Wednesday, January 21, 2009

Biaya Hidup di Russia (Nizhny Novgorod)


Surat Ijin yang diperlukan dan biayanya.

1. Passport yang masa berlakunya lebih lama dari ijin Visa yang diminta. Kalau belum punya, bisa diurus di kantor imigrasi terdekat. Tahun 2007 saya pake calo :) bayar sekitar 600 ribu. Kalau ngurus sendiri, paling cuma habis 200 ribu, tapi mesti ngantri dan sehari ngurus belum tentu kelar (tergantung rame tidaknya kantor imigrasi). Surat yang diperlukan, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Ijazah terakhir, dan foto berwarna 4x6 (4-8 buah). Seminggu jadi, tinggal datang ke kantor Imigrasi untuk wawancara alasan pengajuan Visa, difoto, dan diambil sidik jarinya.

2. Visa. Pengurusan visa dilakukan di kedutaan Russia yang beralamat di Kuningan Jl. H.R. Rasuna Said (depan RS. MMC) Jakarta Selatan, yang diperlukan antara lain: Passport, Letter of Invitation, dan foto berwarna 3x4 dengan background putih (4 buah). Untuk Visa 3 bulan, sediakan uang dalam pecahan USD, $75 untuk normal time (7 hari) atau $150 untuk pengurusan Visa express (2 hari).

3. Immigration Card begitu tiba di Bandara. Tidak ada biaya untuk ini.

4. Local Registration. Ini perlu dilakukan setiap kali kita berpindah tempat di Russia. Ketika tiba pertama kali dan mesti nginap di hotel misalnya, local registration akan dilakukan oleh pihak hotel. Jika sudah pindah ke apartemen atau alamat tetap lainnya, maka kita minta untuk didaftarkan oleh si pemilik apartemen. Si pemilik apartemen cukup datang ke Kantor Pos, mengisi sebuah form yang berisi data kita dan data pemilik dengan melampirkan fotokopi passport, Visa, dan immigration card. Untuk registrasi selama 3 bulan, waktu itu saya ngasih sekitar 300 ruble ke pemilik apartemen.
Total=IDR 600K + USD 150 + RUB 300 ~ IDR 2750K

Tambahan biaya nginep di hotel sekitar RUB 3500 atau IDR 1500K sehari. Persiapkan untuk 2-3 hari saja.

Semua surat-surat di atas harus di bawa kemanapun kita pergi. Kalo bisa nempel di badan hehehe…. Soalnya ada kejadian apes yang menimpa teman yang juga dari Indonesia di kota lain, yang kehilangan laptop dan passport!!! Ceritanya dia ninggalin tas dalam mobil untuk nyari mesin ATM, dan begitu dia kembali, tasnya sudah raib berikut laptop dan passport-nya. Akhirnya dia harus dipulangkan ke Indonesia.

Biaya Hidup.

1. Apartemen. Biaya sewa apartemen per bulan berbeda-beda untuk setiap kota di Russia. Yang paling mahal tentunya adalah Moscow. Harga sewa di sana yang standar berkisar 20000 – 35000 ruble, dan yang lebih mahal lagi? Banyak. Yang paling mahal kedua adalah Saints Petersburg, harga sewa berkisar 20000-25000 ruble. Untuk kota-kota yang lain bisa dapat yang lebih murah dari itu. Di kota Nizhny Novgorod, harga sewa untuk full furnished single room saya bayar 15000 ruble. Untuk pengurusan apartemen, kita mesti lewat agen (tanyakan ke orang lokal atau teman kantor) yang akan mencarikan apartemen sesuai lokasi dan spesifikasi yang kita inginkan. Untuk ini kita harus bayar one time agent fee sebesar harga sewa apartemen perbulan. Agen ini yang akan mengurus segala perijinan sewa-menyewa dengan pemilik apartemen.

2. Biaya listrik perbulan sekitar 1000 ruble. Ini untuk area Nizhny. Perbedaan tariff listrik untuk area lain saya kurang tau.

3. Ongkos taksi di sini mahal. Apalagi di kota Moscow. Kalo gak perlu dan mendesak amat ini menjadi opsi terakhir saja. Kecuali kalo uang tidak jadi masalah bagi anda. Jadi, sebaiknya tanyakan dan mulailah menghapal nomer bus yang melewati tempat tinggal dan kantor. Pertama tiba di Moscow saya mendarat di bandara Sheremetyovo dan harus transit ke Bandara Vnukovo, karena belum tau apakah ada bus transit atau tidak, terpaksa saya naik taksi. Dan untuk perjalanan kurang dari satu setengah sejam, saya di-charge 250 Euro (3,7 juta rupiah!!!). Untungnya biaya ini diganti oleh kantor. Sebagai perbandingan, saya pernah dari Balikpapan menuju Samarinda, nyewa Kijang Innova dan Cuma bayar 250 ribu rupiah untuk perjalanan selama 2 setengah jam. Harga bensin di Russia sekitar 25 ruble per liter.

4. Ongkos bus 11 ruble. Bagi yang tinggal di Moscow ada pilihan transportasi lain yaitu Metro atau subway-nya kota Moscow. Saya kira biaya transport massal ini bisa diabaikan, asal jangan lupa bayar aja hehehe…

5. Persiapan bekal makanan yang perlu di bawa dari tanah air saya kira ga perlu banyak-banyak amat, karena hampir semuanya sudah ada di supermarket di sini. Jadi gak perlu bawa Indomie satu kardus, duuuhh ya ampuuunn… Yang perlu di bawa ya kira2 buat bekal 1-2 minggu pertama aja. Beras ada, sebungkus (1 kilo) harganya sekitar 50 ruble. Sayuran juga banyak. Beli aja yang sudah dalam kemasan dan isinya campur-campur. Sampai bumbu dapurpun sudah lengkap, kalo saya selama di sini make yang mereknya Vegeta. Rasanya udah kayak bumbu royco deh pokoknya. Sebaiknya sih belajar kata Russia untuk barang-barang tersebut. Mie Instant dan Ikan asin juga ada loh. Yang gak ada, atau mungkin belum saya temukan adalah kecap manis. Di sini kemasan yang ada tulisan Ketchup nya itu ternyata saos tomat, waktu itu saya beli empat dengan kemasan yang berbeda, ternyata isinya sama semua wek wek wek… Kalau mau beli daging halal, cari aja di mesjid-mesjid kota Anda, Insya Allah ada. Belanja setiap minggu rata-rata saya habis sekitar 750 ruble.

6. Makan diluar atau di Kafe, di kota Nizhny sekitar 150 ruble cukup buat sekali makan. Menunya nasi/makaroni/roti, sup, ikan/ayam/daging, salad, dan jus. Cuma hati-hati aja dengan sup atau dagingnya, siapa tau isinya daging si ‘ngepet babi’ huik huik huik. Sup khas Russia yang saya kenal ada 2, Borsch (isinya irisan labu siam, buncis, potongan ayam dengan kuah berwarna merah) dan Sirni (sup kentang dengan kuah keju).

7. Ongkos entertainment dan lain-lain saya gak tau deh. Soalnya saya gak make. Lebih suka tiduran kalo libur. Ya paling, jalan-jalan liat-liat pusat kota, bayar ongkos bus doang.

Jadi, ringkasan biaya hidup selama sebulan: Apartemen (RUB 15000) + Listrik (RUB 1000) + Makan di luar (22 x 150 = RUB 3300) + Belanja mingguan (4x1000= RUB 4000) + Ongkos Bus (RUB 700) = RUB 24000 ~ IDR 9600K.

Nilai Tuker Rupiah ketika tulisan ini dibuat:
1 Euro ~ IDR 15000
1 RUB ~ IDR 400

Kalo ada biaya tambahan lainnya nanti saya update di sini. Mudah-mudahan sih gak ada lagi.

Link buat translate English to Russian : www.lingvo.ru

Ketika suhu sempat mencapai -20 derajat celcius...


Wassalam

Takbir

19 comments:

Anonymous said...

wah mantap infonya kk..

btw, bisa part time ga disana kk??

kalo bisa, dapat memenuhi kebutuhan sehari2 gak??

makasih infonya kk..

baday said...

Halo bang Takbir..assalamu'alaikum.wr.wb,
Saya lg concern nie dgn negara Russia,abang mungkin tau Dating site local yang free buat kenalan atau cari wanita di Russia.saya berminat cari istri orang Russia nie.Bang.he he..kalau ada info gw ya bang..
thanks berat..
wassalam
Baday

Takbir said...

@ schlachthausabattoir

Untuk kerja2 part time saya gak ada infonya, kalaupun ada saya kira tidak semudah di negara2 maju lainnya

@ baday

untuk yang ini saya gak kepikiran waktu di sana :)

Azi said...

Mau nanya cara dapetin letter of invitation gmana? Kalo cuma wisata aja pake itu juga ya?

Oiya kalo penerbangannya pake apa? PP Brapa?

Takbir said...

@ Azi

Untuk dapetin invitation letter, kalo untuk kerjaaan, dibuatkan oleh perusahaan tempat kerja di Imigrasi Russia kemudian dikirim ke kita, yg kemudian akan digunakan untuk apply VISA.

Kalau untuk tujuan wisata, kalo pake travel agent, semua akan diurus oleh si agent. Klo urus sendiri masih kurang tau juga...

Kalau penerbangan yg ke Moscow:

Singapore Airlines:
Jkt-Singapore-Moscow PP sekitar $2000
Qatar AirWays:
Jkt-Singapore-Doha-Moscow PP sekitar $1500-$2000
KLM:
Jkt-KL-Amsterdam-Moscow PP sekitar $2000

Atau mungkin bisa browsing and nanya2 om Google

Sekedar Info:

Jumat 4 December 2009, di Pusat kebudayaan Rusia, Jl. Diponegoro no.12 Menteng Jakpus, ada presentasi dari Travel agent yg namanya AcademService untuk tour dan travelling ke Russia. Jika mau tau lebih banyak bisa datang aja.

Semoga infonya bermanfaat

Anonymous said...

ka sya mau nany untuk biaya hidup di rusia kira2 perbulanny berapa? lngkap sama biaya makan dan tempat tinggal ya ka kalo bs lngsg di rupiahn sj k hehe soalny saya mau nyesuain biayany sama keuangan keluarga. apa sy bis ambil beasswa rusia. term kasih ka. mengingat beasswny g pke biaya hidup.

Takbir said...

Biaya Hidup disini saya ambil patokannya di Nizhniy dan kira-kira sama dengan biaya hidup dikota lain kecuali Moscow dan St.Peterburg yang lebih mahal...
Kalau biaya hidup, untuk mahasiswa/i maka harusnya masak sendiri ya :) so waktu di sana biaya belanja (beras, sayur, ayam, sosis, jus, etc) sekitar 600-700 Ruble atau 250 ribu rupiah perminggu (kurs waktu itu)... kalau transport murah, karena publik transportnya bagus..
Kalau tempat tinggal, mahasiswa asing di sana harusnya disediain hostel atau dormitory, tapi kalau mau nyari apartemen sendiri, ya biayanya beragam. Mulai dari 15000-30000 (5-10 juta rupiah) perbulan...

Selama saya di sana sekitar 8-10 juta biaya hidup perbulan...

Kira-kira begitu

windia said...

bro...salam kenal yaah.
aku blogwalking nemu mas takbir.
kebetulan suamiku mau ditugaskan ke moscow. Thanks banget info-nya. Sangat membantu.
oiya btw ada yg mau aku tanyain nie...klo ksana pilihan maskapainya apa emirates ato ?
Thanks :)

Takbir said...

@ Mba Windia

Bisa coba compare Qatar Airways atau Etihad dulu. Kayaknya mereka ngasih lebih murah dibandingkan Emirates... Nanya ke Travel Agennya aja kali ya, bisa langsung dikasih harganya..

Oiya pesan aja, klo udah di bandara rusia, naik taksinya pake yg resmi ya, yang ada loketnya. Jangan ama supir2 taksi yang nyamperin, soalnya mereka bakal minta berlipat dari tarif resminya.. just in case aja klo ga ada yang jemput

windia said...

wokey noted!
Btw, skrg posisi lg di Iran yaa? Kerja sebagai apa disana?
Ada YM dak...ada yang mau ditanyain,itupun klo tidak menganggu.
Oiya..met kenal yaa :)
Makasih bro.

Takbir said...

Mba Windia,

met kenal juga..
YM ahmadtakbir@yahoo.co.uk
Posisi saat ini kerja di Jeddah. Di Iran cuma travelling 2 minggu aja. Mumpung Jeddah itu dekat buat ke mana-mana, jd tiket pesawat ga mahal-mahal amat..

Anonymous said...

hi bro...
boleh tanya2...:)

Anonymous said...

wah keren infonya...
mau tanya dong kalo bulan september ke rusia kira - kira suhunya berapa ya? butuh jaket tebel dsb gitu nggak?

terus ngurus visa buat ke rusia itu ad syarat rekening koran minimal harus ada saldo berapa rupiah gitu nggak??

Makasih..

Takbir said...

@Anonymous,
Mending bawa aja.. suhu kira 10-20 celcius. Itu udah bikin lumayan bikin gemetar kedinginan buat kita yang dari wilayah tropis.

Untuk pengurusan visa tdk ada syarat minimal saldo. Yang penting udah ada invitation letter, tiket pp, anda sudah bisa dapat Visa

Bisa dicek di sini:
http://www.indonesia.mid.ru/cons_ind.html

Anonymous said...

mau nanya neh om,kalau mau ke kazan itu pesawatnya singgah di moscow dulu ya? ada info perjalanan ke kazan ga neh?
nah saya tinggal di riau,berarti lebih bagus naik pesawat yg di singapore aja ya kan..

Anonymous said...

trus total biaya perjalanan ke kazan ala mahasiswa selama 1 bulan brapaan ya termasuk tiket,penginapan,visa,pasport dan makan 1 kali (ala mahasiswa)

Takbir said...

@Anonymous

Saya belum sempat ke Kazan juga.
Agak sulit nih jawabnya. Tapi saya coba kasih gambaran aja:
1. Tiket PP Jakarta-Moscow paling murah 7jutaan, book jauh2 hari
2. Tiket oneway Moscow-Kazan kira2 1 juta
3. visa 3 bulan 75 USD
4. Passport klo mau bikin sendiri sekitar Rp.250Ribu
5. Penginapan gaya Hostel Rp.200Ribu per hari
6. Makan di warung maksimal 150 Ruble atau makan hamburger di kios kecil pinggir jalan sekitar 30 Ruble

Semoga bisa sedikit membantu

Diary princess amanda the magnet said...

Mas ini no wa aku, +6287871963968

saya akan menikah dgn orang rusia, ada yang mau saya tanyakan mas... makasih ya...pliz miss caĺl me... n I will Call you later ..tq so much ya

Unknown said...

Assalamualaikum.om boleh minta kontak WhatsApp nya GX.mau nanya2