Sunday, April 28, 2013

Kansai Trip - Itinerari dan Budget

Liburan selama seminggu saya manfaatkan untuk berkeliling mengunjungi beberapa lokasi menarik di Hiroshima dan wilayah Kansai, yaitu Osaka dan sekitarnya. Hiroshima adalah kota pertama di dunia yang merasakan dahsyatnya bom nuklir. Setiap kali orang membahas soal senjata nuklir, pasti terlintas dipikirannya kota yang satu ini. Jadi, saya merasa wajib mengunjungi kota ini, untuk menyaksikan sendiri bagaimana kondisi kota ini setelah menderita bom nuklir sekaligus mengenang kembali sejarah dijatuhkannya bom nuklir atas kota ini.

Gedung dengan kubahnya yang menjadi sisa peninggalan sekaligus peringatan akibat bom atom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima para tahun 1945

Pulau Miyajima

Untuk wilayah Kansai, saya ingin mengunjungi Osaka yang merupakan kota kedua terbesar di Jepang setelah Tokyo. Selain itu, saya ingin mengunjungi Nara yang dikenal sebagai ibukota pertama kekaisaran jepang beserta rusa-rusanya yang berkeliaran bebas di taman kota. Kyoto adalah kota yang wajib disinggahi oleh setiap turis yang berkunjung ke Jepang. Pernah menjadi ibukota kekaisaran Jepang setelah dipindah dari Nara. Kyoto bisa dikatakan ibukota kebudayaan Jepang karena banyaknya lokasi dan bangunan peninggalan bersejarah di sini. Walaupun itu sebagian besarnya adalah kuil atau shrine. Himeji adalah lokasi bangunan kastil terbesar di Jepang yang juga merupakan situs warisan dunia. Kobe adalah kota pelabuhan yang lebih dikenal dunia setelah gempa bumi dahsyat pada tahun 1995. Koyasan merupakan gunung yang menjadi lokasi kuil dan pusat belajar serta meditasi umat Budha Jepang sekte Shingon. Yang menjadi tujuan wisata rohani umat Budha Jepang.

H1: Yokohama ke Hiroshima dengan Shinkansen (4 Jam). Keliling sekitar Hiroshima memorial park.
H2: Miyajima. Sorenya ke Osaka dengan shinkansen (1.5 Jam)
H3: Osaka
H4: Nara
H5: Kyoto
H6: Himeji dan Kobe
H7: Koyasan
H8: Kembali ke Yokohama dengan shinkansen (2 Jam 15 Menit)

Harborland di Kobe

Akomodasi
Saya menginap semalam di K'House Backpacker Hiroshima. Lokasinya sekitar 10 menit dengan jalan kaki dari Stasiun JR Hiroshima. Sebelum ke Hiroshima saya memastikan bahwa masih ada kamar yang belum terisi, karena saya memang tidak melakukan pemesanan duluan yang hanya bisa dengan kartu kredit. Saya kemudian diberi kamar dorm, 2700 yen semalam.

Untuk keliling di wilayah Kansai, saya menjadikan Osaka sebagai home base. Selain karena lokasinya yang berada di tengah-tengah di antara kota-kota lain yang ingin saya kunjungi, di Osaka juga saya bisa mendapat akomodasi yang lebih murah. Saya pesan duluan untuk 6 malam, single room 1700 yen. Kamar kecil sederhana dengan alas tikar tatami dan beserta kasur dan selimutnya. Di dalamnya juga terdapat TV dan pemanas. Sangat lumayan menurut saya dengan harga yang relatif murah. Yang paling penting lagi saya bisa menaruh barang-barang di kamar tanpa perlu khawatir ada orang lain yang masuk. Total biaya hostel di Osaka dan Hiroshima 12,900 yen.

Penampakan kamar Hotel Toyo Backpacker

Transportasi
Biaya tiket Shinkansen,
Yokohama - Hiroshima = 18440 yen
Hiroshima - Osaka = 10350 yen
Osaka - Yokohama = 13930 yen

Di Hiroshima saya naik tram beberapa kali. Tarif tram untuk jarak dekat 150 yen, dan yang paling jauh atau jika berangkat dari stasiun awal hingga turun di stasiun akhir hanya 270 yen. Kereta JR dari Hiroshima ke pelabuhan penyeberangan untuk ke Miyajima 400 yen. Ferry ke Miyajima 340 pergi dan balik. Untuk keliling Osaka dengan naik kereta JR ataupun dengan subway (Metro) saya menggunakan kartu pra bayar Suica. Seharian di Osaka mungkin sekitar 800 Yen. Osaka-Nara sekali jalan 540 Yen. Osaka-Kyoto 540 yen dengan JR dan 390 yen dengan Hankyu Railways. Saya juga naik kereta di Kyoto untuk ke Fushimi Inari 140 yen, dan ke Arashiyama 230 yen. Di Kyoto juga saya membeli 1 day pass bus 500 Yen. Osaka-Himeji dan Kobe, 1450 Yen sekali jalan. Osaka-Koyasan dengan membeli Koyasan World Heritage Pass 2780 Yen. Jadi total budget transportasi secara hitungan kasarnya sekitar 53,000 yen. Jika dengan JR pass, maka budget transportasi mungkin sekitar 30,000 yen saja.

Pemandangan dari atas kereta menuju Koyasan

Biaya makan dan lainnya
Untuk makan selama seminggu saya banyak makan dengan membeli sushi, ayam goreng atau chicken nugget. Dan beberapa kali makan di McD yang ada menu sandwich udangnya. Budget sekali makan sekitar 750 yen. Plus beli minum berkali-kali selama di jalan. Maka budget makanan seminggu sekitar 13,000 yen.

Saya masuk ke beberapa lokasi yang berbayar di perjalanan kali ini. Museum Hiroshima 50 yen, Kuil Itsushima di Miyajima 300 yen, Kaiyukan plus one way ferry ke Universal Studio 2700 yen, Observation deck Gedung Umeda 700 yen, Kuil Kyomizudera Kyoto 300 yen, dan Kastil Himeji 600 yen. Totalnya 4650 yen.

Jadi total budget trip seminggu Hiroshima dan Kansai, sekitar 85,000 yen. Akan lebih menghemat jika menggunakan JR Pass, mungkin sekitar 60,000 yen.

Semoga bisa memberi gambaran kasar mengenai biaya jika hendak melakukan trip yang sama.