Tuesday, May 3, 2011

13 Alasan Belum Punya Account FaceBook


Terkait dengan penggunaan FaceBook (FB): Teknologi ibarat pisau tajam bermata 2 (atau bersisi 2 ya?? pokoknya itulah). Sangat bermanfaat sekaligus bisa sangat berbahaya.

Berikut 13 alasan, kenapa hingga hari ini saya belum punya account FaceBook. Saya pilih 13, karena angka 13 itu angka keramat, ga dikit2 amat tapi juga ga banyak2 amat. Ditulis dengan gaya gaul dikit, agar gampang dicerna dan difahami oleh pembaca yang juga pengguna FB (Jangan lupa dikomen ya):

1. Gw bukan anti FB, cuma belum merasa perlu aja punya Account FB. Gw perlunya FB yg lain, alias Fulus Bas, Fonsel Baru, Facar Baru, Fakaian Baru, Ferrari Baru, etc

2. Ga punya FB aja, fans gw dah banyak, apalagi punya FB? bisa2 jam kerja gw sibuk balas2in komen Fans2 gw... Takut digodain fans di FB, fans yg lain pada cemburu... Atau sebaliknya, buang2 waktu sibuk ngegodain fans..

3. Celoteh-celoteh, balas2an komen di FB, rawan salah paham. Niatnya silaturahmi, malah bisa bertengkar, merusak silaturahmi. Aktif make FB, berarti secara tdk langsung banyak privasi kita yg jadi konsumsi publik. Gw ga suka nyampurin urusan orang lain. FB user cenderung suka broadcast kegiatan/pikiran dia skrg, trus ngarep di komen ama teman2nya... Semakin banyak komen semakin senang. kadang komennya muji, kadang juga ngejek... Klo menurut gw sih, mau dipuji mau diejek, salah sendiri koar-koar di internet. Secara gw ga tahan ga ngasih komen klo ada info baru, so mending gw ga punya FB sekalian. Gw juga ga terlalu tertarik tau apa yg org lain/teman gw sdg kerjakan skrg... Klo emang lu mau gw tau, Please deh, You can directly inform me... Ada yang bilang, persahabatan akan lebih langgeng justru jika jarang atau lama tdk bertemu.

4. Gw ga mau gara2 FB kredibilitas gw ancur. Dngn punya FB, kita membuka ruang bagi org lain, buat muji, ngritik, bahkan ngejekin kita. Baik dari org yg udah kita kenal maupun org yg denger namanya aja belum. Org yg kgak kenal ini nih yg suka jahat. Klo gw dikasih pujian, lgsg gw apdet status lagi, apdet foto lg, supaya yg muji makin muji, dan yg baca pujian2 bwt gw ikut2an muji gw… huhuhu prikitiuw.. Tp klo ada yg ngritik apalagi ngejekin gw?? Beuuh, emosilah gw. Secara gw ga tau ini siapa yg komen jelek2in gw, tambah esmosi jadinya. Meski kenyataannya gw emang jelek, gw emang bejat, gw emang tukang korup, diwarteg suka ngutang, kos2an 3 bulan nunggak, udah berkali2 ditolak cewek, seminggu ga gosok gigi, dikantor kena omel mulu, abis ketangkep basah ngintip cewek mandi, yah ga perlulah disebar2in ke orang lain… Atau sebaliknya, bisa jd gw ikut2an ngejelek2in org lewat FB. Mending ga punya FB sekalian, ga ada yg bisa jelek2in gw, dan gw terhindar dari dosa ngejelek2in dan fitnahin orang…

5. Hape gw dulu ga support FB. Walau skrg udah punya Hape yg super duper Canggih banget alias sophisticated high end Gadget, bagi gw buang2 duit buat langganan service Internet Mobile... Wong tiap hari masih naik Metro mini. Bingung kan??? gw aja bingung...

6. Ga takut kurang gaul, klo ga punya FB. Ga punya FB, bukan berarti gw anti sosial. Gw berjiwa sosial kok, suka sedekah kalo mood lagi baik. Dan ada receh dikantong..

7. Kaum kapitalis awalnya nyerang remaja2 dengan 4F atau F4, bukan Fantastic Four, tapi Food, Fashion, Film, and Fun. Trus nambah jadi 5F yaitu, Football. Semuanya itu melenakan remaja2 kita, termasuk gw waktu masih remaja. Sekarang jadi 6F, FaceBook. Gw udah kena ampe 5F, masak kena lagi jadi 6F???

8. Mau tau info baru dan unik, gw lebih suka nyimak di kaskus, detik, kompas, atau nanya ke Wiki dan mbah Google. Lewat milis juga udah lumayan banyak. Tiap hari kerjaan gw pertama kali tiba dikantor, sortir dan nge-delete email yg kurang penting dari milis.

9. FB user suka lupa waktu klo udah FB-an apalagi tambah BB-an.. Jadi lupa Gawean.. Semangat gawe pas udah Gajian... abis itu balik lagi, FB-an...

10. Ga punya FB, sulit dapat Jodoh?? Ga pa2, biar sulit asalkan dapat yg mantep di hati, jangan sampai nasib kayak si Umar, dibohongin si Icha alias Rahmat Sulistyo.. wakakakaka (piss)

11. FB bisa jadi sarana untuk mengumpulkan massa. Melalui FB lah, revolusi di Tunis, Mesir dimulai. Saya bukannya anti revolusi, Gw cuma ga mau di ajak2in demo.. Udah diajak lewat FB tapi ga datang, ntar dianggap ga solider... padahal, sebenarnya gw takut ama soldier....

12. Klo nanya pak Ustadz, pasti bilangnya, "lebih baik baca Al-Qur'an daripada FB-an, buang-buang waktu, tenaga, dan uang". Ga usah jauh2 bandingin FB ama Al-Qur'an. Baca Koran Lampu Hijau terbitan tahun lalu bekas bungkus gorengan, jauh lebih bermanfaat dari pada baca komen2, celoteh2 ga jelas di FB.....

13. Gw khawatir bahasa Indonesia gw makin ga bener. Syukur bgt dulu pas Ebtanas nilai bahasa Indonesia gw masih item, dapat enam koma nol nol. Org yg sering berkicau di FB, biasanya bahasa yg dipake suka alay bin lebay… yah itu tadi, pengen narik perhatian followers-nya.. makin narsis komennya, makin banyak yg tertarik liat page dia… gw yg blum punya FB aja, udah ngaco bahasanya. Lu pasti ngerti klo udah baca tulisan gw ini.

Ini cuma pendapat pribadi, buat sobat-sobit yang belum kesambit FB, supaya mikir 2 kali eh 13 kali deh sebelum bikin account FB. Buat sobat-sobit yang udah kesambit, ambil manfaat yg positif aja dari FB, dan mudah2an tetap berada diatas jalan yang lurus… Amin

******* Ngaciiiirrrrr...... takut di bata FB'ers******

2 comments:

windia said...

yang pasti aku setojo sama alesan mas...pdhl aku punya FB. cuma emg jarang apdet status (cuma apdet foto aja), jarang koment, lebih sering LIKE aja cukup...aku sdiri punya FB juga percuma...lebih sering tak private ihihihii

Thanks for sharingnya mas :)

Takbir said...

Tolong doakan saya, bisa istiqomah ga bikin account FB :)