Thursday, June 30, 2011

Turki Trip - Itinerary dan Budget

Berikut Itinerary dan biaya yang saya keluarkan selama trip 10 hari di Turki. Istanbul-Goreme-Pamukkale dan Aphrodisias-Ephesus (Selcuk)-Istanbul. Selama di sana, saya 2 malam di Istanbul, 2 malam di Goreme, 1 malam di Pamukkale, 1 malam di Selcuk, dan 3 malam di bus.

Visa:
Untuk passport Indonesia bisa mendapatkan Visa on Arrival begitu tiba di bandara. Biaya USD25, single entry untuk 30 hari. Sedikit info bahwa di Istanbul terdapat dua bandara, Atatur di sisi Eropa dan Sabiha Gokchen di sisi Asia. Saran saya pastikan saja penerbangan anda tiba dan berangkat di Bandara Ataturk, karena Istanbul (konstantinopel) yang ramai ada di sisi Eropa. Jarak dari bandara ke pusat turis di Sultan Ahmet juga lebih dekat. Hostel di sekitar Sultan Ahmet menyediakan layanan Shuttle ke kedua bandara tersebut setiap 2 jam sekali. 10 TL ke Ataturk dan 25 TL ke Sabiha Gokchen.

Akomodasi:
1. Istanbul. Saya nginap di Antique Hostel (http://www.antiquehostel.com/). Lokasinya di belakang Mesjid Biru Sultan Ahmet. Saya ambil dorm 19 Euro per malam. Saya senang dengan staf-staf Hostel ini yang ramah, dan rooftop restaurannya yang menghadap laut, bisa melihat sisi Asia diseberangnya. Rekomended.
2. Goreme. Saya dapatnya di Gumus Cave Hostel, single room 40 TL per malam. Di sekitar terminal Goreme yang juga pusat kotanya, banyak bertebaran hostel dan pension yang murah, tapi waktu saya ke sana rata-rata full. Setelah bertanya ke sana kemari akhirnya dapat juga di Hostel ini. Mungkin lebih baik jika anda book dulu sebelumnya
3. Pamukkale. Saya ditawari Hostle Mustafa oleh driver shuttle bus yang menjemput dari Denizli. Sangat murah dibandingkan sebelum-sebelumnya dan ruangannya lumayan luas, single room 20 TL per malam. Posisinya juga tidak jauh dari pintu masuk Travertine Pamukkale. Saya Rekommended juga nih.
4. Selcuk. Saya pilih Hotel Artemis atas rekomendasi pengurus hostel Mustafa di Pamukkale. Single Room 40 TL. Lokasinya di belakang terminal Selcuk, walking distance. Sekitarnya juga ramai karena ada pasar dan banyak kafe.

Antique Hostel Istanbul yang serba merah dan Gumus cave di Goreme

Transportasi dalam kota Istanbul menggunakan sistem Jeton atau koin yang kita beli di mesin jeton yang ada di setiap halte tram, metro, atau ferry. Untuk bis dalam kota kita bayar di atas. Harganya semua sama, 1.75 TL. Tram banyak menghubungkan lokasi-lokasi wisata di dalam kota Istanbul, pelajari saja petanya. Yang tidak dilalui tram kita bisa naik bus. Saya naik bus ketika menuju Mesjid Eyup Sultan. Di daerah Eyup Distrik di batas kota Konstantinopel atau Istanbul kuno. Metro merupakan akses tercepat dari halte terakhir metro Aksaray menuju Bandara. Untuk menyeberang ke sisi Asia, naik Tram hingga ke Halte Sirkeci di dekat situ ada loket untuk pembelian jeton.

Transportasi antar kota selama saya di Turki, selalu naik bus Metro. Sangat terpercaya menurut saya, On time dan busnya nyaman. Istanbul – Goreme tiketnya 50 TL. Goreme – Pamukkale tiketnya 40 TL. Pamukkale – Selcuk 15 TL. Dan Selcuk – Istanbul 50 TL. Sedikit tips, untuk menuju Goreme sebaiknya naik busnya diterminal Harem (Harem Otogar) disisi Asia, menghindari kelamaan dijalan karena macet di Istanbul Eropa yang nantinya juga nyebrang ke Asia. Tinggal nyebrang Ferry di Sirkeci seperti yang saya jelasin sebelumnya. Selama perjalanan antar kota di Turki, rata-rata dengan bus malam, jadi bisa sekalian menghemat uang hostel.
Untuk budget makanan, mesti siapin budget lebih. Harga makanan di Turki mahal menurut saya. Untuk standar kafe perlu sekitar 15-25 TL. McD ada juga, sekitar 10 TL. Burger dan Hotdog tepi jalan bisa lebih murah, sekitar 5 TL. Bagusnya bawa kecap dan saos botol kecil, biar bisa lebih nerima rasa masakan Turki di lidah Indonesia kita. Minuman Kaleng 2TL kalo beli di kios-kios tapi di kafe-kafe atau Hostel dijualnya 5TL. Biaya hidup di Turki memang mahal, setara dengan harga bensin yang mencapai 4TL atau 20ribu rupiah per liter!

Terminal Goreme dengan tempat pembelian tiket bus Metro

Selama di Turki saya 2 kali ambil tur. Green Tour di Goreme, 65 TL. Ephesus Tur di Selcuk, 70 TL. Harga kedua tur tersebut sangat pantas saya rasa, karena sudah termasuk tiket masuk, yang rata-rata 10 hingga 20 TL. Makan siang yang enak, dan guide yang informatif. Dan juga rata-rata jarak lokasinya berjauhan dan akan kesulitan jika kita cari-cari tumpangan sendiri. Ntar capek dan habis waktu dijalan lagi. Untuk Istanbul, saya sarankan sih eksplore kotanya aja sendiri naik angkutan umum dan jalan kaki, secara banyak hal-hal menarik yang bisa kita jumpai dengan jalan sendiri.

Admission fee beragam untuk setiap tempat tapi paling mahal 20 TL. Hagia Sofia, Topkapi Palace, Pamukkale Travertine, bayar 20 TL. Galata Tower 11 TL. Museum di Istanbul rata-rata 10 TL. Open Air Museum di Goreme 15 TL. Underground city Cappadocia 10 TL. Ephesus 15 TL. Komplek Aphrodisias 8 TL. Museum kecil di area Hierapolis 3 TL. Untuk mesjid-mesjid semuanya gratis.

Saya sendiri selama 10 hari trip di sana totalnya habis sekitar 500 Euro plus 150 USD. Itu diluar pengeluaran tiket pesawat. Mata uang Turki adalah Turkish Lira (TL). 1 TL sekitar 5300 IDR, 1 Euro = 2.2 TL, 1 USD = 1.5 TL.

Info kecil yang lain bahwa di Turki tuh yang saya kurang nyaman adalah toiletnya. Kayak toilet orang eropa banget, hanya sedia Tissue buat bersihin. Saya atau kita orang Indonesia yang biasa bersihin pake air, jadi agak kurang nyaman. Dan toilet umum sana mesti bayar juga 1 TL. Jadi, kalo udah kebelet, sekalian masuk museum aja dulu, list site yang lain ntar aja. Bisa nebeng di Toiletnya. Gratis dan lebih bersih tentunya.

Wassalam,
Takbir

Anonymous said...

Tunggu ane kalo ada rejeki
Respect
Rf

Umi said...

wah 10 hari lumayan juga habisnya.. itu bener ya VOA untuk 30hari cuma $25? horeeee.....

sepertinya nabung dengan semangat deh, terima kasih infonya!

hdedy said...

Pak, mau tanya tiket pp Jakarta-Turki berapa yah kira-kira?

@hdedy

Kalau booking jauh-jauh hari, semisal 6 bulan, bisa dapat 7 juta-an pulang pergi Jakarta-Istanbul

Anonymous said...

sangat informatif, kebetulan tahun depan udah direncanakan mau liburan ke turki

makasih atas info nya bang.. saya rencana mo ngunjungin harem saya yang orng turki, sekalian jalan2 ,,, tesekkurler -desain[at]live.de-

pengen banget ke turki :(

Anonymous said...

Saya rencana trip ke turki january 2014 dgn rute yg sama.. jam brp bus paling malam dari pamukalle ke selsuc? Tour di ephesus apa namanya kok murah ya..yg saya browsing termurah 45 euro

Takbir said...

Dari Pamukkale ke Selcuk saya naik bus Metro. Seingat saya hanya ada 2 jadwal perharinya. Dan saya ambil yang jadwal terakhir, pukul 16.30. Perusahaan bus ini punya perwakilan di Pamukkale.

Untuk tour di Ephesus, sebaiknya booking melalui hostel tempat anda menginap setiba di Selcuk. Besok paginya tinggal dijemput oleh turnya.

Anonymous said...

terimakasih untuk reply yg sangat capat sangat membantu.. kalau tour ephesus itu ada yg ke desa sirence gak..atau ke desa sirence sendiri aja.. sya solo woman traveler..apakah aman tiba malam di terminal selcuk..kayanya saya pingin ambil hotel yang sama di selcuk...semoga harga tournya tetap segitu ya hehe

Takbir said...

Tur yang saya ambil tdk termasuk desa sirence. Mungkin ada tur lain yg mencakup itu, bisa ditanyakan lg pada pihak hostel yang akan membantu untuk menanyakan ke penyelenggara tur atau mungkin ditunjukin cara menuju ke sananya.

Hotel Artemis tempat saya menginap dulu, tidak jauh di belakang terminal selcuk. Jalan kaki 10 menit sampai. Kalau takut tersesat tanya saja ke petugas tiket bus yg loketnya berjejer di terminal selcuk. Sempat disapa oleh beberapa pemuda mabuk tapi saya cuekin saja sambil jalan dicepetin. Waktu itu saya tiba pukul setengah 9 malam, masih magrib, karena saya ke sana bulan juni. Kalau bulan januari, jam 5 sore mungkin sudah mulai gelap.

Anonymous said...

lebih baik menginap di selcuk apa kusudasi...katanya kusudasi lebih tourist place...tapi kalau musim dingin sepi gak ya.. terus bus paling terakhir dari pamukalle ke kusudasi jam berapa ya..

Takbir said...

Iya, kusidasi sepertinya lebih ramai, lokasinya pinggir pantai, lebih banyak hotel dan resort. Mungkin sekitar 20-30 menit dari Selcuk.

Kalau Selcuk ramai di sekitar Terminal. Di belakangnya ada pasar dan kafe-kafe.

Untuk bus Pamukkale - Kusidasi saya kurang tahu, mungkin jalurnya sama saja lewat Selcuk dulu baru ke Kusidasi. Saya tiba di Terminal bus Selcuk jam 8 malam dan saya lihat masih banyak angkot yg ngetem, termasuk yg mau ke kusadasi.

Bisa ditanyakan saja pada pengurus Hostel di Pamukkale nanti. Di Pamukkale saya nginapnya di Mustafa Hostel, kebetulan pegawainya juga ngurusin tour dan travel jadi dia banyak ngasih info. Dan ke Selcuk atau ke Kusadasi setelah Pamukkale adalah jalur populer.

Kalau di Selcuk, enaknya kalau mau ke Istanbul atau ke kota lainnya, terminal busnya dekat tinggal jalan kaki dari hostel. Kalau di Kusidasi saya kurang tau.

lipohstory said...

Oh gitu..trims infonya n maaf banyak tanya2..soalnya hari h nya semakin dekat n belum sempat riset hehe... enaknya bawa duit dari sini usd ( yg lagi mahal2nya) ada juga sih yg saran riyal.. bahkan ambil langsung dari atm sana... trus perlu gak ya museum pass di istanbul 72 lira...sorry kalau pertanyaannya bersambung ya hehe

Takbir said...

Bawa mata uang yang mudah ditukar seperti usd atau euro. Kalau punya Riyal juga boleh. Asal jangan rupiah saja, ntar nangis dihargain sangat rendah. Kalau ga mau bawa banyak cash, bawa atm saja.

Kalau target anda mau masuk ke semua museum, silakan saja. Tapi saya sendiri ga beli, jadi ga bisa kasih rekomendasi apa2..

Anonymous said...

kalau mau naik bus ke goreme ke terminal haremnya gimana ya dari Sultanahmet? Bus paling malam jam berapa?

Takbir said...

Di halaman blog ini saya tulis:
"Sedikit tips, untuk menuju Goreme sebaiknya naik busnya diterminal Harem (Harem Otogar) disisi Asia, menghindari kelamaan dijalan karena macet di Istanbul Eropa yang nantinya juga nyebrang ke Asia."

Untuk ke Sirkeci naik tram dari sultan ahmet ke arah bawah menuju jembatan ke Galata. Kalau tidak salah di pemberhentian ke-3 setelah sultan ahmet.

Di sirkeci ada feri (waktu itu bayar 1.75 TL sekali jalan) untuk nyebrang ke sisi asia persis di depan Terminal bus Harem.

Berangkatnya jam 22.00 malam. Kamu bisa ke sana beli tiket pagi atau siang kemudian balik ke sisi eropa lagi jalan-jalan ampe malam.

Lafadh said...

Saya mau tanya rute kalo dari Goreme ke Pamukkale dan Pamukkale ke Selcuk itu naik bisnya diteminal mana aja ? dari yang saya baca disana hanya tertulis dari Istanbul ke Goreme naiknya di terminal harem.

Takbir said...

Kalau dari goreme ke pamukkale, naiknya di terminal bis goreme. Letaknya ditengah-tengah kota goreme yg kecil, dikelilingi guesthouse dan penginapan lainnya. Tidak bakalan nyasar.
Kalau dari pamukkale ke selcuk, saya dijemput di hostel. Pesan tiketnya bisa lewat hostel saja. Sepertinya tidak ada terminal di pamukkale, terminal busnya ada di denizli, 15 menit dari pamukkale. Penumpang dijemput di hostel masing2, kemudian busnya ke terminal denizli, mengambil penumpang lainnya.

Lafadh said...

Ok Pak, thank buat penjelasannya.

Larasati said...

Assalamu'alaikum Pak takbir... InsyaAllah akhir September ini saya mau ke Turki, berhubung waktu saya hanya beberapa hari di Turki, kalau itinerary saya spt ini kira2 bisa terlaksana gak :

Selasa sore : Istanbul-Nevsehir-Goreme by plane
Sabtu pag : sudah tiba di Istanbul

Mohon advisenya pak. Terima kasih

Wa alaikumsalam mba Larasati,

Secara umum itinerarinya sudah bagus. Cuma sedikit info saja.

Rabu pagi - sore : Hot ballon air + green tour >>> harus pilih salah satu. Green tour mulai jam 9 pagi sampai sore. Hot ballon air juga dari pagi sampai siang. Bisa anda lanjutkan keliling open air museum, yang berupa gua monastery, cukup jalan kaki dari goreme sekitar 15 menit. cukup menarik kok. Bis malam Goreme-Pamukkale berangkat jam 8 pm.

Kamis : pagi : tour di Pamukkale >>> tidak usah ambil tour. Busnya berhenti persis di depan Pamukkale travertine. kalau mulai masuknya jam 9, keling sampai jam 2 bisa selesai, asal kuat jalan kaki aja. Jangan lupa bus pamukkale denizli ada yg berangkat jam setengah 3 sore.

itinerari yg lain sudah bagus dan sangat mungkin dilaksanakan

Anonymous said...

Salam kenal mas ahmad. Insya Allah, minggu kedua mei tahun depan saya akan ke turki selama 9 hari. Berikut itinerarynya.
1st day: Ist-kayseri (menginap di goreme)
2nd day: hot air balloon, trus travel mandiri. malamnya naik overnight bus menuju pamukkale
3rd day: travertine & hierapolis (menginap d pamukkale)
4th day: naik bus menuju selcuk, trus lgsg ke ephesus. malamnya naik overnight bus menuju bursa
5th day: main2 di uludag dan kota bursa (menginap d bursa)
6th day: paginya, naik bus ke istanbul. sorenya, jalan2 di blue mosque dan gulhane park
7th day: museum tour (hagia sophia, archeological & historical museum, topkapi palace,basilica sisterne (museumkart)
8th day: grand bazar, spice bazar, bosphorus cruise, taksim square.
9th day: jalan2 di sekitar sultan ahmet. Flight IST-JKT

Maaf kalo kepanjangan. Mohon saran mengenai itinerarynya. Apakah realistis dg waktu 9 hari?
trus, kalo di bulan mei, apakah masih ada salju di uludag? ga perlu main ski sih, yg panting bisa liat salju aja..heee

@fyaelisa,

Itinerary kamu sudah bagus dan menurut saya sangat mungkin dilaksanakan. Tinggal bagaimana kamu mengatur waktunya saja.

Saya juga waktu ke Turki sekitar minggu ke-4 Mei. Cuaca masih sejuk dan berangsur panas. Mungkin salju yang di Uludag itu sudah tidak ada. saya sendiri belum pernah ke sana.

Unknown said...

salam kenal mas Takbir...saya Sony, kebetulan saat ini saya di KBRI Cairo dan berencana beserta keluarga akan liburan ke Turki 19-27 Desember 2014 ini. Rekan saya baru saja liburan dari Turki awal Desember 2014 ini, namun melihat blog mas Takbir sepertinya penjelasannya lebih komprehensif. Saya mau tanya mas dengan waktu sekitar 7 hari normal tersebut apakah saya bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata di Istanbul (Hagia Sophia, Blue Mosque, Topkafi Palace, Grand Bazaar, Jemabatan Galata dan berlayar diatas Selat Bosphorus), Pamukkale (prioritas lokasi pemandian air panas) dan Cappadocia/Goreme serta ikut Green Tour disana...Tks mas Takbir atas waktunya..

Salam kenal mas Sony,

Untuk itinerary yang disebutkan, 7 hari cukup.
H1: Blue Mosque, Hagia Sophia, Topkapi Palace letaknya sangat berdekatakan. Pagi hingga lewat tengah hari bisa di 3 tempat tersebut kemudian sorenya jalan ke bawah ke arah Sirkeci menuju jembatan Galata.
H2: Naik cruse sepanjang selat Bhosphorus menuju ke Laut hitam dan kembali (dulu bayarnya 120 TL per orang klo ga salah, tergantung penyelenggaranya). Kemudian blusukan di Grand Bazaar. Malamnya naik bus menuju Goreme.
H3: Goreme, tiba pagi hari, Green Tour mulainya jam 8-9 pagi. Peserta dijemput di hostel masing2. Kalau tdk sempat, bisa keliling ke open air museum di dekat situ, dan ikut green tour esok harinya.
H4: Green tour ampe sore. Malamnya jam 8 ke Pamukkale.
H5: Tiba di Pamukkale pagi sekitar jam 9 pagi. Bisa mulai jalan2 ke Travertine. Yang dipamukkale itu bukan pemandian air panas, tapi travertine, air kapur. Karena desember musim dingin, mungkin kurang nyaman juga buka sepatu jalan di travertine yg airnya dingin.
Sore/Malam, bisa langsung ke Selcuk.
H6: Selcuk, ikut tour Ephesus, ampe sore jam 3-4. Malamnya berangkat kembali ke Istanbul.
H7: Istanbul, keliling belanja oleh2 sebelum pulang.

Unknown said...

Terima Kasih mas Takbir atas atensinya, saya coba sesuaikan lagi dgn kondisi terakhir nanti, utk memperoleh tiket overnight bus apakah harus revervasi atau bisa secara langsung saat sebelum berangkat di malam hari tsb?. sesuai saran mas Takbir baiknya menginap di lokasi yg berdekatan dgn terminal bus ya? sebenarnya rekan saya sedang posting juga di Ankara, tp sepertinya saya tdk akan kesana krna tdk ada objek yg menarik mnrt saya. Oya Mesir juga menawarkan destinasi wisata religi dan wisata alam yg lumayan menarik mas dan berbeda dgn bbrp negara lainnya...klu ada kesempatan bisa berkunjung ke Mesir mas, namun dlm waktu dekat ini tdk recommended mengingat msh terjadinya instabilitas politik dan keamanan dsni..

Takbir said...

Bus yang menuju Goreme rata2 berangkat malam jam 22.00 ke atas. Tapi sebaiknya tiketnya beli dulu siang hari atau sehari sebelumnya.

Dulu saya berangkat dari Harem Otogar, dari Sirkeci naik feri nyebrang ke sisi Asia (bayar 1.75 TL waktu itu). Terminal busnya persis di depan terminal feri. Ada banyak perusahaan bus di situ, siap2 di kerubutin calo aja. Saya rekomendasikan perusahaan bus Metro untuk semua jalur itinerary anda di Turki.

Unknown said...

Terima Kasih mas Takbir atas informasinya yg begitu komprehensif...

Shinta said...

Nanya donk kali dari Sabiha Gokchen Airport balik ke Istanbul (sekitar Sultan Ahmed)itu bisa naik transportasi apa ya? dan bayarya berapa?

Takbir said...

Dari Sabiha naik bus Havatas ke Taksim Square bayar 14 TL. Bisa liat jadwalnya di sini

Dari Taksim naik Funicular F1 (kereta kabel) sampai Kabatas, bayar 1.5 TL. Di Kabatas naik Tram T1 hingga halte Sultanahmet bayar 1.5 TL. Keluar dari halte sudah keliatan Hagia Sophia dan Mesjid Biru Sultanahmet.

Unknown said...

Saya besok take off dr Cairo ke Istanbul, sesuai rekomendasi saya sdh reservasi apartement di Fatih, Sultanahmet. Saya coba jalan sendiri mas ke Cappadocia, Pamukkale,dll, mgk di Istanbul saya minta ditemani guide mahasiswa kita disana utk ke bbrp lokasi...Tks mas Takbir..

Turki said...

ada yang bilang nyari tempat nginep pakai air bnb, rekomended ngga ya? mohon infonya ya.. tahun ini mau ke turki soalnya..

Takbir said...

Saya belum pernah coba airbnb, tapi setau saya itu sewa akomodasi ke pemilik apartemen perorangan. Jadi sebaiknya baca dulu review yang ada untuk setiap akomodasi. Jangan cuma sekedar harga murah saja.

Unknown said...

Hanya punya uang 26 juta utk travel ke turki. Apa cukup ya??

Takbir said...

Trip saya ke Turki tahun 2011 sekitar 10 hari budgetnya sekitar 15-18 juta, sudah termasuk tiket pesawat pergi dan pulangnya

Unknown said...

Mas takbir salam kenal. Mau tanya dong.
Saya mau ke pammokalle. Tp saya masih kader, pammokalle sm hierapolis itu beda ya? Saya pgn ke antique pool, itu dmn ya posisi ya? Trs kalo travertine itu cotton castle bukan? Nah sekalian minta nama hotel tempat mas menginap.kalo utk ikutan paket tour, gampang ga nyari ya di sana. Thanks bgt.

Salam Nendy,

Hierapolis dan Pamukkale ada di tempat yang sama. Pamukkale travertine ada di sisi bukit sedangkan Hierapolis ada di atas bukit.
Antique pool ada di dekat museum komplek hierapolis juga.

Dulu saya menginap di Mustafa Hostel, cuma 10 TL, tidak begitu jauh dari pintu masuk Travertine Pamukkale. Pengurus hostelnya juga punya tour, kalau kamu mau ambil tour.

Unknown said...

Waw boleh bgt. Soalnya aku coba hubungi travel yg aku dpt dr googlingan, tp takutnya scamming. So aku hanya perlu email ke mustafa hostel itu ya? Masih ada contactnya ga mas? :) :)

Takbir said...

Waktu itu saya langsung datang. Tidak pakai pemesanan. Bus akan menurunkan kita depan pintu masuk travertine. Di depannya ada jalan yg di sekitarnya banyak hostel dan restoran. Saya pikir tdk sulit mendapatkan hostel di pamukkale. Standar harganya jg tdk mahal.

Unknown said...

Nah shuttle bus yg dr Denizili itu umum atau gmn mas? Itu yg saya bingung. Atau ada shuttle khusus memang ke Pamukalle dr bandara Denizili?

Takbir said...

Saya naik bus Metro dari Goreme. Begitu masuk kota Denizli, sudah menunggu shuttle bus yang disediakan bus Metro untuk mengangkut penumpang yang akan ke Pamukkale.

Kalau dari bandara Denizli saya tidak tahu.

123ca said...

Mas takbir,
Punya no contact mahasiswa indonesia yg b.s. jd guide ngga ya.?

Takbir said...

Maaf pak, saya tidak ada kontak di Turki. Waktu travel ke sana juga saya pergi sendiri

kotabandungkita said...

Wah, mantap informasinya. Rencana awal November nanti ke Istanbul, Goreme dan Izmir saja, tapi lihat blog ini jadi pengen ke Pamukkale dan Selcuk juga.kira2 cukup saja kan 5 hari di Istanbul dan 6 hari keliling daerah2 tsb?, btw TL depresiasi ya thd USD, thn 2011 1 USD:1,5 YTL. Sekarang 1 USD : 3 YTL

Takbir said...

Bisa pak, 2 hari di Goreme, sehari di Pamukkale, sehari di Selcuk, sehari di Izmir

cheztermio said...

Kalau dr bandara ke masjid sultan ahmed trus lanjut ke pelabuahn kapal pesiar baiknya naik transportasi apa?

Takbir said...

DUlu saya naik Metro dari bandara Ataturk ke stasiun terakhir Aksaray. kemudian nyambung naik tram ke mesjid sultan ahmed. Saya tdk sempat ke pelabuhan kapal pesiar.

salam kenal..

saya tiba di bandara sabiha gokcen skitar jam 6 pm, rencana mau langsung ke goreme.. masih galau mw flight atw bus. menurut bapak lebih efektif mana yaa? krn jika naik pesawat saya smpai d bandara kayseri itu tengah malam, dan saya solo woman traveler..

kalau naik bus di terminal harem ke goreme itu dari bandara SAW gimana ya pak? atau ada alternatif lain?

Takbir said...

Kalau bisa dari Sabiha langsung ke terminal Harem. Nanti pasti dikerubutin calo :). Langsung cari saja kantor bus Metro.
Bus yang berangkat dari Istanbul ke Goreme itu rata-rata berangkat malam sekitar jam 22:00-23:00. Tiba esok paginya jam 7 di kota Nevsehir. Nanti akan ditransfer ke Goreme dengan minibus dan turun di tengah2 kota Goreme. Kota Goreme kecil. Hostel banyak di sekitar terminal.

Anonymous said...

dari sabiha ke terminal harem itu pake angkutan apa pak?

Unknown said...

Salam kenal. Apa ada kenalan mahasiswa indonesia di turki yg bisa jadi guide disana? Saya mau kesana sendiri tapi masih bnar2 bingung. Thanks :)