Tuesday, May 22, 2012

Russia Long Way Down Trip - Itinerary dan Budget

Itinerary

Jalur yang saya pilih dari utara ke selatan dan setiap kota yang saya kunjungi tentu saja punya alasan masing-masing. Saint Peterburg – Moscow – Nizhniy Novgorod – Kazan – Volgograd – Elista – Chegem dan Makhachkala.

Saint Peterburg pernah menjadi ibukota Rusia selama 200 tahun. Tata kotanya meniru gaya eropa dengan sejumlah kanal sehingga dikatakan sebagai Venesia-nya Rusia. Dan yang paling harus dilihat jika berkunjung ke sini tentu saja Hermitage. Dulunya Istana Tsar yang kemudian dialih fungsikan menjadi museum. Karya seni termegah dan terindah di Rusia di pajang di sini. Moscow adalah ibukota Rusia modern dan saya ingin melihat Kremlin dan Lapangan Merah yang terkenal itu. Nizhniy Novgorod kota tempat saya pernah hidup selama 3 bulan. Tujuan ke sana tentu saja sedikit bernostalgia dan juga mengunjungi beberapa tempat yang belum sempat saya lihat ketika tinggal di sana.

Kazan adalah ibukota Republik Tatarstan. Saya ingin melihat komunitas muslim Tatar. Muslim Tatar Kazan pernah berkuasa dan memiliki kekuasaan yang kuat sebelum dikalahkan oleh Ivan the Terrible. Volgograd di masa perang dunia ke-2 bernama Stalingrad. Kota yang dipertahankan mati-matian oleh pasukan merah Rusia dari invasi pasukan Nazi Jerman. Kemenangan pasukan Soviet di Stalingrad sekaligus menjadi titik balik kekalahan pasukan Nazi Jerman hingga akhirnya pasukan soviet menguasai Berlin. Elista ibukota Republik Kalimykia, satu-satunya republik dengan mayoritas beragama Budha. Penduduknya adalah orang Kalmyk yang merupakan salah satu keturunan bangsa nomaden Mongolia. Di sini kita melihat mayoritas warganya bermata sipit, hal yang unik karena berada dalam wilayah negara Rusia yang berbeda secara ras dan agama dengan mereka.

Chegem tidak masuk dalam itinerary awal saya, direkomendasikan oleh Stash di Volgograd dan mengatur agar saya bisa ke sana. Lokasinya di antara pegunungan Kaukasus dan pemandangannya benar-benar luar biasa. Makhachkala ibukota Republik Dagestan menjadi kota terselatan dan tujuan terakhir saya.  Dagestan adalah wilayah pegunungan dan lokasi terletak di tepi laut kaspia. Wilayah dengan keragaman suku yang paling beragam di wilayah Rusia, tetapi dengan agama yang sama yaitu Islam. Saat ini menjadi semacam wild-wild south atau red zone di wilayah Negara Rusia. Masih sering terjadi teror bom dan tingkat kejahatan juga katanya yang tertinggi di Rusia.

Akomodasi dan biayanya

Di Saint Peterburg saya tinggal di kamar dorm semalam di Apple Hostel (www.applehostel.ru) seharga 600 Ruble dan semalam di Alpha Hostel seharga 500 Ruble. Di Moscow saya nginap di Godzilla Hostel (www.godzillashostel.com) yang sangat nyaman selama 3 malam, seharga 28 USD atau sekitar 860 Ruble permalam. Di Nizhniy saya tinggal 2 malam di Bugrov Hostel (http://bugrovhostel.ru/en/) yang lokasinya dekat dengan Stasiun Kereta, mereka kasih saya single room seharga 900 Ruble per malam. Di Kazan saya 2 malam di I&I Hostel (inihostel.ru atau email ke iandihostel@gmail.com) dengan tarif 500 Ruble per malam. Di Volgograd saya nginap gratis 2 malam di flat milik Stanishlav Kireev yang saya hubungi lewat komunitas Couch Surfing. Di Elista saya tidak menginap. Di Chegem saya tinggal 2 malam di rumah Marat yang sekaligus menjadi Guest House seharga 1000 Ruble per malam sudah termasuk makan 3 kali sehari. Ibu Marat bersedia memasakkan makanan tertentu sesuai permintaan kita. Biaya akomodasi termahal di Mahachkala, saya harus menginap di Hotel Sport karena tidak punya pilihan lain seharga 2200 Ruble.

Kamar yang disediakan Marat buat saya di rumahnya di Chegem

Setiap kita pindah kota dalam wilayah Rusia, kita harus melakukan registrasi jika kita tinggal selama lebih dari sehari, yang harus dilakukan oleh pihak Hotel/Hostel atau orang Rusia tempat dimana kita tinggal dengan mengisi formulir dan membayar biayanya di kantor Pos terdekat. Tetapi saya hanya diregistrasi oleh Hostel di Saint Peterburg dan Moscow serta Hotel di Makhachkala. Sedangkan di kota-kota lain saya tidak melakukannya. Biaya registrasi di Saint Peterburg 450 Ruble dan Moscow 600 Ruble. Di Makhachkala biaya registrasi sudah termasuk dalam harga hotelnya yang mahal itu. Total biaya yang saya keluarkan untuk akomodasi dan registrasi  11730 Ruble.

Transportasi antar kota

Dari Saint Peterburg hingga Volgograd saya memilih Kereta Api dengan tiket Platskart atau semacam Hard Sleeper. Saint Peterburg-Moscow,  Lama perjalanan sekitar 9 jam 5 menit, seharga  952 Ruble. Moscow-Nizhniy Novgorod, 6 jam 20 menit perjalanan, harga tiket 1080 Ruble. Nizhniy Novgorod – Kazan,  9 jam perjalanan seharga 866 Ruble. Dan Kazan-Volgograd dengan 23 jam 45 menit perjalanan seharga 1300 Ruble. Tiket kereta saya beli langsung di Stasiun, sehari sebelum keberangkatan. Kita juga bisa beli on-line melalui internet di www.rzd.ru tetapi dengan bahasa Rusia.

Stasiun Yaroslavskiy, Moscow, ketika akan menuju Nizhniy Novgorod 

Dari Volgograd perjalanan selanjutnya saya mesti pergi dengan bus. Karena tidak ada jalur kereta penumpang yang menghubungkan kota-kota tujuan berikutnya. Volgograd-Elista dengan minibus 5 jam perjalanan seharga 475 Ruble, tiket beli di terminal bus. Elista ke Nalchik, kota pemberhentian bus sebelum saya lanjut ke Chegem, lama perjalanan 8 jam seharga 600 Ruble bayar langsung ke supirnya. Nalchik-Makhachkala dengan 12 jam perjalanan seharga 850 Ruble bayar langsung ke supirnya. Bus Nalchik-Makhachkala seperti bus ekonomi di terminal Kampung Rambutan. Makin ke selatan Rusia, makin kurang bagus kendaraan publiknya, tetapi jalan rayanya bagus. Khusus Nalchik-Chegem, saya diantar jemput oleh Marat yang juga pemilik Guest House dan yang mengurus tempat Paragliding di sana. Untuk 2 jam perjalanan di perbukitan dengan mobil 4x4 saya bayar 1500 Ruble atau 3000 Ruble pulang pergi Nalchik-Chegem. Jadi total pengeluaran untuk Transportasi antar kota adalah 9123 Ruble.

Dari Makhackala kembali Ke Moscow saya naik pesawat dengan 2,5 jam perjalanan, harga tiketnya 5900 Ruble. Aeroekspress atau kereta khusus dari bandara ke kota Moscow, Vnukovo-Moscow dan Moscow-Sheremetyevo masing-masing 320 Ruble. Kereta berangkat setiap 30 menit dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Menyusuri wilayah Rusia melalui jalan darat, kita bisa melihat kehidupan pedesaan warga Rusia meski hanya dari balik jendela kereta api




Juga menikmati pemandangan alam liarnya

Serta menikmati perubahan landscape dengan pemandangan yang indah dari setiap tempat yang kita lewati



Transportasi dalam kota

Di Saint Peterburg, bis kota 21 Ruble dan Metro (subway) 25 Ruble. Moscow kemana-mana paling mudah dan murah naik Metro, 28 Ruble. Di Nizhniy Novgorod bis kota dan Marshruta alias angkot ala Rusia, 15 Ruble. Kazan bis Kota 18 Ruble. Volgograd saya kemana-mana diantar Stash (member CS) jadi saya tidak tahu tetapi harusnya sekitar 15-20 Ruble. Di Elista tidak ada bis kota hanya ada Marshruta, 10 Ruble. Dan di Makhachkala saya hanya naik Marshruta, 13 Ruble. Selain Bis kota, Marshruta dan Metro, di sebagian besar kota juga terdapat Tram. Mungkin sekitar 5-10 Ruble lebih mahal dari bis kota/marshruta. Saya tidak tahu pasti berapa pengeluaran saya untuk transportasi dalam kota tetapi kira-kira hanya sekitar 700 Ruble atau maksimal 1000 Ruble.

Makanan

Ada beberapa pilihan untuk beli makanan. Mc Donalds juga hadir di Rusia dengan harga yang lebih ramah, berkisar 100 hingga 200 Ruble. Makanan jadi seperti salad, roti, ikan atau ayam goreng juga bisa di beli di super market dan bisa dihangatkan di Hostel yang rata-rata menyediakan Microwave. Atau kita makan di Kafe. Di Rusia, saya mengartikan Kafe adalah warung makan atau restoran yang tidak mahal. Untuk makan di Kafe rata-rata saya habiskan kira-kira 250 Ruble. Untuk budget makanan saya mempersiapkan 500 Ruble per hari. Untuk menemukan makanan halal memang agak susah.Tapi di daerah-daerah Rusia yang mayoritas Muslim lebih mudah menemukan Kafe dengan tulisan Halal. Seperti di Kazan, Nalchik dan Dagestan. Ketika makan di Kafe biasa (tidak ada tulisan halal) saya hanya memastikan saya makan Ikan saja atau daging ayam, entahlah itu dimasak atau digoreng pakai minyak apaan saya sudah pasrah saja. Untuk 20 hari di Rusia berarti saya mesti menyediakan sekitar 10000 Ruble hanya untuk makanan.

Menu spesial Dagestan, Hinkal
Lain-lain

Saya tidak banyak memasuki tempat atraksi atau hiburan berbayar kecuali Museum. Museum Rusia di Saint Peterburg 350 Ruble. The Hermitage 400 Ruble plus 200 Ruble agar dibolehkan bawa kamera masuk. Museum Sejarah di area Kremlin Moscow 250 Ruble plus tiket tambahan buat bisa motret di dalam 130 Ruble. Museum Panorama Perang Dunia ke-2 di Volgograd 100 Ruble. Dan 2 Museum sejarah di Dagestan masing-masing 30 Ruble. Di Nizhniy Novgorod saya menyempatkan naik wahana bianglala 80 Ruble. Beberapa kaos sebagai suvenir seharga 1500 Ruble.


Untuk tiket pesawat saya mendapat harga 640 USD Hongkong-Saint Peterburg dan Moscow-Hongkong. Opsi termurah yang bisa saya dapatkan tapi harus ke Hongkong dulu. Total pengeluaran saya selama di Rusia adalah sekitar 42000 Ruble atau sekitar 12,5 juta rupiah. Di luar biaya visa sekitar 800 ribu rupiah dan tiket pesawat.

Bersama para mahasiswa Malaysia di Hostel I&I Kazan. Mereka belajar kedokteran di kota Nizhniy Novgorod.


Wassalam,
Takbir

16 comments:

laylay said...

bro, ke St. Petersburg dan Moscow untuk 3 hari di masing2 kota kira2 cukup ga ya?

Takbir said...

Iya, saya rasa cukup. Saya 2 hari di Moscow saja sudah sangat cukup. Karena area menarik Moscow berada di sekitar Kremlin dan Lapangan Merah saja. Kecuali kalau kamu punya daftar tempat menarik lainnya di sana. Kalau di Saint Peterburg, 3 hari saya kira sudah pas. Saint Peterburg lebih menarik di bandingkan Moscow menurut saya.

//Takbir

syirfan said...

Saya juga pernah travel dengan keretapi terus dari Moscow ke Dagestan.Tidak melalui Nizhny Novgorad.

Berapa jam perjalanan dengan menggunakan jalur itu?

Takbir said...

Dari Moscow ke Dagestan non stop mungkin 2 hari 2 malam

lapis monde said...

kak artikelnya menarik sekali, sy ada planning ke rusia tahun depan, dan kota yang ingin sy kunjungi itu vladimir. apakah kakak pernah berkunjung kesana ? kalau udah pernah kesana boleh nanya2 lewat email nggak ? terima kasih :)

Takbir said...

Ke kota vladimir belum pernah :)

Unknown said...

Biaya keseluruhannya berapa Rupiah gan?

Takbir said...

Sekitar 18 juta rupiah gan. Termasuk tiket pp

Anonymous said...

mohon informasi apakah bisa naik kereta dari Nizhniy Novgorod ke Kazan ? beli ticket-nya bisa langsung di counter ticket di stasiun KA Nizhniy ? Thanks - Nunung

Takbir said...

Iya saya naik kereta dari Nizhniy Novgorod ke Kazan. Belinya langsung saja ke stasiun, tapi setidaknya sehari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan.
Semua tiket kereta di trip ini saya beli langsung di stasiun. Mesti ngerti bahasa Rusia sedikit sih, petugasnya pada ga bisa bahasa Inggris

Anonymous said...

wah ... problem buesar itu Mas , lah saya sama sekali tidak bisa berbahasa Rusia sama sekali he3 ... Kalau menyerahkan tulisan kota yang akan dituju ( dalam bahasa Rusia ) apakah bisa membantu ? apakah ada jadwal keberangkatan yang bisa dipilih ya ? Thanks a lot , Nunung

Takbir said...

Jadwal keberangkatan bisa lihat di web sitenya rzd.ru tapi nulis nama kota asal dan tujuan mesti dalam huruf cyrilic

Unknown said...

Mas, boleh diceritakan soal kereta yang dari Kazan menuju Volgograd?
saya cek di web russianrailways dan russiantrains, nggak ada kereta rute Kazan-Volgograd.
mohon infonya ya mas .. terima kasih

Takbir said...

Dulu saya beli langsung di stasiun Kazan. Jadwalnya berangkat jam 15:00 tiba besoknya jam 14:45. Lama perjalanan 23 jam 45 menit.

Saya juga coba cek di rzd.ru tapi ga nemu juga jadwal dari Kazan ke Volgograd.

Diary princess amanda the magnet said...

Mas spasiba ya tulisannya superr...


Insha Allah 21April 2017 ini aku akan ke moscow dan makhachkala, mohon di add whatsapp aku ya mas pengen nanya2 +6287871963968


Ditunggu ya mas... Spasiba

Diary princess amanda the magnet said...

Mas spasiba ya tulisannya superr...


Insha Allah 21April 2017 ini aku akan ke moscow dan makhachkala, mohon di add whatsapp aku ya mas pengen nanya2 +6287871963968


Ditunggu ya mas... Spasiba