuntak said...

Salam kenal pak Takbir..

Pak, saya berencana ke Jepang 28 Oktober-3 November nanti.

Ada pun itinerary mentah saya:
28- KuL-Haneda (nginep di bandara)
29- Hiroshima
30- Osaka
31-1- Kyoto
2-3- Tokyo-haneda

Apakah memungkinkan mengunjungi Hiroshima dengan waktu mepet seperti itu pak?
Saya berencana menggunakan willer bus express paket 3 hari 10.000 yen. Apakaah cukup waktunya?
Apa sebaiknya menggunakan JR pass saja? Sementara waktu full di Jepang cuma 5 hari.

Adakah saran itinerary dari bapak? Saya sangat berniat sekali ke Hiroshima.

Terimakasih pak Takbir..

Warm regards,

Chahaya


Takbir said...

Salam Chahaya,

Untuk waktu 5 hari dengan itinerary di atas saya rasa cukup. Tapi sebaiknya jangan naik Willer Bus, memang murah tapi mengambil banyak waktu di perjalanan dan juga melelahkan. Tokyo ke Hiroshima bisa lebih 12-15 Jam.

Sebaiknya beli JR pass 7 hari yang seharga 29000 Yen. Itu sudah menguntungkan, hitungan kasarnya Tokyo-Hiroshima 18000 Yen (4 jam), Hiroshima-Osaka 11000 Yen (2 jam), Osaka-Kyoto 1500 Yen (15 menit), Kyoto-Tokyo 13000 yen (2 jam). Total biaya kalau beli tiket shinkansen ketengan sudah sekitar 43000 yen, belum lagi unlimited ride kereta lokal JR dan ferry satu kali bolak-balik pulau miyajima di hiroshima.

Pengaturan urutan kotanya sudah bagus Tokyo-Hiroshima dan Miyajima-Osaka-Kyoto-Tokyo, untuk detail tempat wisata yang ingin dikunjungi di setiap kota silakan baca-baca dulu di blog ini atau tulisan catper tentang jepang yang lain yang sangat banyak saya kira. Nanti saya bantu kalau ada detail-detail yang kurang jelas.

Unknown said...

Pak Takbir,

saya ada rencana ke osaka selama 4hr. hr ke-5 balik jakarta. untuk itinerary kurang lebih :
1. day 1 : sampai osaka
- USJ (kastil harry potter aja)
- Osaka castle
- kulineran di osaka + cr oleh2 biar ga bingung
2. Day 2 : Tokyo
- tokyo tower
- tokyo dome
- kamakura *tentatif
- Shinjuku/shibuya/imperial palace
- balik osaka via shinkansen
3. Day 3 : Mt.Fuji
- via shinkansen ke mishima, dilanjut mishima-kawaguchiko
- balik osaka, jalan2 sekitar osaka (kalau sempat ke osaka kaiyukan)
4. Day 4 : Kyoto
- Fushimi inari shrine (kl ga salah)
- Bamboo forest
- Kyoto imperial palace
- balik ke osaka
5. day 5 : balik ke jakarta

kalau melihat itin di atas, apakah worth it untuk beli JR Pass ya pak? pengen naek willer bus, tp takut engga kuat kl hrs tidur di jalan selama beberapa hari.


salam,

Takbir said...

Salam Nina,

Melihat itinerary mu, memang sebaiknya beli JR pass saja. Perhatikan bahwa jadwal Shinkansen terakhir itu sekitar pukul 22.00-23.00.

Beberapa masukan di itinerary kamu,

Day-2 Kamakura di skip saja. Kamakura perlu setengah hari sendiri, lagi pula kamu akan ke Kyoto. Hampir mirip dengan banyaknya kuil-kuil dan shrine. Saya sarankan ke Kamakura bagi yang tidak ada jadwal ke Kyoto. Dan hanya di sekeliling Tokyo saja.
Mungkin tambahkan ke Ginza, Akihabara dan Harajuku, atau ke Asakusa juga.

Day-4 Di Kyoto jangan lewatkan Kinkaku-ji (kuil emas). Kyomizudera juga menarik di musim gugur.

Unknown said...

Mas Takbir
Salam kenal. Saya susan mau tanya nih.
Saya akan ke osaka, kyoto dan hiroshima selama 10 hari dari tgl 16 Oktober 2015. Dari kansai airport saya hrs menuju daerah Namba tempat menginap (hotel metro 12th). Yang saya mau tanya apakah JRPASS bisa digunakan dengan Nankai express sba saya sudah terlanjur membeli JRPASS atau saya hrs beli tiket lagi utk menuju Namba. Thanks ya.

Takbir said...

Salam Susan,

JR Pass tidak berlaku di jaringan kereta Nankai Railway.
Dari Kansai Airport, kamu bisa pakai JR Pass untuk menuju Namba dengan kereta JR.
Dari Kansai naik JR Kanku-Rapid hingga stasiun Tennoji, kemudian pindah kereta JR Kansai Line hingga ke stasiun JR Namba

Unknown said...

Mas Takbir....

Thanks atas informasinya. Oh...ya.. apakah ada saran untuk saya dapat menggunakan secara maksimal JRPASS saya yang 7 hari di kyoto. Sebab saya akan tinggal di Kyoto selama 7 hari.

Jadi saya ada rencana menggaktifkannya tgl 17 Oktober yang akan digunakan dari Osaka ke Kyoto. Dan saya akan menggunakan lagi dari Kyoto ke Hiroshima. Apakah ada saran ke kota mana saja dari Kyoto yang dapat saya datangi untuk memaksimalkan penggunaan JRPASS saya.

Thanks
susan

Takbir said...

Mba Susan,

Untuk manfaatkan JR pass selama 7 hari dengan base-nya dari Kyoto, bisa pertimbangkan lokasi berikut:

H1: Hiroshima dan Miyajima
H2: Nagoya
H3: Takayama dan Shirakawa-go. Dari Takayama ke Kawaguchiko hanya bisa dengan bus, mesti beli pass sekitar 4300 yen
H4: Himeji dan Kobe
H5: Nara dan Osaka
H6: Tokyo
H7: Tateyama Kurobe Alpine route

Jangan lewatkan festival Jidai Matsurii di Kyoto pada tanggal 22 October

Unknown said...

Assalamualaikum. Mas Takbir, perkenalkan nama saya dwi, sekarang sedang kuliah di IUJ, di Urasa, Niigata Prefecture.

Rencananya istri dan anak saya (perempuan, 3 tahun) akan berkunjung kesini 5 hari dari tanggal 21 maret (berangkat) sampai 27 maret (pulang) untuk wisata di tokyo dan kyoto. itin nya yang pas gimana yaa mas? sekalian dengan rute saya dari urasa menuju kyoto atau tokyo. apakah perlu membeli JR pass untuk naik shinkansen? anak kecil sudah harus bayar tiket kereta juga ga mas?

oiya mas, kita belum beli tiket juga karena belum ada perencanaan matang untuk hal ini. jadi belum ditentukan datang di bandara mana dan pulang dari bandara mana. minta link penginapan juga yaa mas.

kita tunggu jawabannya mas. terima kasih

Takbir said...

Wa alaikum salam mas Dwi,

Mas Dwi tidak bisa beli JR Pass, karena sebagai pelajar visa nya pasti bukan temporary visitor. JR Pass hanya dibolehkan untuk visa temporary visitor dan vouchernya dibeli diluar jepang. Penukaran vouchernya begitu sampai di Jepang, di kantor JR di stasiun besar mana saja.

Anak 3 tahun masih bebas, tidak perlu beli. Kategori anak yang harus beli JR pass umur 6-11 tahun.

Tentang JR Pass baca di link ini http://www.japanrailpass.net/en/about_jrp.html

Karena itu sebaiknya mas Dwi jemput di Tokyo saja, untuk hemat ongkos.

Untuk waktu 5 hari bisa di atur 2 hari di Tokyo, 2 hari di Kyoto dan sehari di Osaka. Untuk pilihan tempat yang ingin dikunjungi silakan baca2 dulu di blog ini.

Untuk dari Urasa ke Tokyo ada kereta Max Toki, waktu tempuh 86 menit, ongkos sekali jalan 8200 yen.

Untuk hemat waktu jika ingin ke Kyoto ya sebaiknya naik Shinkansen, sekitar 13000 one way.

Jika pertimbangan ongkos terlalu mahal, bisa juga itinerarya di sekitaran Tokyo saja dulu. Bisa atur 3 Hari di Tokyo, 1 Hari di Kamakura dan Yokohama, dan 1 hari di Nikko.

Chaycya O Simanjuntak said...

Waah baru baca pak. Terimakasih jawabannya.
Tapi saya udah mengubah itinerary menjadi sbb:

28 Oktober: Kuala Lumpur -Haneda
29 Oktober: Tokyo ( one day tur)- lanjut bus willer over night to Osaka.
30 Oktober: Osaka-Nara- Osaka (tetap memakai Willer)
31 Oktober: Osaka-Kyoto (by shinkansen)
1 November: Kyoto (willer bus over night ke Tokyo)
2: Tokyo- Takaosan
3: Haneda balik ke KL.

Nah saya mau bertanya pak. Saking banyaknya pilihan jadi bingung sementra waktu udh mepet.

1. Dari Haneda ke Tokyo, naik apa ya pak yg termurah. Tujuan awalnyan ke Shinzuku.
2. Trus selama di Tokyko, apa sebaiknya memakain one day Jr pass atau Soeica?
3. Di Kyoto dan Osaka, adakah one day pass transport yg menjangkau daerah wisata?

Terimakasih pak Takbir. Mohon maaf apabila banyak bertanya.. :)

Ps: Hiroshima akan menjadi kunjungan selanjutnya. If God will.

Takbir said...

Mba Chahaya,

1. Dari haneda bisa naik Tokyo Monorail hingga stasiun Hamamatsucho, kemudian pindah naik Yamanote Line hingga Shinjuku (Ongkosnya 690 Yen)
2. Sebaiknya beli Suica saja, selain bayar kereta juga bisa untuk bayar di minimarket
3. Di Kyoto pakai one day pass bus kota aja (500 yen). Bisa beli di supir bus atau mesin di halte bus stasiun Kyoto.
Di Osaka bisa beli one day pass (termasuk bus dan subway) seharga 1200 yen. Beli di Kantor informasi di stasiun subway mana saja di Osaka.

Btw, jadwalmu yang tanggal 30 oktober, ngapain naik Willer ke Nara dari Osaka? Bus jadwalnya ga banyak, sedangkan kereta bisa setiap saat. Ongkos Osaka-Nara sekitar 550 yen

Unknown said...

Assalamualaikum Mas Takbir,

saya Raiza. Desember ini saya rencana ke korea yang harus transit di KIX Osaka terlebih dahulu pada tgl 9 desember siang dan terbang menuju seoul di tgl 10 dec jam 9 pagi. apakah memungkinkan untuk mengunjungi daerah menarik yang dekat bandara dalam waktu kurang dari satu hari. jika mungkin tempat apa yg bisa dikunjungi. karena sangat disayangkan sudah sampai jepang jika saya tidak memanfaatkan waktu tersebut dan harus menunggu flight sampai esok harinya.

Thanks mas.

Takbir said...

Wa alaikum salam,

Kalau memang bisa dapat visa transit dan punya waktu. Bisa dari bandara ke Osaka Castle. Dari Bandara naik JR Kanku-rapid hingga stasiun Tennoji, kemudian pindah naik Osaka Loop-line hingga stasiun Osakajokoen.

Dari osaka Castle selesai sore, bisa jalan2 ke Universal Studio, ga perlu masuk wahana nya di depannya banyak toko-toko yang menarik atau kalau tidak keliling saja di daerah Namba. Malam sekitar jam 10 kembali ke Bandara. Nginap di bandara saja tunggu penerbangan paginya.

Unknown said...

Selamat siang pak takbir
saya marisa.sy mohon bantuannya ya pak..
tgl 17 november pagi saya tiba di haneda dan sudah booking hotel di best western sampai tgl 20.dan rencana awal tgl 20-22 sy bermalam di osaka.dikarenakan pesawat sy balik ke ind via osaka.yg ingin saya tanyakan pak :
1.saya belum mmbuat itin dgn pasti utk slma brada di tokyo nanti
2.brapa lama jarak tempuh tokyo(dr tmpt sy menginap best western)-osaka jika menggunakan train.dan apakah mnurut bapak lebih menguntungkan utk sy mmbeli package JRpass 7days.krna renca awal saya justru ingin menuju tokyo-osaka dgn pesawat peach air(krna ingin menghemat waktu.sempat ada info kalo tokyo-osaka sktar 5jam).dan di osaka sy belum issued hotel.krna masih bingung hrs menginap di kyoto atau langsung osaka.mengingat saya hrs kembali dr osaka-ind
3.menurut bapak bagaimana menyusun itin dgn mghemat waktu dan biaya utk rute tokyo
4.dan mana yg lbh bs menghemat waktu dan biaya setelah saya chek out dr tokyo menuju osaka.
mohon saran nya ya pak.terimakasih banyam

Takbir said...

Salam mba Marisa,

Untuk itinerary di Tokyo, yang standarnya saya kira: Shibuya, Harajuku, Meiji Shrine, Imperial Palace, Asakusa, Odaiba, Akihabara. Kecuali kalau ada tempat-tempat tertentu yang ingin dikunjungi, nanti dibantu susun jadwalnya.

Hotel best western dekat stasiun Shinjuku di Tokyo? Kalau mau naik shinkansen, kamu naik JR Yamanote Line ke stasiun Shinagawa (mgkin sekitar 15 menit) kemudian naik Shinkansen ke Osaka (sekitar 14000 Yen, 2 jam 30 menit)

Pilih menginap di Osaka atau Kyoto saya kira tergantung berapa lama waktu yang kamu alokasikan di setiap kotanya, dan juga apakah akan mengunjungi tempat lainnya di sekitar wilayah Kansai, seperti Nara, Kobe, Himeji, etc. Kalau pertimbangan jarak ke bandara Kansai, saya kira Kyoto dan Osaka tidak terlampau jauh. Osaka - Kyoto dengan kereta lokal sekitar 30-45 menit.

Kalau tujuanmu hanya Tokyo dan Osaka/Kyoto saya kira tidak perlu beli JR pass. Keliling di tokyo dan osaka pakai kartu suica saja. Di Kyoto bisa beli tiket bus one day pass 500 yen. Untuk transportasi dari Tokyo ke Osaka naik bus willer saja (waktu tempuh sekitar 8 jam). Kalau cepat pesannya bisa dapat 5000-6000 Yen sekali jalan. Tempat halte bus Willer juga di dekat stasiun Shinjuku.

Link bus willer http://willerexpress.com/en/

Traveler said...

Assalamualaikum mas Takbir, sy mau nanya lagi nih. Untuk perjalanan Hokkaido ke Tokyo by night train JR Pass susah nggak sih? Apakah jadwal kereta malamnya ada setiap hari? Situs hyperdia jadwalnya sesuai dengan real kan? Bisa nggak reserve seat di hari pertama sy aktifin JR Pass? Sy rencana ke Hokkaido nya di hari ke 6 masa berlaku JR saya. Mohon pencerahanya. Terima kasih. Wassalamualaikum WR. WB.

Takbir said...

Wa alaikum salam,

Situs Hyperdia valid kok. Selain itu, saya biasa pakai http://www.jorudan.co.jp/english/
Susah apa tidaknya kereta dari Tokyo hingga ke Sapporo, saya belum pernah. Tapi lama perjalanannya yang jelas bikin capek. Kalau lihat cek di hyperdia, jalur kereta dan waktunya jelas, sepertinya tidak susah. Kalau sudah terbiasa dengan sistem kereta Jepang, pasti tidak akan sulit. Jangan ragu bertanya ke kantor informasi di setiap stasiun.

Soal reserve seat bisa begitu JR pass nya aktif. Tapi sepertinya tidak semua line. Sebaiknya langsung tanyakan ke petugas JR begitu aktifasi, agar kamu ga nombok atau tengsin karena duduk di reserved seat orang :)

Anonymous said...

Salam kenal, tgl 2-10 April 2016,saya akan pergi ke Jepang ala backpacker berdua dg teman. Tgl 2 tiba di Tokyo malam hari,balik dari Tokyo tgl 10 April.
Mohon saran itinerarynya bgm,saya suka photo hunting.Ingin ke Osaka, Kyoto, Mt Fuji/Kawaguchiko,Tokyo.Saya sfh book hotel di Osaka 2 hari.Tapi bisa dibatalkan klo ada alternatif yg lbh baik.Apakah sebaiknya saya ke Kawaguchiko dari Tokyo atau dariTokyo?Sebaiknya saya menginap dimana utk di Kyoto dan Tokyo?Saya rencana naik bis Willer dari Kyoto,apakah itu good idea, ato saya ke Tokyo via Kawaguchiko?apakah sy tdk perlu menginap fi Kawaguchiko utk hemat waktu?
Tempat2 mana saja yg bagus utk photo hunting.Tlg bantu itinerary dan transportasinya.Terima kasih

Anonymous said...

Koreksi ,saya tiba di Osaka tgl 2 April,balik dari Tokyo,jd efektif tgl 3 -9April.
Tolong bantuan itinerary dan jenis transportasinya.
Terima kasih.

Takbir said...

Salam kenal,

Awal april itu musim sakura. Jadi liburan anda akan banyak dihiasi dengan foto bunga sakura.
Menginap saja di Osaka selama jadwal nya di Osaka dan Kyoto. Cari hostel yang agak dekat dari jalur kereta Osaka loop-line. Osaka ke Kyoto sekitar 40 menit dengan kereta lokal, mungkin sekitar 450 yen sekali jalan.
Untuk tempat yang bagus didatangi di Osaka/Kyoto bisa baca di blog ini juga.
Jika ingin naik willer, ambil yang jadwal keberangkatan malam jadi tiba di Tokyo pagi. jadwalkan aja keliling Tokyo aja dulu sehari, esoknya baru ke kawaguchiko. Ke kawaguchiko bisa dengan naik bus atau kereta lokal. Menurut saya tidak perlu sampai menginap di sana.
Untuk foto hunting, di Osaka di sekitar Osaka Castle. Di Kyoto bisa ke Kinkaku-ji, Kyomizu dera, Arashiyama, Fushimi Inari.
Kalau di Tokyo, bisa ke Ueno untuk hunting foto Sakura, bisa ke Shibuya jika minatnya hunting foto keramaian, atau foto malam kota Tokyo dari Odaiba

Unknown said...

Dear Pak Takbir...

Saya rencana ke Jepang tanggal 4-14 Desember 2015.
Keberangkatan dari Jakarta ke Haneda tgl 4 Des 2015.
Kembali dari Osaka ke Jakarta tanggal 14 Des 2015.
Dari Jakarta tgl 4 Des 2015 tiba di Haneda keesokan harinya jam 8.30.

Saya menginap di daerah Akihabara dari tgl 5-7 Desember 2015.
Penginapan yang sudah confirm hanya tanggal itu saja, selebihnya saya belum booked hotel.
Mohon bantuan Pak Takbir untuk itin nya yang cocok pada saat musim Desember itu.
Dengan kedatangan di Tokyo sampai kembali ke Jakarta via Osaka.

Mohon bantuannya ya Pak.


Tks & salam,
Ana

Takbir said...

Salam Ana,

Liburan awal desember itu waktunya agak tanggung menurut saya. Musim gugur menjelang berakhir, daun koyo yang berwarna-warni sudah rontok, dan baru masuk musim dingin, salju belum ada.

Waktu 10 hari mungkin bisa kamu atur sbb:
Des 5-7: keliling Tokyo
Des 8: One day trip ke hakone. Malamnya naik willer bus ke Osaka
Des 9: keliling Osaka
Des 10-11: keliling Kyoto
Des 12: Nara
Des 13: Himeji dan Kobe

Selain di Tokyo, penginapan bisa cari di Kyoto saja atau Osaka saja.
Akan lebih baik jika kamu atur dulu itinerary tempat yang ingin kamu kunjungi, jika ada detail yang ingin ditanyakan nanti saya bantu.

Unknown said...

Salam mas Takbir,

Saya akan berangkat ke jepang untuk pertama kalinya niy....dari Jakarta ke Kansai Osaka pada tgl 23 Des 2015,mohon itinerary nya mas karena saya berencana di Osaka hanya 1-2 hari dan lanjut ke tokyo.
Saya,Istri dan 1 anak usia 6th,1 anak usia 1.5th

yang saya ingin tau kira2 penginapan yang baik buat kami sekeluarga dan itinerary selama di osaka

Trus kira2 naik transport apa dan beli dimana dari Osaka ke Tokyo(itinerary selama di tokyo)

Kami berencana tgl 27/28 Des sudah di nagoya karena adik saya tgl disana dan kepulangan ke Jakarta dari Nagoya pd tgl 2 Jan 2016.

Terima kasih mas.

Unknown said...

Oiya mas rencananya kita ingin:

1 hari di Osaka
1 Hari di Kyoto
dan 2 Hari di Tokyo

Setelah itu dari Tokyo sy lsg ke Nagoya ketempat adik saya.

Mohon itin nya mas untuk schedule diatas beserta transportasi dari Osaka ke Kyoto dan dari Kyoto ke Tokyo.Thanks

Unknown said...

Salam mas takbir,
Minggu depan sya berangkat ke japang lewat airport kansai osaka, apa yang hrus sya naiki angkutan dri airport kansai osaka ke hotel rihga nakano sima in,,,,,trims,,,,!!!

Takbir said...

Salam mas Dede,

Untuk penginapan sebaiknya mungkin cari di Kyoto saja, mengingat anda bersama keluarga dengan anak kecil, dan akan lanjut ke Tokyo.
Penginapan yang terjangkau bisa coba di k house backpacker. Mereka punya kamar triple yang bisa menampung anda sekeluarga, rate 3700 yen semalam. Saya masih belum coba simulasi apakah itu dihitung per orang atau per kepala, karena di Jepang di hotel sering ada charge tambahan kalau orang lebih dari satu. Silakan cek di link ini: http://kshouse.jp/kyoto-e/room.html sebaiknya book lebih awal karena k house ini termasuk favorit, karena tempatnya bagus dan tidak jauh dari Kyoto Station.

Untuk itinerary di Kyoto bisa: fushimi inari (naik kereta dari kyoto station ke inari station 6 menit), kinkaku ji (naik bus dari kyoto station), kyomizu dera dan higashiyama, keliling kawamari dori.
Untuk Osaka dari Kyoto sekitar 40 menit dengan kereta lokal: bisa ke Osaka Castle, Kaiyukan aquarium (ini agak mahal tiket masuknya 2300 yen), universal studio, atau jalan-jalan sekitaran namba

Dari Kyoto ke Tokyo paling enak ya naik Shinkansen, waktu tempuh 2 jam, mungkin tiket sekarang sekitar 13ribu yen per orang. Mungkin anak kecil di bawah 6 tahun itu masih gratis.

Kalau di Tokyo jalan-jalan sekitar Shibuya, Harajuku, lihat2 imperial palace, Asakusa, Odaiba, Akihabara, dll

Takbir said...

Salam Akma,

Dari website hotelnya, mereka sediakan shuttle bus dari Osaka station, jadi dari Kansai airport ke Osaka station naik JR Hanwa-kansaikuko line. Di station Osaka nanti keluar lewat Sakura-bashi exit, kalau dari webnya shuttle bus dekat situ.
http://www.rihga.com/osaka/map_directions

Atau kalau mau langsung, dari Kansai Airport naik kereta JR kansaikuko line hingga ke station Hineno, kemudian lanjut dengan JR Hanwa line hingga ke Tennoji, dari situ pindah naik Osaka city subway-Tanimachi line hingga ke station Temmabashi, kemudian pindah naik Keihan-Nakanoshima line hingga station Nakanoshima. Total ongkos sekitar 1500 yen.

Anonymous said...

Pak,terima kasih utk ide2nya.
Saya rencana mau beli tiket bus malam willer express utk bulan April 2016.Tetapi saya check websitenya unavailable atau kita harus tunggu berapa bulan baru bisa book tiket tsb?
Saya masih kesulitan book penginapan di kota2 yang saya akan kunjungi ,kebanyakan sudah unavailable.Sebaiknya kita book lewat mana yg lebih mudah ya,kdg lokasi cocok tp smoking room dsb.Saya sering backpacker tapi benar2 mengalami kesulitan dg penginapan menjelang sakura season ini.Sebaiknya saya menginap di daerah mana utk kota2 yg saya kunjungi tsb selain Kyoto station, Osaka station dan shinjuku station?
Kalau mau ke pulau Miyajima sebaiknya dari mana yg paling dekat ,mengingat itinerary saya : OSAKA-KYOTO-TOKYO.
Terma kasih banyak utk bantuannya.

Takbir said...

Untuk willer express silakan coba lagi setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan.

Untuk penginapan bisa coba di hostelworld.com

Untuk cari penginapan di Tokyo yang penting dekat dari stasiun kereta mana saja menurut saya. Akan lebih bagus jika dekat dari jalur Yamanote line. Kalau di Osaka yang dekat dengan Osaka loop line. Dan di Kyoto yang penting ga jauh dari jalur bus kota. Setiap hostel tentu memberikan petunjuk akses menuju ke tempat mereka. Dan saya rasa sebagian besar hostel tidak terletak jauh dari keramaian kok.

Kalau mau ke Pulau Miyajima, anda harus ke Hiroshima dulu. Dari Osaka naik shinkansen 2 jam, kalau naik bis mungkin 8-10 jam.

glodok said...

Malam mas Takbir, perkenalkan nama saya, Patricia. Saya dan suami rencana mau backpacking ke jepang. Sekitar tanggal 23-30 maret, dan kami tiba di Narita, Tokyo sore jam 4. Dan ini pertama kali saya dan suami ke jepang :D jujur saya masih bingung mau optimalkan utk jalan kemana aja. Karena saya cuma kenal dgn nama kota2 besar aja spt : tokyo, osaka, kyoto.

Saya ingin mengunjungi spt :
1. gunung fuji
2. universal studio
{ini tempat yang pasti kami ingin kunjungi, belum terpikir tempat lain nya hehhehe}

Pertanyaan saya :
1. Lebih bagus jalan ke kota mana dulu? mengingat hari pertama tiba di tokyo sudah sore
2. apakah travelling antar kota dengan willer express, tersedia bnyk jadwal keberangkatan nya?itung2 bs irit biaya heehhehe, krn sy dgr JR pass cukup mahal

Sekalian minta saran dari mas Takbir untuk masukan jadwal kami, biar padat dan ga buang waktu

Sebelum nya Terima kasih banyak.

Takbir said...

Mba Patricia,

Kalau tiba di Tokyo, sebaiknya atur pulangnya lewat Kansai (Osaka)

Tiba sore hari sebaiknya menginap di Tokyo saja. Esoknya bisa keliling Tokyo dulu. Yang umum di Tokyo: Asakusa, Shibuya, Harajuku, Ginza, imperial palace, Odaiba, etc
Hari kedua baru ke gunung fuji. Pilihannya bisa via Kawaguchiko, jarak dengan gunung fuji lebih dekat, atau via Hakone yang menawarkan variasi perjalanan dengan kereta gantung dan perahu.

Malamnya naik bus ke Kyoto.

Willer express punya banyak tujuan kota di Jepang. Mengenai jadwalnya, biasanya cuma dua tiga kali sehari, pilihannya perjalanan pagi atau malam. Yang banyak dipilih orang perjalanan malam sekalian menghemat biaya akomodasi.

Tempat tujuan umum di Kyoto: kinkakuji, kyomizudera, fushimi inari, arashiyama, gion etc
Di Osaka: Universal Studio, Osaka castle, Namba
Kalau sempat, bisa juga jadwalkan ke Nara, sekitar 45 menit baik itu dari Osaka atau Kyoto.

glodok said...

Makasih banyak atas masukan nya mas Takbir.

Tujuan saya memang spt mas Takbir tuliskan, bermalam di willer express, biar irit hotel heehehehe....

Maaf mau tanya lagi, apakah osaka-nara-kobe-kyoto-nagoya, berdekatan? maksud saya, misal dari osaka, sekalian main ke tmpt2 tsb {spt yg mas Takbir sarankan}, kira2 butuh brp hari?

Sekali lagi makasih banyak atas masukan mas Takbir.


Takbir said...

Nara dan Kobe bisa dialokasikan sehari saja untuk kedua tempat tersebut asal jalannya pagi.
Jam 8 pagi berangkat dari Osaka/Kyoto ke Nara (sekitar 45 menit dgn kereta lokal). Kemudian siang maksimal jam 1 sudah berangkat dari Nara menuju Kobe via Osaka (sekitar 1.5 jam dengan kereta lokal).

Kalau Nagoya dari Kyoto butuh sekitar 2 jam dengan kereta lokal (2500 yen sekali jalan) atau kalau mau cepat dengan shinkansen cuma 30 menit (5600 yen sekali jalan)

glodok said...

makasih banyak info nya mas Takbir. Berkah bagi mas Takbir yang baik.

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 400   Newer› Newest»