Monday, July 22, 2013

Belanja Gila di Bangkok


Harga barang terutama pakaian dan makanan relatif lebih murah di Bangkok di bandingkan Jakarta atau kota-kota besar Indonesia lainnya. Makanya kadang orang Indonesia dan atau Malaysia yang datang ke Bangkok tujuannya adalah wisata belanja. Terutama wanita tentu saja. Termasuk tante saya yang berlibur ke Bangkok. Sejak datang yang dipikirkan hanya belanja oleh-oleh, pakaian dan tas. Ada banyak pusat belanja pakaian yang ramai di Bangkok. Di antaranya MBK, Pratunam dan Platinum. Yang pastinya tidak akan dilewatkan oleh para gila belanja.

Siam Paragon, dekat stasiun BTS Siam

Akhir pekan saya mengajak mereka ke pasar mingguan Chatuchak. Pasar segala macam barang yang juga populer bagi warga lokal dan tentu turis asing. Pasar ini begitu luas dan masuk ke dalamnya bagai masuk lorong labirin, sulit untuk saling menemukan jika satu di antara kami ketinggalan. Bahkan ketika membeli baju kaos untuk oleh-oleh, saya hendak menitipkannya ke pemilik kios tapi dia mengatakan akan sulit bagi kami untuk menemukan kembali kiosnya jika sudah berkeliling dalam Chatuchak. Sebenarnya setiap lorong kios sudah di nomorin tetapi tetap saja sulit. Di tengah-tengah pasar ini, kalau tidak salah masuk dari lorong no.16 ada warung masakan halal yang enak. Sekitar 100an baht per porsi. Di luar pasar Chatuchak juga ada musholla, di dekat parkiran motor di belakang deretan kantor bank.

Belum benar-benar masuk ke dalam pasarnya, tante saya mulai berhenti di setiap kios melihat, mengecek kain dan menyuruh saya menanyakan harganya ke pedagang. Tante saya ini sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris jadi butuh saya untuk menanyakan harga setiap kali dia singgah di kios. Huff... Awalnya hanya satu celana kain, kemudian bertambah dengan satu kain yang lain, 10 tas suvenir buat oleh-oleh. Tidak terasa sudah menjinjing 2 tas kresek penuh belanja, dan sepertinya tante saya tidak ada tanda-tanda akan berhenti. Ketika saya bilang mau rehat duduk dulu, dia tetap masuk ke kios yang lain dan saya pura-pura tidak lihat. Dengan bahasa Isyarat dia meminta kalkulator ke pedagangnya dan terjadilah transaksi tawar menawar dengan kalkulator... Hahahaha... Berhasil dengan teknik menawar dengan kalkulatornya menjadikan tante saya makin pede memasuki setiap kios sendirian. Saya yang sambil duduk terus awas memperhatikan ke mana dia pergi jangan sampai hilang dari pengamatan.

Cukup empat jam di Chatuchak, kami pulang dengan 3 kantong belanjaan. Oiya, di pasar Chatuchak ini kami secara tak sengaja bertemu dengan Irfan Bachdim, pemain timnas PSSI yang memang saat ini bermain untuk klub Chonburi FC. Dia datang dengan istri dan anaknya yang masih balita.

Tante dan adik saya memang datang dengan hanya satu koper berdua. Dan di dalam koper ternyata sudah ada dua tas cadangan. Kopernya datang hamil dan pulang melahirkan anak kembar dari Thailand.

Tidak puas belanja di Chatuchak, hari-hari berikutnya tante dan adik saya mengunjungi pasar grosir Bobae dekat Prince Palace. Tempat kami dibawa oleh supir taksi yang salah mengerti dengan Grand Palace tempo hari. Lokasinya tidak begitu jauh dari tempat saya. Mereka senang berbelanja di sini dibandingkan kalau saya ajak ke mall. Karena di sini mereka bisa menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah dari pasar Chatuchak apalagi di mall. Kalau cuma mall biasa, di Makassar juga ada kata mereka.

Sehari sebelum pulang mereka tidak keluar lagi. Alasannya sih betis sudah pegal jalan terus. Selidik punya selidik, ternyata uang mereka dah habis.. Hahahahaha.. Alhasil seharian mereka merapikan bagasi yang akan dibawa pulang. Datang dengan satu koper, pulang dengan tambahan satu tas belanja besar dan dua tas kecil penuh belanjaan. Mereka kini khawatir akan over bagasi. Tapi untunglah akhirnya mereka berhasil lolos tanpa over bagasi. Dan berhasil membawa semua oleh-oleh dan belanjaan ke kampung untuk dibagi-bagikan ke sanak saudara.


Salam,
Takbir

1 comment:

Unknown said...

Rental / Sewa mobil toyota commuter (van) + driver (bahasa inggris dan Indonesia) di kota Bangkok atau Pattaya atau Jemput bandara
Untuk infomasi lebih lanjut
Hubungi langsung
Telp +66819250901 (whatsapp juga bisa)
Pin bb 7432ef44