Wednesday, May 9, 2012

Russia Long Way Down Trip - Nizhniy Novgorod

Alasan memilih Nizhniy Novgorod sebagai salah satu kota tujuan adalah untuk bertemu dengan teman kerja ketika saya sempat dapat kerjaan selama 3 bulan di kota ini pada akhir tahun 2008 dan awal tahun 2009. Tapi sayang sekali, ternyata kantor mereka mendapat libur selama 4 hari memperingati perayaan hari kemenangan 9 Mei, pada pekan saya tiba di Nizhniy. Dan teman yang saya coba hubungi sudah pergi liburan dan tidak ada yang sedang berada di Nizhniy.

Supaya tidak terlalu kecewa, saya memutuskan berkeliling kota Nizhniy dan mengunjungi tempat yang tidak sempat saya kunjungi 3 tahun lalu. Ketika bertanya nomer bus untuk menuju ke pusat kota Nizhniy kepada pemilik Bugrov Hostel, namanya Yuri, dia malah menawarkan untuk menunjukkan sekalian mengantarkan ke tempat yang dimaksud dengan mobilnya.

Bugrov Hostel berjarak sekitar 100 meter dari stasiun Moskovski yang berada di sisi seberang sungai Oka dari Kremlinnya Nizhniy Novgorod yang juga merupakan pusat kotanya. Saya start jalan dari lokasi patung Chkalov seorang pilot tester pesawat terbang yang terkenal di Rusia. Mengapa dia begitu terkenal? karena di awal perkembangan pesawat terbang, tidak banyak orang yang bisa dan punya keahlian menerbangkan pesawat terbang. Valery Chkalov adalah kebanggaan soviet masa itu. Chkalov meninggal pada 1938 akibat kecelakaan ketika menerbangkan prototype pesawat tempur.
Dari situ saya masuk dan berkeliling di dalam Kremlin. Kremlin masih seperti yang saya ingat 3 tahun yang lalu, cuma bedanya sekarang musim semi sedangkan kedatangan saya yang lalu pada musim dingin dimana hampir semuanya tertutup salju. Deretan kendaraan perang yang digunakan Rusia pada perang dunia ke-2 dipajang di dalam Kremlin.

Patung dan Katedral dalam Kremlin Nizhniy

Saya keluar dari Kremlin melalui pintu belakang dengan menuruni bukit. Kremlin Nizhniy dibangun di atas bukit yang berada di sisi pertemuan dua sungai, Oka dan Volga. Tahun 1221 dianggap sebagai tahun resmi berdirinya kota ini. Secara bahasa berarti Kota Baru (Novgorod) yang letaknya secara geografis lebih rendah (Nizhniy). Velikiy (lebih tinggi) Novgorod yang juga lebih tua berlokasi di sebelah barat daya Moscow. Nizhniy dikuasai oleh pasukan Mongol pada 1238. Selama beberapa puluh tahun Nizhniy Novgorod tunduk kepada kekuasaan Mongol Golden Horde. Saat kekuasaan Mongol Tatar mulai lemah dan terpecah, Nizhniy Novgorod tergabung dengan wilayah Moscow dan sekitarnya. serta wilayah etnik Rusia lainnya dalam sebuah principality atau kerajaan kecil yang dipimpin oleh pangeran yang dulunya ditunjuk oleh penguasa Mongol. Dipimpin oleh para pangeran yang berbasis di sungai Moscow, yang dikenal sebagai kaum Muscovy. Lokasinya yang strategis dengan pertahanan alami sungai Volga dan Oka yang sangat lebar, menjadikan Nizhniy Novgorod sebagai benteng dan basis terkuat pertahanan para Muscovy terhadap Tatar Kazan pada masa lalu.

Dari atas Kremlin saya berjalan turun menuju Gereja Stroganovski yang kata Yuri, pemilik Bugrov Hostel, adalah gereja terindah di Nizhniy. Dibangun oleh seorang pengusaha dari keluarga Stroganov yang kaya raya di Nizhniy. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Rozhdyesvyenski sesuai nama jalan di mana gereja ini berada. Dibolehkan masuk, tapi saya hanya mengitari sekeliling gereja untuk memotret. Untuk memasuki gereja Ortodoks di Rusia, saya perhatikan pengunjung wanita diharuskan menggunakan penutup kepala.
Jika kita memandang dari tepi luar Kremlin kearah sisi sebelah sungai, kita akan melihat sebuah gereja yang dari jauh seperti berwarna keemasan. Penasaran dengan itu, sayapun menuju ke sana. Ternyata hanya kubahnya saja yang dicat keemasan, sedangkan dindingnya dicat kuning gading.
Sore menjelang sekitar pukul 20.00 saya nongkrong sambil menunggu matahari terbenam di Chkalov Staircase karena berlokasi tepat di mana patung Chkalov didirikan atau yang dulunya dikenal sebagai Volga Staircase, tempat banyak pasangan muda-mudi rusia berkumpul dan minum-minum. Saya menunggu gelap hanya untuk mengambil gambar disekitar Kremlin pada malam hari. Tapi saya tidak mau berlama-lama, takut disamperin orang Rusia yang lagi mabuk yang agresif.
 Tangga Chkalov pada malam hari
Keesokan harinya, saya mencoba mendatangi lagi daerah di mana saya tinggal 3 tahun yang lalu. Jalan Medisinskaya yang berada di depan Central Park Nizhniy di Prospek Gagarina. Semuanya masih sama. Biang lala Volga dan berbagai wahana permainan anak masih disitu. Dan saat saya kunjungi sedang ramai oleh pengunjung keluarga dengan anak-anak mereka. Taman ini sangat luas. Terbentang hampir di sepanjang Prospek Gagarina di tepi sungai Oka. Ketika musim dingin pohon-pohon di sini kering tanpa daun dan jalannya tidak kelihatan karena tertutup salju. Berjalan terus ke arah sungai kita bisa melihat sisi kota yang lain di seberang sungai.

Sebelum meninggalkan Nizhniy saya ingin melihat kantor MTS tempat saya dulu bekerja selama kurang lebih 3 bulan. Semuanya masih sama, sayang sekali hari ini mereka libur dan tidak satupun yang bisa saya jumpai. Dari situ kemudian saya menuju ke area Sennaya di mana Masjid Nizhniy berada. Di sekitar Masjid terdapat bangunan apartemen baru dan sedang ada pekerjaan konstruksi di sekitarnya. Dan ternyata di belakang Masjid yang memang letaknya tidak jauh dari Sungai Volga, terdapat kereta gantung yang terbentang hingga ke seberang sungai Volga, dan antrian orang yang ingin naik itu sangat panjang.

Kantor MTS Nizhniy Novgorod
 Kereta gantung ke seberang Sungai Volga
Dari situ saya masih sempat berjalan-jalan di sekitar Pokrovskaya untuk kemudian kembali ke Hostel dan bergegas ke Stasiun Moskovskiy dan pada pukul 21.20 dengan kereta api saya berangkat menuju Kazan.

Sang Kapiten masih berjaga di Pokrovskaya
Si Kambing juga masih di situ