Tuesday, October 9, 2012

Danau Kawaguchiko

Danau Kawaguchi-ko terletak dekat dari Gunung Fuji. Terdapat 5 danau, tapi yang pengelolaannya sudah teratur dan tertata hanya Danau Kawaguchi-ko ini. Banyak hotel dan resort yang tersedia di sekitar danau ini. Satu danau lagi yang sedikit di tata adalah Danau Saiko, umumnya dikunjungi oleh orang yang ingin memancing dan berkemah di tepi danau.

Kami berlima menuju Kawaguchiko dari arah Yokohama. Berangkat sekitar pukul 7.30 dengan kereta Yokohama Line menuju stasiun Hachioji. Untuk hari biasa, dari Hachioji harus pindah kereta Chuo Line menuju Otsuki. Dan dari Otsuki pindah kereta lagi dengan Fujikyu Railway. Tetapi pada hari libur, JR menyediakan kereta ekspress dari Shinjuku langsung ke Kawaguchiko. Hanya satu kali perjalanan pada hari libur. Berangkat dari Shinjuku pukul 08.14 pagi. Kereta ini berhenti di Hachioji pukul 08.53, dengan kereta inilah kami langsung menuju Kawaguchiko. Total biaya satu kali perjalanan dengan kereta dari Yokohama atau dari Tokyo sekitar 2500 yen. Pilihan lain untuk menuju ke sana adalah dengan Highway Bus dari Shinjuku yang lebih murah, seharga 1700 yen. Perjalanan dengan kereta lebih menyenangkan menurut saya karena lebih banyak pemandangan yang bisa dilihat. Total waktu perjalanan dengan kereta sekitar 3 jam dari Yokohama atau area Tokyo dan sekitar 2.5 jam dengan naik bus. Berikut link untuk akses dan transportasi menuju Kawaguchiko: http://www.japan-guide.com/e/e6905.html
Dari Stasiun Kawaguchiko menuju Danau Kawaguchi-ko, bisa dengan jalan kaki sekitar 15 menit. Tidak begitu jauh menurut saya. Tapi untuk menghemat waktu dan tenaga untuk berkeliling di sekitar Danau Kawaguchi-ko sebaiknya dengan naik Retro Bus. Pemberhentian bus nomor satu persis di depan pintu keluar dari Stasiun Kawaguchiko. Pass yang berlaku 2 hari bisa dibeli di atas bus kepada supirnya seharga 1000 yen untuk jalur Danau Kawaguchi-ko saja. Serta 1300 yen untuk keliling Danau Kawaguchi-ko dan Danau Saiko yang sedikit lebih jauh.
Kami berlima tanpa tanya-tanya lagi langsung naik bus retro setelah membeli pass yang seharga 1300 yen. Tujuan kami sebenarnya keliling Danau Kawaguchi-ko, tapi ternyata kami salah naik bus. Bus yang kami naiki untuk jalur Danau Saiko. Beberapa halte awal masih sama dengan halte jalur Danau Kawaguchi-ko, baru sadar salah jurusan setelah melihat nomor pemberhentian halte nomor 56. Lah kok sudah nomor 56? Bukannya paling jauh nomor 21? Segera buka peta jalur bus yang saya minta di pusat informasi, ternyata benar kami salah naik bus. Karena alasan untuk menghemat waktu dan tidak mau berkeliling terlalu jauh di sekitar Danau Saiko. Kami pun berhenti di halte nomor 78. Mumpung di situ, kami manfaatkan berfoto-foto di tepi Danau Saiko. Dan menemukan tempat yang lapang di tepi danau untuk sekalian sholat saja, biar rasanya lebih lega untuk kelilingnya nanti.

Boyband lawas, 'Wrong Direction' dengan single teranyar 'Salah Jurusan'. 
Dari Danau Saiko kami kembali naik bus retro arah sebaliknya menuju Danau Kawaguchi-ko. Di Danau Kawaguchi-ko, yang ramai dikunjungi pelancong adalah kapal ferry yang berkeliling danau dan kereta gantung. Letak sandaran kapal ferry dan wahana kereta gantung tersebut saling berdekatan. Tapi tujuan kami sekedar berkeliling mengambil gambar di sekitar tepi danau. Hanya saja sayang sekali hari ini saat kami berkunjung, paginya hujan, dan puncak Gunung Fuji tertutup awan jadi rasanya kurang puas saja.

Sandaran ferry dengan latar kereta gantung yang tidak jauh dari situ
Pemandangan Danau Kawaguchi-ko dengan latar Gunung Fuji yang berawan
Di hari dengan langit yang lebih cerah, biasanya pada musim dingin, seharusnya tampilan seperti ini yang kami harapkan. *Gambar dari Internet



Wassalam,
Takbir

9 comments:

Lafadh said...

Pak...boleh minta pencerahannya ? April taun depan saya berencana kesana, tiket sudah ditangan. Flight saya Jkt-Haneda trus pulangnya Kansai-jakarta. Itin kasar saya sbb :
Day 1 .Exploring Tokyo
Day 2.Visit Mt.Fuji
Day 3-4 Kyoto
Day 5-6 Shirakawa Go & Tateyama Alpine Route
Day 7 Osaka

Kira2 sudah possible ga rutenya ? trus dengan rute tersebut JR pass menguntungkan kita tdk ? Terimakasih.

Takbir said...

Menurut saya, jalurnya harusnya dari Tokyo ke Tateyama dan Shirakawa Go dulu sebelum ke Kyoto dan Osaka. Kalau dari itinerary anda ini, beli JR Pass cukup menguntungkan, selain biaya juga waktu. Karena kalau cuma punya 7 hari itu terlalu sebentar. Tapi dengan JR Pass, anda bisa menghemat waktu perjalanan antar kota karena bisa menggunakan Shinkansen.

Unknown said...

Salam kenal mas takbir..saya berencana akhir bulan mei selama 6 hari mengunjungi lake kawaguchiko, alpen route ,disney sea dan seputaran tokyo seperti asakusa,odaiba, harajuku, shibuya.. yg ingin saya tanyakan
1.lebih ekonomis mana membeli jr east pass (ke alpen route via shinamo omachi) atau kombinasi dari tokyo subway pass + tokyo free kippu?
2. Selain di alpen route apakah ada alternatif tempat wisata yg lainkah untuk melihat salju? Mengingat Saya pergi dr tgl 26-31 mei
3. Apakah untuk menuju snow corridor bisa ditempuh dgn berjalan kaki dari station murodo. Krn saya rencananya hanya mau roundtrip dari ogizawa-.murodo.
Terimakasih...

Takbir said...

Salam kenal mba Hananti,

1. Kalau memang akan ke alpine route, saya kira akan lebih hemat dengan jr east pass
2. Akhir mei itu sudah memasuki musim panas, untuk sekitaran Tokyo sepertinya sudah tidak ada salju lagi. Untuk pemandangan alpine route dimana jalur snow corridor murodo yang kiri kanan dinding es itu sekitar akhir april. Saya tidak yakin masih ada di akhir bulan mei.
3. Di snow corridor harus naik bis. Nanti akan diturunkan di snow corridor buat lihat2 dan foto2.

Lebih jelas bisa baca di sini:
http://www.japan-guide.com/e/e7550.html

Unknown said...

Salam kenal mas, mau tanya kalau dari osaka ke shirakawa go, perlu menginap atau bisa pp, repot kl harus bawa2 koper, aku rencana stay di osaka, terima kasih

Takbir said...

Dari Osaka ke Shirakawa Go bisa via Kanazawa atau via Nagoya. Dulu saya via Nagoya.
Osaka-Nagoya sekitar 45 menit dengan Shinkansen. Nagoya ke Shirakawa-go sekitar 3 jam. How to get there silakan baca di sini http://www.japan-guide.com/e/e5953.html
Saya juga pernah ke sana, catatannya baca di sini http://ahmadtakbir.blogspot.com/2012/06/takayama-dan-shirakawa-go.html

Kalau menurut saya PP akan sangat melelahkan dan tidak puas eksplore nya. Kalau mau menginap sehari di Takayama lebih baik saya rasa.

santi said...

Pak..boleh minta pencerahan? Saya baru pertama kali ke Jepang dan rencana trip 27 maret-2 april 2017 dengan tujuan osaka-kyoto-hakone+mt+fuji+nara-kobe-tokyo. Apakah itinerary saya sudah tepat (efisien waktu dan biaya transportasi). Sebaiknya saya beli tiket keretanya seperti apa? One way tiket or bgmn? Apakah tanggal itu biasanya sudah mulai mekar sakuranya? Saya rcn brkt 27 malam.
Terima kasih ya..

Takbir said...

Salam mba Santi,

Waktu mu cuma 6 hari ya.

Waktu sakura biasanya awal april hingga minggu ke-3 april.
Supaya efisien, beli tiket pesawat yg tiba di Osaka dan pulangnya dari Tokyo atau sebaliknya.

Kalau budget ga masalah, beli one way shinkansen tiket aja dari Kyoto ke Tokyo.
Untuk dalam kota Kota bisa beli satuan tiap kali naik kereta, atau beli 1 day pass. Untuk Kyoto beli 1 day pass bus 500 yen.

Hari-1 bisa keliling Osaka
Hari-2 keliling Nara dan Kobe
Hari-3 keliling Kyoto
Hari-4 menuju Tokyo, kemudian keliling kota Tokyo
Hari-5 ke Mount Fuji, bisa pilih ke Hakone atau Kawaguchiko
Hari-6 keliling Tokyo

nunuk indrawati said...

salam kenal pak,

pak mau tanya, rencana tgl 17 saya berangkat ke jepang tiba tgl 18 menuju osaka, itinerary saya sbb:
hari 1 :osaka
osaka castle, dotonbori/namba/shinsaibashi
hari2 :kyoto
Fushimi innari shrine
Higayashima distric
Gion
hari 3 : menuju kyoto
Arashiyama bamboo grove
Kinkakuji temple
Kiyomizudera temple
hari 4 : menuju shirakawa go
shirakawa go
menuju kawaguchiko
hari 5 : fuji
Kawaguchiko lake
Kachi-kachi ropeway
Shibazakura park
chuereto pagoda
Iyashi no sato
hari 6 : menuju gotenba
explore gotenba
menuju tokyo
hari 7 : tokyo
explore tokyo
hari 8 : kembali ke sby

mohon pencerahannya pak, apakah itinerary saya memungkinkan terlebih untuk hari ke 4. dan apakah saya perlu membeli JR pass ato ada alternatif lainnya pak? terima kasih